Chōsen gakkō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ruang kelas di SMA Korea Tokyo dengan foto Kim Il-sung dan Kim Jong-il
SMP dan SMA Korea Tokyo
SD dan SMP 1 Korea Tokyo (京 朝鮮 第一 初中 初 学校)

Chōsen gakkō (Jepang: 朝鮮学校 Chōsen gakkō; bahasa Korea: 조선학교) adalah sekolah yang terletak di Jepang di mana siswa Korea menerima pendidikan. Sekolah-sekolah ini didanai oleh Korea Utara dan Chongryon.

Chōsen gakkō adalah sekolah asing bagi orang Korea di Jepang yang sangat mendukung Korea Utara, meskipun mereka tidak diakui sebagai sekolah biasa oleh orang Korea di Jepang yang mendukung Korea Selatan dan Jepang yang mendukung Selatan daripada Utara. Di sisi yang berlawanan, Kankoku gakkō(韓国 学校)adalah sekolah Korea yang didanai oleh Korea Selatan dan dioperasikan oleh Mindan. Kankoku gakkō memiliki siswa lebih sedikit daripada Chōsen gakkō, tetapi mereka diakui oleh orang Korea Selatan. Orang Korea yang tinggal di Jepang dan mendukung Korea Selatan cenderung menghadiri Kankoku gakkō. Atau, mereka dapat pergi ke sekolah normal di Jepang dengan orang Jepang lainnya ketika tidak ada Kankoku gakkō di daerah mereka. Kebanyakan orang Korea yang telah tinggal di Jepang sejak mereka dilahirkan, bagaimanapun, pergi ke sekolah normal bahkan jika ada, Kankoku gakkō di dekat mereka.[1]

Pada 2013, ada 73 sekolah dasar Korea Utara dan sepuluh sekolah menengah Korea Utara di Jepang.[2] Pada 2014, ada sekitar 150.000 warga Korea Zainichi pro Korea Utara di Jepang dan merekalah yang membentuk klien sekolah Korea Utara.[3] Pada 2013, sekolah-sekolah yang berpihak pada Korea Utara memiliki hampir 9.000 siswa suku Korea.[2]

Ada juga universitas yang terhubung dengan Korea Utara di Jepang, Universitas Korea.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Center of Ethnic Education" Tokyo Korea School ,Tokyo Kankoku gakko, "When we need more support from South Korea". THE FACT JPN. 2013-12-09. Diakses tanggal 2017-11-14. 
  2. ^ a b c Talmadge, Eric. " Jepang muncul tekanan pada sekolah pro-Pyongyang Diarsipkan 2015-04-12 di Wayback Machine." ( ). Associated Press . 24 Agustus 2013. Diperoleh pada 12 April 2015. Tautan alternatif di( ) Yahoo! Berita Tautan alternatif di Fox News .
  3. ^ McCurry, Justin. " Sekolah-sekolah Korea Jepang diperas oleh meningkatnya ketegangan dengan Pyongyang" ( ) The Guardian . Senin 15 November 2014. Diakses pada 12 April 2015.