Central Station (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Central Station
Poster rilis teatrikal
SutradaraWalter Salles
ProduserArthur Cohn, Martine de Clermont-Tonnerre
SkenarioJoão Emanuel Carneiro, Marcos Bernstein
CeritaWalter Salles
Pemeran
Penata musik
SinematograferWalter Carvalho
PenyuntingFelipe Lacerda
DistributorEuropa Filmes
Tanggal rilis
  • 16 Januari 1998 (1998-01-16) (Swiss)
  • 3 April 1998 (1998-04-03) (Brasil)
Durasi110 menit
NegaraBrasil, Prancis
BahasaPortugis
Anggaran$2.9 juta[1]
Pendapatan
kotor
$22 juta[2]

Central Station (Portugis: Central do Brasil) adalah sebuah film drama Brasil-Prancis 1998 yang berlatar belakang Brasil. Film tersebut berkisah tentang persahabatan seorang anak laki-laki dengan seorang wanita berusia menengah. Film tersebut diadaptasi oleh João Emanuel Carneiro dan Marcos Bernstein dari sebuah cerita buatan Walter Salles, yang menyutradarai film tersebut. Film tersebut menampilkan Fernanda Montenegro dan Vinícius de Oliveira dalam peran utama. Judul filmnya dalam bahasa Portugis adalah nama dari stasiun kereta api utama di Rio de Janeiro.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sebagai kerjasama produksi antara Brasil dan Prancis, film tersebut dipilih oleh Kementerian Budaya Prancis untuk meraih sumber daya Fonds Sud Cinema, untuk mereka sumbangkan.[3]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Central Station, pertama kali ditayyangkan di sebuah festival film regional di Swiss pada 16 Januari 1998, pada 19 Januari ditayangkan di Festival Film Sundance di Amerika Serikat. Pada 14 Februari 1998, film tersebut ditayangkan di Festival Film Berlin, dan baru diluncurkan di Brasil pada tanggal 3 April pada tahun yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.the-numbers.com/movies/1998/0CLSN.php
  2. ^ "A comercialização de um filme internacional: Central do Brasil". asaeca.org/. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-23. 
  3. ^ "Cinemateca Nacional: Central do Brasil (1998)". Cinemateca Brasileira. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]