Cercopithecini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cercopithecini
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoPrimates
FamiliCercopithecidae
TribusCercopithecini
Gray, 1821
Tata nama
Ejaan asliCercopithecidae
Genera
Allenopithecus

Miopithecus
Erythrocebus
Chlorocebus

Cercopithecus

Cercopithecini adalah kelompok monyet Dunia Lama yang termasuk beberapa monyet, yaitu monyet vervet, talapoin dan guenon, semuanya berada di Afrika.

Monyet Dunia Lama (Cercopithecidae) adalah sekelompok simian yang berasal dari wilayah Dunia Lama termasuk Afrika , India, dan Asia Tenggara. Ada 133 spesies monyet Dunia Lama. Anggota kelompok ini termasuk kera, guenon, talapoin, lutung, surilis, douc, monyet berhidung pesek, bekantan, dan lutung. Monyet Dunia Lama berukuran sedang hingga besar. Yang terbesar dari semua monyet Dunia Lama adalah mandrill yang beratnya bisa mencapai 110 pon. Monyet Dunia Lama terkecil adalah talapoin yang beratnya sekitar 3 pon.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Monyet Dunia Lama umumnya bertubuh kekar dan memiliki kaki depan yang pada sebagian besar spesies lebih pendek dari kaki belakang. Tengkorak mereka sangat bergerigi dan mereka memiliki mimbar yang panjang. Hampir semua spesies aktif pada siang hari (diurnal) dan bervariasi dalam perilaku sosialnya. Banyak spesies monyet Dunia Lama membentuk kelompok berukuran kecil hingga sedang dengan struktur sosial yang kompleks. Bulu monyet Dunia Lama sering kali berwarna abu-abu atau coklat meskipun beberapa spesies memiliki corak yang cerah atau bulu yang lebih berwarna. Tekstur bulunya tidak halus dan juga tidak berbulu. Telapak tangan dan telapak kaki pada monyet Dunia Lama telanjang. Salah satu ciri khas monyet Dunia Lama adalah sebagian besar spesies memiliki ekor. Ini membedakan mereka dari kera, yang tidak memiliki ekor.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Cercopithecini memiliki habitat yang fleksibel secara ekologis. Beberapa spesies arboreal sementara yang lain semi terestrial. Tidak hanya hidup di daerah tropis, beberapa spesies dapat hidup di daerah yang lebih tinggi dan terkadang bersalju, seperti pada Macaca mulatta, Macaca fuscata, dan Macaca cyclopsis[1]

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar spesies monyet Dunia Lama adalah omnivora meskipun tumbuhan merupakan bagian terbesar dari makanan mereka. Beberapa kelompok hampir seluruhnya vegetarian, hidup dari daun, buah, dan bunga. Monyet Dunia Lama juga memakan serangga, siput darat, dan vertebrata kecil.

Kelompok monyet Cercopithecini memiliki sistem pencernaan yang sederhana dan kantung pada pipinya. Kantung pipi ini dapat membantu mengangkut buah, biji, maupun daun, sehingga dapat dimakan di tempat yang aman dari predator.[1].

Perilaku sosial[sunting | sunting sumber]

Hewan ini hidup secara berkelompok dengan jumlah anggota 10-100 individu untuk tiap kelompoknya[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Old World Monkeys | Learn Science at Scitable". www.nature.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-10.