Tengar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ceriops tagal)
Tengar
Ceriops zippeliana
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Ceriops

Spesies

Lihat teks

Tengar adalah nama sekelompok tumbuhan dari genus Ceriops, suku Rhizophoraceae. Dari segi penampilan, tengar mirip dengan bakau, meski umumnya lebih kecil. Tumbuhan ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti tangar, tengal, tengah, tingi, palun, parun, bido-bido dan lain-lain.

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia dikenal dua spesiesnya. Yakni Ceriops tagal (Perr.) C.B. Rob. (kadang-kadang disebut Ceriops candolleana W.& A.), dan C. decandra (Griff.) Ding Hou yang lebih kecil.

Habitus[sunting | sunting sumber]

Spesies tengar umumnya dapat bertumbuh dengan tinggi 10–15 meter atau kurang.[butuh rujukan] Namun pada spesies Ceriops tagal, pertumbuhannya dapat mencapai 25 meter.[27] Batang menggembung di bagian pangkal, sering dengan akar tunjang yang kecil.[butuh rujukan]

Daun tunggal, bulat telur terbalik, dengan ujung tumpul atau berlekuk, mengkilap seperti kulit, terletak berhadapan, maks 4 × 10 cm. Daun penumpu kecil, 1,5 – 2,5 cm, lekas gugur, meninggalkan bekas serupa cincin.

Bunga duduk atau bertangkai pendek, dalam payung tambahan yang bertangkai, 2-4 kuntum sekelompok (C. decandra) atau 5-10 (3-9) kuntum sekelompok pada C. tagal. Bunga berbilangan 5, dengan kelopak kehijauan dan daun mahkota putih, kecoklatan bila tua. Tangkai benang sari pendek, sama atau lebih pendek (C. decandra) atau lebih panjang dari kepala sari (C. tagal). Berbunga sepanjang tahun.

Buah kecil, bentuk telur hingga mengerucut, kecoklatan, s/d 2 cm. Taju kelopak buah melengkung ke belakang. Hipokotil silindris, berkulit halus, berbintil, agak menggelembung di ujung, sekitar 15 cm (C. decandra) dan dapat mencapai 25 cm (C. tagal). Leher kotiledon berwarna merah tua (C. decandra) atau kuning (C. tagal) jika tua.

Habitat dan penyebaran[sunting | sunting sumber]

Umumnya ditemukan pada bagian yang kering dari hutan bakau, atau yang hanya tergenang pasang tinggi. Menyukai substrat pasir (terutama C. decandra) atau lumpur tanah liat, namun yang memiliki drainase yang baik. Sering pula ditemukan di sekitar tambak ikan.

C. decandra ditemukan mulai dari India hingga ke Indocina, Semenanjung Malaya, Kepulauan Nusantara, Filipina, Papua Nugini dan Australia.

C. tagal diketahui menyebar mulai dari Mozambik di Afrika, hingga ke Pasifik barat, termasuk Australia, Indonesia dan Malaysia.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Tengar menghasilkan kayu yang kuat dan awet, paling kuat dari antara kayu hutan bakau lainnya. Kayu ini kerap digunakan dalam konstruksi bangunan, bantalan rel kereta api, gagang peralatan dan lain-lain. Juga merupakan bahan kayu bakar dan arang yang baik.

Kulit kayu tengar, sebagaimana kayu bakau, menghasilkan tanin yang kerap digunakan sebagai bahan penyamak kulit, dan juga bahan pewarna untuk cat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Noor, Y.R., M. Khazali, dan I.N.N. Suryadiputra. 1999. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. PKA/WI-IP. Bogor.
  • van Steenis, CGGJ. 1981. Flora, untuk sekolah di Indonesia. Pradnya Paramita. Jakarta.


  1. ^ "Ceriops australis (C.T.White) Ballment, T.J.Sm. & J.A.Stoddart — the Plant List". 
  2. ^ Ballment ER, Smith TJ III, Stoddart JA (1988). "Sibling species in the mangrove genus Ceriops (Rhizophoraceae), detected using biochemical genetics". Australian Systematic Botany. 1 (4): 391–397. doi:10.1071/sb9880391. 
  3. ^ Sheue CR, Yang YP, Liu HY, Chou FS, Chang HC, Saenger P, Mangion CP, Wightman G, Yong JWH, Tsai CC (2009). "Reevaluating the taxonomic status of Ceriops australis (Rhizophoraceae) based on morphological and molecular evidence". Botanical Studies. 50 (1): 89–100. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-13. Diakses tanggal 2010-10-17. 
  4. ^ "Ceriops tagal var. Australis C.T.White — the Plant List". 
  5. ^ "Ceriops decandra (Griff.) W.Theob. — the Plant List". 
  6. ^ "Ceriops candolleana Náves — the Plant List". 
  7. ^ "Ceriops roxburghiana Arn. — the Plant List". 
  8. ^ "Ceriops pseudodecandra Sheue, H.G.Liu, C.C.Tsai & Yuen P.Yang — the Plant List". 
  9. ^ Sheue CR, Liu HY, Tsai CC, Yang YP (2010). "Comparison of Ceriops pseudodecanrda sp. nov. (Rhizophoraceae), a new mangrove species in Australasia, with related species" (PDF). Botanical Studies. 51: 237–248. 
  10. ^ "Ceriops tagal (Perr.) C.B.Rob. — the Plant List". 
  11. ^ "Ceriops boviniana Tul. — the Plant List". 
  12. ^ "Ceriops candolleana Arn. — the Plant List". 
  13. ^ "Ceriops candolleana var. Sasakii Hayata — the Plant List". 
  14. ^ "Ceriops candolleana var. Spathulata Blume — the Plant List". 
  15. ^ "Ceriops forsteniana Blume — the Plant List". 
  16. ^ "Ceriops globulifera Boreau ex Tul. — the Plant List". 
  17. ^ "Ceriops lucida Miq. — the Plant List". 
  18. ^ "Ceriops lucida var. Latifolia Miq. — the Plant List". 
  19. ^ "Ceriops lucida var. Subspathulata Miq. — the Plant List". 
  20. ^ "Ceriops mossambicensis Klotzsch — the Plant List". 
  21. ^ "Ceriops pauciflora Benth. — the Plant List". 
  22. ^ "Ceriops somalensis Chiov. — the Plant List". 
  23. ^ "Ceriops timoriensis Domin — the Plant List". 
  24. ^ "Ceriops timoriensis (DC.) C.A.Gardner — the Plant List". 
  25. ^ "Ceriops zippeliana Blume — the Plant List". 
  26. ^ Sheue CR, Liu HY, Tsai CC, Rashid SMA, Yong JWH, Yang YP (2009). "On the morphology and molecular basis of segregation of Ceriops zippeliana and C. decandra (Rhizophoraceae) from Asia". Blumea. 54: 220–227. doi:10.3767/000651909X476193. 
  27. ^ Suryanti, Supriharyono dan Anggoro, S. (2019). Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu (PDF). Semarang: Undip Press. hlm. 71–72. ISBN 978-979-097-679-5.