Cerita dongeng Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Cerita Dongeng Irlandia
IrishFairyTalesCoverJamesStephens.jpg
Cover of the first edition, 1920
Pengarang James Stephens
Ilustrator Arthur Rackham
Negara United Kingdom
Genre Folktale
Penerbit Macmillan & Co.
Tanggal rilis 1920
Jenis media Print (hardcover)
Nomor OCLC 6835250
Klasifikasi LC PZ8.S58 Ir[1]
Didahului Reincarnations (1918)
Diikuti Dierdre (1923)

Cerita dongeng Irlandia adalah karya yang menceritakan kembali sepuluh cerita rakyat Irlandia, ditulis oleh penulis Irlandia James Stephens. Ilustrator Inggris Arthur Rackham memberikan karya seni interior dalam kisah ini, termasuk di dalamnya ilustrasi hitam putih dan enam belas palet warna. Kisah dalam buku ini berlatar di hutan, abad pertengahan Irlandia yang penuh dengan kehidupan dari para pemburu terkenal, prajurit, raja, dan peri. Banyak cerita menyangkut Fianna dan kapten mereka, Fionn mac Uail, dari Siklus Fenian dalam mitologi Irlandia.[2][3]

Buku ini pertama kali diterbitkan oleh Macmillan dan Perusahaan pada tahun 1920. Ini adalah salah satu karya terkenal dari James Stephens.

Ringkasan Cerita dan Plot[sunting | sunting sumber]

Kisah dari Tuan mac Cairill[sunting | sunting sumber]

Finnian, seorang pendeta dari Moville, melakukan perjalanan ke rumah Tuan mac Cairill dan memaksa Tuan mengakuinya dan meyakinkan Tuan tentang kebenaran Injil. Finnian meminta Tuan untuk menceritakan masa lalunya. Tuan mengungkapkan bahwa ia sudah berusia berabad-abad dan merupakan salah satu pemukim asli Irlandia. Tuan kehilangan kesadaran dalam badai yang ganas dan terbangun sebagai sekekor rusa jantan yang kuat. Tuan telah melewati berabad-abad kehidupannya dalam berbagai wujud sebagai rusa jantan, babi hutan, elang, dan salmon. Ketika menjadi salmon, Tuan, tertangkap, dibakar dan dimakan oleh ratu Irlandia. Ia kemudian terlahir kembali sebagai anaknya.

Masa kanak-Kanak Fionn[sunting | sunting sumber]

Fionn adalah anak Uail mac Baiscne, kapten Fianna dari Irlandia. Uail dibunuh oleh anggota clann-Morna, yang diinginkan untuk memimpin Fianna. Untuk melindungi Fionn dari clann-Morna, ibunya mengirim dia untuk dibesarkan di hutan oleh dua druid (pendeta, penyihir, atau dukun dalam agama Celtic kuno), Bovmall dan Lia Luachra. Wanita ini memelihara Fionn dan melatih dia untuk berlari, melompat, dan berenang. Ketika Fionn dewasa, lokasinya ditemukan oleh Mornas, tapi dia menghindar dengan bersembunyi di sebuah pohon. Ketika lokasi persembunyiannya terancam ditemukan, Fionn pergi bersama sebuah kelompok penyair, mengikuti perjalanan mereka. Perampok membunuh penyair dalam perjalanan. Setelah mengetahui identitas Fionn, perampok mengungkapkan bahwa ia adalah Fiacuil mac Cona, salah satu sahabat seperjuangan Uail mac Baiscne. Fiacuil membawa di Fionn bersamanya dan tinggal bersama selama bertahun-tahun. Akhirnya, clann-Morna mengetahui lokasi Fionn, Fionn berjuang melawan seorang diri. Ia kemudian menjadi pelayan dua raja, tetapi meninggalkan pekerjaannya dari masing-masing raja ketika ia merasa identitasnya berada dalam bahaya. Fionn kemudian menghabiskan bertahun-tahun menjadi pelayan dari seorang penyair bijak, Finegas, yang mendidik Fionn dan juga memberinya Salmon Pengetahuan untuk makan. Pada titik ini, Fionn adalah seorang pria muda, kuat dan bijaksana.

Fionn meninggalkan penyair dan menghadiri festival Samhain (hari pertama bulan November, dirayakan oleh Celtic kuno sebagai festival menandai awal musim dingindi) di Tara, tempat dimana kursi Raja Tertinggi Irlandia berada. Disana ia mengumumkan identitasnya dan diberikan kursi kehormatan. Setiap Samhain, peri Aillen mac Midna diketahui akan menyerang kota dan menyebabkan banyak kerusakan. Fionn menjadi relawan untuk mempertahankan kota dari serangan Aillen. Saat ia mencoba mengejar Aillen, Fiacuil muncul dari hutan dan menawarkan Fionn tombak ajaibnya, dengan tombak itu ia akan mampu melawan sihir Aillen. Fionn menerima tombak dan menggunakannya untuk membela diri dari sihir Aillen. Fionn mengejar Aillen dan membunuhnya sesaat sebelum Aillen dapat melarikan diri ke Faery. Fionn kembali ke Tara, sang Raja menawarkan hadiah apapun yang ia minta. Fionn meminta untuk dijadikan kapten Fianna. Tinggi Raja mengabulkan permintaannya, dan para prajurit yang hadir (termasuk para prajurit dari clann-Morna) menawarkan jasa mereka untuk Fionn.

Kelahiran Bran[sunting | sunting sumber]

Tuiren, adik dari ibu Fionn, yang terkenal karena kecantikannya. Dia menikah dengan seorang lelaki Ulster (provinsi terdahulu Irlandia, di sebelah utara pulau), Iollan Eachtach. Iollan sebelumnya memiliki kekasih peri, Uct Dealv, yang menjadi marah karena Tuiren telah mencuri Iollan dari dia. Uct Dealv berubah bentuk menjadi seorang pengantar pesan untuk masuk ke dalam kastil Iollan, dan mengatakan bahwa dia memiliki pesan untuk Tuiren dari Fionn. Ketika Tuiren muncul, Uct Dealv mengubah Tuiren menjadi seekor anjing. Uct Dealv membawa anjing tersebut kepada Fergus Fionnliath, seorang pria yang terkenal dengan kebenciannya terhadap anjing. Dia mengatakan Fergus bahwa Fionn yang telah memerintahkan dia untuk merawat anjing itu sampai Fionn memintanya untuk kembali. Fergus enggan setuju. Tuiren berhasil mempengaruhi Fergus, sehingga mengabaikan kebenciannya terhadap anjing.

Akhirnya, Fionn mengetahui bahwa Tuiren tidak lagi hidup dengan Iollan, dan dia meminta Tuiren kembali. Iollan pergi menemui Uct Dealv dan memohon dia untuk mengatakan apa yang dia telah dilakukan kepada Tuiren. Setelah menuntut janji kesetiaan abadi dari Iollan, Uct Dealv dan Iollan ke rumah Fergus dan mengubah Tuiren kembali menjadi manusia. Tuiren kembali dan tinggal dengan Fionn dengan dua anak anjing dia telah asuh, Bran dan Sceólan, yang kemudian menjadi anjing kesukaan Fionn. Fergus merasa sedih karena kehilangan anjingnya, sehingga Fionn mengirimkan dia anak anjing baru, yang dengan cepat mengembalikan kebahagiaannya.

Ibu Oisin[sunting | sunting sumber]

Saat melakukan perburuan, anjing Fionn Bran dan Sceólan tidak mau menyerang seekor anak rusa yang tampaknya jinak. Fionn memutuskan untuk mengambil rusa kembali ke perkemahan. Malam itu, peri wanita bernama Sadhbh memasuki kamar Fionn dan memohon perlindungan-nya dari kejahatan penyihir Doirche. Dia juga menawarkan Fionn untuk menikah dengannya. Fionn dengan senang hati menerima dan berjanji untuk melindungi Sadhbh.

Kemudian, Fionn memimpin Fianna untuk melawan serangan laki-laki dari Lochlann. Setelah perang, ia kembali dan mengetahui bahwa Sadhbh pergi dan rumah. Pelayannya menjelaskan bahwa sosok yang tampak seperti Fionn mendekati kastil dan Sadhbh berlari keluar untuk menemuinya. Pria itu mengubah Sadhbh menjadi rusa, dan mereka ini menghilang. Fionn menghabiskan bertahun-tahun mencari Sadhbh di seruluh Irlandia, tapi ia tidak dapat menemukannya. Setelah tujuh tahun, ia menemukan seorang anak muda di hutan yang dia kenali sebagai anaknya dan Sadhbh. Anak laki-laki itu menceritakan hidupnya selama bertahun-tahun yang habiskan di Faery, selama itu Doirche merawat dia dan ibunya (masih dalam bentuk rusa) di dalam sebuah gua, sebelum akhirnya meninggalkan anak itu. Fionn memberi nama anak laki-laki itu Oisin.

Rayuan Becfola[sunting | sunting sumber]

Sang raja dan pangeran Crimthann sedang berburu di hutan. Mereka menemukan seorang wanita cantik yang mengendarai kereta. Raja bertanya siapa namanya, dari mana dia berasal, dan apa yang dia lakukan. Wanita itu menolak untuk memberikan informasi apapun. Raja memintanya untul menikahan dengannya. Wanita itu menerima, meskipun dia telah jatuh cinta dengan Crimthann dan akan lebih memilih untuk menikah dengannya. Raja kemudian memberinya nama Becfola.

Lama kemudian, Becfola tinggal di Tara dengan sang raja. Dia mengungkapkan perasaannya ke Crimthann dan mereka membuat rencana untuk melarikan diri dari Tara. Ketika Becfola upaya untuk bertemu dengan Crimthann, seorang peri mengalihkannya ke jalan yang salah dan akhirnya tersesat di hutan. Dia lolos dari serigala lapar, bertemu seorang pengelana, dan menemaninya ke sebuah pulau kecil di mana ia bertarung dengan tujuh orang untuk memiliki pulau tersebut. Setelah itu, ia mengantarkan Becfola kembali ke Tara, dan Becfola menyadari bahwa waktu tidak berjalan sejak dia pergi, sehingga Crimthann tetap mengunggunya untuk melarikan diri, tetapi dia telah memutuskan untuk tidak melanjutkan rencananya untuk bertemu Crimthann.

Hari berikutnya, di sebuah pesta, seorang ulama yang hadir yang menyaksikan pertarungan untuk merebutkan kepemilikan dari pulau kecil. Ia melihat Becfola ada disana dan menuduhnya tidak setia. Becfola mengakui kesalahannya dan meninggalkan Tara selamanya.

Keributan Kecil di Allen[sunting | sunting sumber]

Goll mac Morna, anggota clann-Morna yang paling terkenal, menghadiri pesta dengan Fianna lainnya. Dia menghina kaptennya, Fionn, dengan memberikan hadiah kepada para penyair dan penghibur lebih mewah daripada yang ditawarkan oleh Fionn. Fionn bertanya di mana ia memperoleh begitu banyak kekayaan. Goll menceritakan bahwa itu ia peroleh dari kampanye di Lochlann, di mana dia membunuh tidak hanya orang-orang Lochlann tetapi juga ayah Fionn. Percakapan pun berubah dengan cepat menjadi pembanggakangan, ancaman, dan akhirnya perkelahian besar. Pada akhirnya, 1100 orang pengikut Fionn tewas, sementara clann-Morna hanya kehilangan 61 orang. Fionn menegaskan bahwa ia tidak akan berdamai dengan clann-Morna sampai  Raja menggumumkan penilaiannya atas serangan itu.

Mereka melakukan perjalanan ke Tara dan memberikan kesaksian kepada Raja, putra-nya, dan putrinya. Kemudian ditentukan bahwa clann-Morna diserang pertama, dan tidak berutang terhasap kerusakan, sementara kehilangan besar Fionn dihitung sebagai kerugiannya. Oleh karena itu, tidak ada pihak yang akan membayar. Terlepas dari perseteruan keluarga, Fionn dan Goll tetaplah sahabat.

Carl Dengan Jaket yang Menjemukan[sunting | sunting sumber]

Cael sang Besi, putra Raja dari Thessaly, tiba di Irlandia dengan menggunaan sebuah kapal. Dia menantang Fianna untuk menghadirkan seorang juara yang bisa berkelahi, bergulat, atau berlomba. Jika mereka tidak bisa, dia menegaskan bahwa Irlandia membayar upeti dan memberinya kekuasaan. Fionn memutuskan bahwa tantangan yang akan dilakukan adalah balapan, dan ia berusaha untuk menemukan Caelta mac Ronán, prajurit tercepat Fianna. Di perjalanan, ia bertemu dengan pria besar dengan pakaian sembarangan, dan menyebut dirinya sebagai Carl dengan jaket yang menjemukan. Carl menegaskan bahwa hanya dia yang bisa berlari lebih cepat dari Cael. Fionn percaya kepada Carl dan memilih dia sebagai juara Fianna.

Cael sang Besi meminta untuk berlomba lari dengan jarak enam puluh mil. Ia dihina oleh Fionn pilihan juaranya yang muncul sebagai orang biasa atau bahkan pengemis. Cael dan Carl berjalanan untuk menuju titik awal perlombaan, sementara Fianna menunggu di finish. Carl ingin tidur larut malam, jadi dia menawarkan Cael untuk muali lebih dahulu satu jam lebih awal darinya. Setelah bangun, Carl melewati Cael, tetapi Cael menyusul ketika dia berhenti untuk makan blackberry. Carl melewati Cael kedua kalinya, Cael menunjukkan kepada Carl bahwa dua bagian bawah jaketnya robek ketika mereka menerobos melewati tanaman tiga puluh mil yang lalu. Carl berjalan kembali untuk mengambil bagian bawah jaketnya, kemudian berlari hingga melewati Cael lagi dan memenangkan perlombaan. Setelah mencapai finish, Cael menarik pedangnya dan meminta bayaran dari Carl. Carl memukul Cael dengan epalan tangan penuh dengan blackberry, melemparkan dia ke kapal, dan mengirimkan dia kembali ke Thessaly. Carl kemudian menunjukkan dirinya adalah dewa yang kuat dari Sidhe.

Pesona Gua Cesh Corran[sunting | sunting sumber]

Seorang raja peri yang memiliki dendam terhadap Fionn memiliki empat anak perempuan yang sangat jelek. Sementara Fianna keluar berburu, ia mengirim tiga putrinya ke sebuah gua dekat Fionn dan temannya, Conán. Mereka melihat anak-anak penyihir dan mendekati gua, di mana sihir peri akan membuat mereka lemah. Para anak penyihir mengikat mereka dan menyembunyikan mereka di dalam gua. Setelah Fianna kembali dalam dua atau tiga kelompok, mereka juga dirtarik ke dalam gua dan ditangkap. Akhirnya, hanya Goll mac Morna tetap bebas. Para anak-anak penyihir berusaha untuk membunuhnya, tapi Goll berhasil membunuh dua dari mereka, dan yang ketiga menyerahankan diri. Putri keempat dari raja peri muncul. Dia adalah seorang pejuang yang kuat. Goll hampir mengalahkan dia dalam pertempuran. Sebagai hadiah, Fionn menawarkan putrinya untuk menikah dengan Goll.

Becuma Kulit Putih[sunting | sunting sumber]

Becuma, seorang wanita dari tanah yang berwarna-warni di luar Faery, dibuang ke Irlandia karena lari dari suaminya. Conn, raja yang penting, pemberitahuan bahwa Becuma akan tiba dengan perahu. Becuma mengakui bahwa putra Conn putra, Art, lebih dikenal di tanah yang berwarna-warni dan dia telah jatuh cinta dengan Art. Conn meminta Becuma untuk menikah dengannya, bukan anaknya. Becuma setuju dengan syarat bahwa raja harus mengirim anaknya pergi selama setahun untuk memberikan Becuma waktu untuk belajar untuk mencintai Conn tanpa gangguan.

Ketika Art kembali, Irlandia berada di tengah-tengah kelaparan yang besar. Conn mendengar ramalan bahwa ia harus mengorbankan anak dari pasangan yang tidak berdosa untuk mengakhiri kelaparan. Setelah perjalanan panjang, ia menemukan anak laki-laki: anak seorang raja dan ratu di sebuah pulau terpencil. Dia mengklaim bahwa dia harus meminjam anak mereka, yang harus mandi di perairan Irlandia, untuk memecahkan kelaparan. Orang tua anak tersebut enggan, tapi anak itu bersikeras mendampingi Conn kembali ke Irlandia. Setelah kedatangan Conn, terungkapkan bahwa ia harus dikorbankan, tidak dimandikan. Dia pun keberatan dengan adanya perubah dari rencana, dan banyak perdebatan tentang apa yang harus dilakukan pecah di Irlandia. Akhirnya, anak laki-laki lebih yakin untuk menjadi korban. Ketika anak laki-laki akan dieksekusi, ibunya muncul. Dia mengungkapkan bahwa mengorbankan anaknya tidak akan mengakhiri kelaparan. Kelaparan hanya akan selesai ketika Becuma hilang.

Becuma menantang Art untuk bermain catur dan ia kalah. Sebagai hukuman, Art memerintahkannya untuk meninggalkan Irlandia sampai ia menemukan tongkat Curoi, tugas yang ia harap akan menjadi mustahil. Becuma menggunakan kenalannya di Faery untuk menemukan tongkat itu dengan cepat, dan dia mengambilnya. Becuma menantang Art untuk kedua kalinya bermain catur dan akhirnya menang. Becuma meminta Art untuk meninggalkan Irlandia sampai ia mengetahui lokasi dimana keberadaan Delvcaem, putri dari penyihir Morgan. Art mengalami sebuah pencarian yang penuh dengan cobaan dan bahaya sebelum menemukan Delvcaem dipenjarakan oleh orang tuanya. Art membunuh Morgan dan istrinya, menikah Delvcaem, dan kembali dengannay ke Irlandia.

Setelah sampai di Irlandia, Delvcaem memerintahkan Becuma untuk pergi dan tidak pernah kembali. Becuma meninggalkan Irlandia dan menjadi ratu di negara yang jauh.

Hiruk-pikuk Mongan[sunting | sunting sumber]

Dongeng yang berhubungan dengan cerita tentang Mongan, raja dari Ulster: Mongan, istrinya, pendongeng, dan beberapa pengawalnya menghadiri sebuah turnamen. Saat penyambutan dimulai. Mereka melarikan diri dari peyambutan, mengembara ke Faery dan datang ke sebuah istana kecil. Di sana, mereka berpesta dan Mongan setuju untuk bercerita tentang masa lalunya:

Eolgarg Mor, raja Lochlann, sedang sakit. Seorang dokter menunjukkan bahwa hanya sapi putih dengan telinga merah yang bisa menyelamatkan dia. Fiachna Finn, pangeran dari Ulster, mencari sapi tersebut. Sapi itu dimiliki oleh Black Hag, yang hanya setuju untuk melepaskan ketika Fiachna berjanji untuk menggantinya dengan empat ekor sapi. Ketika Fiachna dalam perjalanan mengkatarkan sapi putih dengan telinga merah, ia diberitahu bahwa ayahnya telah meninggal dan dia adalah raja baru dari Ulster. Dia lupa janjinya dan kembali ke Irlandia.

Setahun kemudian, Black Hag muncul di pengadilan Fiachna dan menuntut bahwa Fiachna membayar sapinya dengan membuat perang melawan Eolgarg Mor. Fiachna dengan enggan setuju dan memimpin tentara ke Lochlann. Mereka dikalahkan oleh domba berbisa Eolgarg Mor. Manannan, anak Lir, menawarkan untuk menyelamatkan para korban dan membantu mereka mengalahkan Eolgarg Mor, sebagai imbalan ia mendapat semua hak-hak atas mahkota dan rumah tangga Fiachna untuk satu hari. Fiachna setuju. Dia mengalahkan Eolgarg Mor, menjadi raja Lochlann, dan melunasi Black Hag untuk kepuasan dirinya.

Manannán memiliki seorang anak, Mongan, dengan istri Fiachnai. Mongan dibesarkan oleh Manannán sampai usia 16 tahun. Selama waktu ini, tetangga raja membunuh Fiachna dan dinobatkan sebagai raja Ulster. Ketika Mongan kembali, ia membunuh raja dan menikahi putrinya, Duv Laca. Mongan sekarang adalah raja dari Ulster.

Suatu hari, Mongan mengunjungi Branduv, Raja Leinster. Branduv memiliki kawanan sapi putih dengan telinga merah. Branduv menawarkan untuk menukar sapinya untuk istri Mongan, Duv Laca. Mongan setuju dan mengambil sapi-sapi itu pulang dengannya. Branduv segera datang untuk mengklaim hadiahnya. Ia mengambil Duv Laca dan pelayannya kemudian kembali ke Leinster dengannya. Pelayan Mongan, mac an Dáv, mengatakan bahwa pelayan Duv Laca adalah istrinya, jadi dia harus telah kehilangan istrinya karena acara tukar-menukar Mongan. Kedua laki-laki itu membuat tiga upaya untuk merebut kembali istri mereka. Pertama mereka menyamar menjadi ulama, kemudian mereka mencoba untuk menyelinap di saat Branduv pergi, keduanya tanpa keberhasilan. Akhirnya, Mongan menggunakan sihir untuk membuat sebuah tas yang muncul untuk menjadi seorang wanita muda yang cantik, dan Branduv tanpa disadari menukar Duv Laca dan pelayannya untuk tas tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Irish fairy tales" (1st US ed.). LCCN Permalink. Library of Congress (lccn.loc.gov). Retrieved 2016-10-05.
  2. ^ Peters, Vincent (19 February 2007). "Fionn MacCumhail". Triskelle. Diakses tanggal 2010-01-05. 
  3. ^ "Fenian Cycle". Encyclopædia Britannica. 2010. Diakses tanggal 2010-01-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]