Cerita sekolah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ilustrasi pertandingan rugbi dalam Tom Brown's School Days edisi 1911; pertama kali diterbitkan pada 1857, Tom Brown membantu memopulerkan cerita sekolah.

Cerita sekolah adalah genre fiksi yang berpusat pada kehidupan sekolah pelajar praremaja dan remaja, yang sangat populer pada paruh pertama abad kedua puluh. Meskipun ada contoh cerita sekolah yang berlatar di berbagai negara, genre ini paling sering berlatar di sekolah asrama Inggris dan kebanyakan ditulis dalam subgenre anak perempuan dan laki-laki, yang mencerminkan pendidikan satu gender yang khas sampai tahun 1950-an. Kebanyakan cerita ini berfokus pada persahabatan, kehormatan, dan kesetiaan antar murid. Plotnya pada umumnya berkisar seputar pertandingan olahraga, perisakan, rahasia, persaingan, dan keberanian sering digunakan untuk membentuk cerita sekolah.

Popularitas cerita sekolah tradisional menurun setelah Perang Dunia Kedua, tetapi genre cerita sekolah tetap populer dalam bentuk lain, dengan fokus pada sekolah koedukasi yang dikelola negara, dan tema yang umumnya melibatkan masalah yang lebih modern seperti masalah rasial, kehidupan keluarga, seksualitas, dan narkoba. Genre ini kembali populer dengan keberhasilan seri Harry Potter, yang memakai banyak motif plot yang biasa ditemukan dalam cerita sekolah tradisional.

Penulis[sunting | sunting sumber]

Karakter dan karya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]