Chūnibyō Demo Koi ga Shitai!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Chūnibyō Demo Koi ga Shitai!
Chūnibyō Demo Koi ga Shitai! volume 1 cover.jpg
Sampul novel ringan volume pertama menampilkan Yūta (kiri) dan Rikka (kanan)
中二病でも恋がしたい!
(Chūnibyō demo Koi ga Shitai!)
Genre Drama, Komedi romantis
Novel ringan
Pengarang Torako
Ilustrator Nozomi Ōsaka
Penerbit Kyoto Animation
Tanggal terbit 1 Juni 2011 – sekarang
Volume 3
Seri anime televisi
Sutradara Tatsuya Ishihara
Produser Eharu Oohashi
Shigeru Saitō
Shinichi Nakamura
Penulis
skenario
Jukki Hanada
Penggubah
musik
Nijine
Studio Kyoto Animation
Pemegang
lisensi
Madman Entertainment
Sentai Filmworks
Animatsu Entertainment / Manga Entertainment
Saluran
asli
Tokyo MX, SUN, KBS, TVA, Animax, BS11
Saluran
bahasa Inggris
Anime Network
Tayang perdana 4 Oktober 2012 19 Desember 2012
Episode 12
Animasi video asli
Sutradara Tatsuya Ishihara
Studio Kyoto Animation
Pemegang
lisensi
Madman Entertainment
Sentai Filmworks
Animatsu Entertainment / Manga Entertainment
Rilis 19 Juni 2013
Durasi 24 menit
Film anime
Takanashi Rikka Kai: Gekijō-ban Chūnibyō demo Koi ga Shitai!
Sutradara Tatsuya Ishihara
Penulis
skenario
Jukki Hanada
Studio Kyoto Animation
Rilis 14 September 2013
Durasi 96 menit
Seri anime televisi
Chūnibyō Demo Koi ga Shitai! Ren
Sutradara Tatsuya Ishihara
Produser Eharu Oohashi
Shigeru Saitō
Shinichi Nakamura
Penulis
skenario
Jukki Hanada
Penggubah
musik
Nijine
Studio Kyoto Animation
Pemegang
lisensi
Madman Entertainment
Sentai Filmworks
Saluran
asli
Tokyo MX, SUN, KBS, TVA, BS11, Animax
Saluran
bahasa Inggris
Tayang perdana 8 Januari 2014 26 Maret 2014
Episode 12
Animasi video asli
Chūnibyō Demo Koi ga Shitai! Ren
Sutradara Tatsuya Ishihara
Studio Kyoto Animation
Pemegang
lisensi
Madman Entertainment
Sentai Filmworks
Rilis 17 September 2014
Durasi 24 menit
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Chūnibyō Demo Koi ga Shitai! (中二病でも恋がしたい!) adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Torako, dengan ilustrasi oleh Nozomi Ōsaka. Karya ini mendapatkan 'honorable mention' pada kompetisi Kyoto Animation Award pada tahun 2010. Sebuah adaptasi anime dengan 12 episode oleh Kyoto Animation tayang di Jepang sejak 4 Oktober dan 19 Desember 2012. Sebuah film dirilis pada September 2013 dan musim kedua anime, Chūnibyō Demo Koi ga Shitai! Ren, tayang antara Januari hingga Maret 2014.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Yūta Togashi adalah seorang anak laki-laki yang memiliki "penyakit" delusional pada masa SMP (中二病 chūnibyō?, lit. "penyakit SMP"). Ia percaya bahwa ia memiliki kekuatan supernatural dan menyebut dirinya sebagai "Dark Flame Master", yang mengakibatkan dirinya diasingkan oleh teman-teman sekelasnya. Merasa malu, Yūta mencoba untuk memasuki SMA yang berbeda dari teman-teman masa SMP-nya dan mencoba untuk melupakan masa lalu SMP-nya. Namun saat masa SMA-nya dimulai, Rikka Takanashi, seorang perempuan yang memiliki delusi tingkat tinggi mengetahui masa lalunya dan menjadi tertarik padanya.

Seiring cerita berlanjut, Rikka menjadi lebih melekat pada Yūta. Meskipun Yūta menganggap delusinya mengganggu dan memalukan, ia tetap menerima Rikka. Dia membantu Rikka dalam sejumlah hal, termasuk mendirikan dan mempertahankan klub dan memberikan bimbingan belajar. Ketika Yūta ikut dalam liburan musim panas, Yūta mengetahui bahwa dua tahun sebelumnya, ayah Rikka, meninggal mendadak karena penyakit mematikan, menyebabkan Rikka jatuh ke dalam delusi nya. Setelah Yūta setuju untuk membantu Rikka dalam pencarian "Ethereal Horizon" (不可視境界線, Fukashi Kyōkaisen), yang ia percayai akan membawanya ke ayahnya, Rikka menjadi tertarik secara romantis pada Yūta, dan begitu juga sebaliknya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Yūta Togashi (富樫 勇太, Togashi Yūta)
Pengisi suara: Jun Fukuyama (Jepang); Leraldo Anzaldua (Inggris)
Yūta adalah tokoh utama laki-laki dari cerita. Ia adalah seorang anak SMA yang dulunya mengganggap dirinya memiliki kekuatan ajaib dan memiliki julukan "Dark Flame Master". Sebagai akibatnya, ia diasingkan oleh-teman-teman seangkatannya. Merasa malu, Ia mencoba untuk menghapus masa lalunya, dengan memilih untuk masuk ke SMA yang berbeda dari teman SMP-nya.
Rikka Takanashi (小鳥遊 六花, Takanashi Rikka)
Pengisi suara: Maaya Uchida (Jepang); Margaret McDonald (Inggris)
Rikka adalah tokoh utama perempuan dalam cerita. Teman sekelas Yūta yang tinggal di rumah kakaknya, yang berada tepat diatas apartemen Yūta. Ia adalah seorang perempuan yang memiliki delusional tingkat tinggi, dan percaya bahwa dirinya memiliki "Wicked Eye" (邪王真眼, Jaō Shingan, lit. Mata Raja Kejelapan).
Satone Shichimiya (七宮 智音, Shichimiya Satone)
Pengisi suara: Juri Nagatsuma (Jepang); Christina Kelly (Inggris)
Satone adalah sahabat Yūta pada masa SMP. Ia menyebut dirinya "Sophia Ring SP Saturn VII" (ソフィアリング・SP・サターン7世?) dan memanggil Yūta dengan panggilan "Yūsha" (勇者?, lit. "Pahlawan"). Satone adalah karakter dari novel ringan kedua dan muncul dalam anime season kedua.
Shinka Nibutani (丹生谷 森夏, Nibutani Shinka)
Pengisi suara: Chinatsu Akasaki (Jepang); Maggie Flecknoe (Inggris)
Ketua kelas dari kelas Yūta. Ia adalah perempuan paling populer disekolahnya karena penampilannya. Namun sama seperti Yūta, Ia ingin menghapus kenangan masa SMP-nya, yang memiliki delusional dan menyebut dirinya "Mori Summer", dengan memilih untuk masuk ke SMA yang berbeda dari teman-teman SMP-nya. Orang terakhir yang menyimpan "Mabinogion", sebuah catatan delusional yang Ia tulis pada masa SMP adalah Sanae. Mengetahui hal tersebut, Nibutani ikut dalam klub yang dibangun oleh Rikka untuk menghapus jejak terakhirnya yang disimpan oleh Sanae.
Kumin Tsuyuri (五月七日 くみん, Tsuyuri Kumin)
Pengisi suara: Azumi Asakura (Jepang); Emily Neves (Inggris)
Tokoh yang muncul dalam adaptasi anime, kakak kelas dari Yuuta dan teman-temannya. Hobinya adalah tidur, dan sering membawa bantal dalam berbagai bentuk kemana saja ia pergi. Ia ingin mendirikan klub tidur siang di sekolah. Meskipun lebih senior, tidak ada yang begitu menghormatinya sebab kepribadiannya yang terlalu lugu dan polos. Meskipun tidak mengidap "Chunibyou", dia mencoba untuk mengerti sifat delusional Rikka dan Sanae, bahkan menyukai apa yang mereka lakukan. Yuuta dan lainnya sering memanggilnya "Kumin-senpai".
Sanae Dekomori (凸守 早苗, Dekomori Sanae)
Pengisi suara: Sumire Uesaka (Jepang); Brittney Karbowski (Inggris)
Sahabat baik Rikka Takanashi. Yang juga mengabdikan dirinya sebagai pelayan utama Rikka, dan percaya bahwa dirinya memiliki kekuatan "Mjollnir Hammer". Sangat yakin terhadap perkataan "Mori Summer", dan mencatatnya dalam sebuah buku Mabinogion. Dia menganggap Shinka Nibutani sebagai "Mori Summer" palsu karena menghilangkan masa lalunya yang delusional dan tidak terlihat lagi sebagai seorang "Mori Summer" di mata Sanae.
Makoto Isshiki (一色 誠, Isshiki Makoto)
Pengisi suara: Sōichirō Hoshi (Jepang); Greg Ayres (Inggris)
Teman sekelas dan teman dekat Yuuta Togashi. Dia adalah orang pertama yang dikenal oleh Yuuta saat pertama kali masuk SMA. Dia menyukai Kumin dan melakukan apapun untuk mendapatkan perhatian darinya, namun Kumin tidak pernah memperdulikannya. Makoto berperan sebagai comic relief dalam cerita dimana ia selalu menghadapi kesialan.
Kazari Kannagi (巫部 風鈴, Kannagi Kazari)
Pengisi Suara | Manami Shirakawa
Teman sekelas Yuuta. Dia yang membantu hubungan antara Yuuta dan Rikka atas permintaan Nibutani.
Kuzuha Togashi (富樫 樟葉, Togashi Kuzuha)
Pengisi Suara | Kaori Fukuhara
Adik perempuan Yuuta yang sifatnya cukup dewasa dan pandai memasak. Dia cukup kerepotan ketika menghadapi kakaknya yang masih mengidap chunibyou dulu dan menganggapnya memalukan.
Yumeha Togashi (富樫 夢葉, Togashi Yumeha)
Pengisi Suara | Mami Shitara
Adik perempuan Yuuta yang paling kecil. Berbeda dengan Kuzuha, ia sering menganggap delusional Yuuta sebagai sesuatu yang keren dan sangat mengidolakan Rikka.
Nanase Tsukumo (九十九 七瀬, Tsukumo Nanase)
Pengisi Suara | Kikuko Inoue
Guru sekaligus wali kelas di kelas Yuuta, dia adalah guru yang sangat peduli pada murid-muridnya dan orang yang cukup cerdas dalam menghadapi delusional Rikka.
Tōka Takanashi (小鳥遊 十花, Takanashi Tōka)
Pengisi Suara | Eri Sendai
Kakak dari Rikka Takanashi, sangat menentang penyakit delusional adiknya. Meskipun begitu, Toka sangat menyayangi Rikka dan selalu khawatir dengan keadaannya. Dia berkarier sebagai koki di Italia dan mengakui kehebatan Kuzuha dalam hal memasak.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel Ringan[sunting | sunting sumber]

Ditulis oleh Torako dan diilustrasikan oleh Nozomi Ōsaka. Torako memasukkan novel pertama dari serial ini pada kompetisi Kyoto Animation Award pertama pada tahun 2010, dan memenangkan 'honorable mention' pada kategori novel.[1] Novel pertamanya diterbitkan pada 1 Juni 2011 dan novel keduanya diterbitkan pada 28 Desember 2011.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime televisi dengan 12 episode, didireksi oleh Tatsuya Ishihara dan diproduksi oleh Kyoto Animation, tayang di jepang sejak 4 Oktober dan 19 Desember 2012.[2][3][4][5] Serial televisi dirilis dalam volume kompilasi BD/DVD antara 19 Desember 2012 dan 15 Mei 2013.[6][7] Serial ini dilisensi di Amerika Utara oleh Sentai Filmworks.[8][9] Lagu tema pembukanya adalah "Sparkling Daydream" oleh Zaq, dan lagu tema penutupnya adalah "Inside Identity" oleh Black Raison d'être (Maaya Uchida, Chinatsu Akasaki, Azumi Asakura dan Sumire Uesaka).

Sebuah film anime berjudul Takanashi Rikka Kai: Gekijō-ban Chūnibyō Demo Koi ga Shitai! (小鳥遊六花・改 ~劇場版 中二病でも恋がしたい!~), yang menceritakan kembali cerita pada musim pertama dalam sudut pandang Rikka, dirilis di bioskop Jepang pada 14 September 2013.[10] Musim kedua dari serial anime ini, berjudul Chūnibyō Demo Koi ga Shitai! Ren (中二病でも恋がしたい!戀), tayang di Jepang sejak 8 Januari hingga 26 Maret 2014.[11] Lagu tema pembukanya adalah "Voice" oleh Zaq dan lagu tema penutupnya adalah "Van!shment Th!s World" oleh Black Raison d'être. Musim kedua ini juga dilisensi oleh Sentai Filmworks di Amerika Utara, dengan judul Love, Chunibyo & Other Delusions -Heart Throb-.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "No Grand Prizes Given for 1st Kyoto Animation Award". Anime News Network. 22 April 2010. Diakses tanggal 22 Agustus 2012. 
  2. ^ "Kyoto Animation Plans Chū-2 Byō Demo Koi ga Shitai! Anime". Anime News Network. 27 Desember 2011. Diakses tanggal 9 Juli 2012. 
  3. ^ "Kyoto Animation's Chūnibyō Demo Koi ga Shitai! to Run on TV". Anime News Network. 7 Juli 2012. Diakses tanggal 9 Juli 2012. 
  4. ^ "First Promo For KyoAni's Chuunibyo Demo Koi ga Shitai!". Crunchyroll. 10 Agustus 2012. Diakses tanggal 22 Agustus 2012. 
  5. ^ "Chūnibyō Demo Koi ga Shitai! Slated for October 3". Anime News Network. 1 September 2012. Diakses tanggal 26 September 2012. 
  6. ^ "中二病でも恋がしたい! (1) [Blu-ray] (2012)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 30 Juni 2013. 
  7. ^ "中二病でも恋がしたい! (6) [Blu-ray]" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 30 Juni 2013. 
  8. ^ "Sentai Filmworks Adds KyoAni's Chūnibyō Demo Koi Ga Shitai". Anime News Network. 30 September 2012. Diakses tanggal 30 September 2012. 
  9. ^ "The Anime Network to Stream Chūnibyō Demo Koi ga Shitai!, Busou Shinki Anime". Anime News Network. 2 Oktober 2012. Diakses tanggal 3 Oktober 2012. 
  10. ^ "Chūnibyō demo Koi ga Shitai! Gets Film in September". Anime News Network. 9 Juni 2013. Diakses tanggal 9 Juni 2013. 
  11. ^ "Crunchyroll to Stream Love, Chunibyo & Other Delusions REN Sequel Anime". Anime News Network. 6 Januari 2014. Diakses tanggal 7 Januari 2014. 
  12. ^ "Sentai Filmworks Acquires Love, Chunibyo & Other Delusions License". The Fandom Post. 4 Februari 2014. Diakses tanggal 5 Februari 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]