Changpeng Zhao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Changpeng Zhao
LahirJiangsu, Tiongkok
Nama lainCZ
AlmamaterUniversitas McGill
Dikenal atasPendiri dan CEO Binance
Kekayaan bersihKenaikan$1,9 milyar

Changpeng Zhao (Hanzi: 赵长鹏) aka "CZ" adalah seorang eksekutif bisnis Tionghoa-Kanada,[1] yang merupakan pendiri dan CEO Binance,[2] bursa mata uang kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan, per April 2018. Zhao sebelumnya adalah anggota tim yang mengembangkan Blockchain.info[3] dan juga menjabat sebagai kepala petugas teknologi OKCoin.[4]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Zhao lahir di Provinsi Jiangsu, China. Pada akhir 1980-an, ia pindah bersama keluarganya ke Vancouver, British Columbia, Kanada. Ayahnya adalah seorang profesor di Tiongkok sebelum  dicap sebagai “intelektual pro-borjuis” dan diusir dari negara tersebut. Selama masa mudanya, Zhao membantu menghidupi keluarganya dengan melakukan beberapa pekerjaan di  industri jasa, termasuk sebagai karyawan McDonald's. Zhao kuliah di McGill University di Montreal, Kanada, di mana dia mengambil jurusan ilmu komputer..[5]

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah kuliah, Zhao mulai bekerja di Bursa Efek Tokyo, Mengembangkan perangkat lunak sesuai dengan pesanan bisnis. Dia juga bekerja di Bloomberg Tradebook, di mana dia menjadi pengembang perangkat lunak perdagangan berjangka. Pada tahun 2005, ia pindah ke Shanghai dan mendirikan Fusion Systems, yang dikenal dengan “sistem perdagangan ganda”. frekuensi tinggi tercepat untuk pialang. Mulai tahun 2013, ia mengerjakan berbagai proyek cryptocurrency, termasuk Blockchain.info dan juga menjadi CTO OKCoin. Pada tahun 2017, Zhao meninggalkan OKCoin untuk memulai pertukaran mata uang kripto yang disebut Binance. Dia mendirikan perusahaan tersebut pada Juli 2017, setelah mengumpulkan dana sebesar $15 juta dalam penawaran koin perdana. Dalam waktu kurang dari delapan bulan, Zhao mengembangkan Binance menjadi bursa mata uang kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan pada April 2018. Pada bulan Februari 2018, majalah Forbes menempatkannya sebagai bursa mata uang kripto terbesar di dunia, ketiga dalam daftar "orang terkaya dalam mata uang kripto". Pada tahun 2021, kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai $1,9 miliar. Pada bulan September 2020, ia disebutkan dalam gugatan terhadap Binance, menuduh bahwa Binance memfasilitasi pencucian uang lebih dari $9 juta..[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Changpeng Zhao". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-04. 
  2. ^ Bestari, Novina Putri. "5 Orang Ini Tajir Ngesot Gara-gara Cuan Bitcoin". CNBC Indonesia. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  3. ^ "Binance CEO Goes All-in on Tokens: 'I Just Want to Keep Crypto'". Bloomberg.com (dalam bahasa Inggris). 2021-04-07. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  4. ^ cyberthreat; cyberthread.id, Andi Nugroho. "Changpeng Zhao, Sosok Miliarder di Balik Binance". cyberthreat.id. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  5. ^ Huang, Vicky Ge. "Binance CEO Changpeng Zhao breaks down how he built the world's largest crypto exchange in 180 days — and shares why he's keeping most of his assets in Bitcoin and Binance Coin". Business Insider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-04. 
  6. ^ "Changpeng Zhao, Binance Holdings Ltd: Profile and Biography". Bloomberg.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-04.