Central Coast (New South Wales)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Central Coast
New South Wales
Central Coast berlokasi di New South Wales
Central Coast
Central Coast
Koordinat33°17′57″S 151°11′32″E / 33.29917°S 151.19222°E / -33.29917; 151.19222Koordinat: 33°17′57″S 151°11′32″E / 33.29917°S 151.19222°E / -33.29917; 151.19222
Jumlah penduduk297,956[1] (9th)
 • Kepadatan168,6/km2 (437/sq mi)
Didirikan2005
Kode posbermacam
Luas1.767 km2 (682,2 sq mi)
Zona waktuAEST (UTC+10)
 • Musim Panas (DST)AEDT (UTC+11)
Letak
LGA
  • Wyong Shire
  • City of Gosford
Daerah pemilihan negara bagian
Divisi Federal
Tuggerah Lake dilihat dari Craigie Park di Kanwal. The Entrance juga terlihat di belakang jauh.

Central Coast adalah sebuah wilayah perkotaan di negara bagian New South Wales, Australia, terletak di pantai utara Sydney dan selatan Lake Macquarie.

Central Coast memiliki perkiraan penduduk 298.000 jiwa, menjadikannya wilayah urban terbesar ketiga di New South Wales dan ke-9 di Australia.[1] Secara geografis, Central Coast mencakup daerah yang dikelilingi Hawkesbury River di selatan, Watagan Mountains di barat dan ujung selatan Lake Macquarie di utara.

Secara politis, daerah ini terbagi menjadi dua wilayah pemerintah lokal: City of Gosford dan Wyong Shire. Bulan September 2006, pemerintah NSW merilis sebuah rencana jangka panjang untuk daerah ini yang melihat Central Coast dikelompokkan sebagai sebuah kota regional, bersama dengan Wollongong dan Hunter Region, dengan kota regional terbesar di wilayah ini yaitu Gosford.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun 1811, Gubernur New South Wales, Lachlan Macquarie, memberikan hibah tanah pertama di daerah ini kepada William Nash, bekas marinir First Fleet. Tak ada hibah lagi yang diberikan di daerah ini hingga 1821.[2]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Wilayah ini merupakan serangkaian kota yang terhubung selama bertahun-tahun oleh pembangunan pinggiran kota yang meluas. Kumpulan kota utama di daerah ini mengelilingi tepi utara Brisbane Water dan mencakup pusat penduduk terbesar di tepi pantai ini, Gosford, membentang dari timur ke pusat pertokoan Erina. "Pusat" komersial besar lainnya di tepi pantai ialah Wyong, Tuggerah, Lakehaven, The Entrance, Terrigal, dan Woy Woy. Sejumlah besar orang yang tinggal di bagian selatan wilayah ini bepergian setiap hari untuk bekerja di Sydney. Central Coast juga merupakan destinasi turis populer, dan sebuah tempat terkenal untuk istirahat. Sebagai hasilnya, identitas budaya daerah ini ebrbeda dari metropolis Sydney yang besar dan beragam juga wilayah Hunter, dengan industri besar, pertambangan dan pelabuhan.

Tanggal 2 Desember 2005, Central Coast secara resmi diakui sebagai wilayah sendiri daripada sebuah perluasan Sydney atau Hunter Valley.[3]

Iklim[sunting | sunting sumber]

Daerah Central Coast memiliki iklim subtropis lembap, dengan musim panas lembap hangat dan musim dingin sejuk. Hujan tersebar sepanjang tahun.

Jumlah penduduk[sunting | sunting sumber]

Australian Bureau of Statistics menganggap Central Coast sebagai bagian dari Sydney Statistical Division. Tetapi, juga memasukkan Central Coast ke dalam Gosford-Wyong Statistical Region. Pada sensus 2006, jumlah penduduk wilayah ini adalah 297.956 jiwa.[1]. Pinggiran Central Coast paling padat ialah Bateau Bay di Wyong Shire dengan jumlah penduduk 11.599 jiwa.[4]

Mas adepan[sunting | sunting sumber]

Masalah masa depan utama di Central Coast dipusatkan di sekitar pembangunan terkendali dan pembentukan pekerjaan lokal setelah penduduk wilayah ini tumbuh cepat. Pembangunan bangunan tinggi telah menjadi topik banyak persengketaan juga masalah suplai air yang terus berlanjut.

Pembatasan air di Central Coast berada pada Level 3, Level 5 adalah yang tertinggi. Kebanyakan air di wilayah ini berasal dari Mangrove Creek Dam, yang bukanlah bendungan utama.

Jua ada masalah terbaru mengenai pembentukan tim liga rugby pada kompetisi National Rugby League. Usaha ini ditolak pada 2005 dan kesempatan diberikan pada wilayah Gold Coast Queensland, tapi kemungkinan muncul kembali pada masa depan ketika lembaga liga rugby mempertimbangkan lagi pembentukan baru.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sekolah[sunting | sunting sumber]

Ada banyak sekolah di Central Coast, umum dan swasta mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah atas. Dua sekolah paling terkenal yang disegani dari dalam dan luar di Central Coast yaitu Central Coast Grammar School (SMA Swasta) dan Gosford High School (SMA Selektif Akademik).

Media[sunting | sunting sumber]

Radio

Semuanya hanya stasiun lokal. Di sejumlah tempat di Central Coast, Sydney dan Newcastle, gelombang radio dapat ditangkap dengan baik.

Televisi Central Coast memiliki tiga pemancar siaran di seluruh wilayah, terletak di Bouddi (antara Killcare & MacMasters Beach), Gosford & Wyong (Forresters Beach). Pemancar ini digunakan penyiar nasional ABC & SBS, penyiar komersial Seven, Nine & Ten dari Sydney, dan penyiar regional, Prime Television & NBN Television. Southern Cross Ten hanya tersedia dari pemancar Wyong TV. Transmisi digital semua saluran, kecuali Southern Cross Ten, tersedia di ketiga pemancar TV.

Suratkabar Central Coast dilayani oleh satu suratkabar mingguan. Central Coast Express Advocate, diterbitkan oleh News Limited's Cumberland Newspaper Group, diterbitkan pada Rabu & Jumat. Dikirimkan ke depan pintu rumah penduduk tanpa biaya.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Bluetongue Central Coast Stadium di Gosford, New South Wales, adalah rumah bagi Central Coast Mariners.

Selain liga olahraga lokal, Central Coast berusaha menjadi sebuah kekuatan olahraga nasional dengan beberapa tim bersaing di liga nasional. Yang terkenal ialah Central Coast Mariners yang bermain sepak bola dan bersaing di A-League. The Mariners, tim paling terkenal di wilayah ini, adalah finalis besar di musim A-League 2005-06 pertama dan pada musim A-League 2007-08.[5] The Mariners bermain di Bluetongue Central Coast Stadium di Gosford. Bluetongue Central Coast Stadium adalah stadion terbesar di Central Coast. Selain mengadakan pertandingan Mariners, beberapa pertandingan National Rugby League (NRL) dan Super 14 telah diadakan di sana.

Central Coast Rhinos adalah tim lain yang bermain di Australian Ice Hockey League. Tim ini telah bermain di Erina Ice Arena di Erina Fair, yang mana merupakan gelanggang es satu-satunya di Central Coast. Rhinos telah bermain di tiga musim sebelumnya, menempati posisi ke-8 tahun 2005, ke-7 tahun 2006 dan ke-6 tahun musim AIHL 2007.[6]

Central Coast 'Oxigen' Crusaders adalah program basket senior elit di wilayah Central Coast yang melibatkan asosiasi junior Gosford City Rebels dan The Entrance Lakers dengan program perwakilan juniornya yang sukses sebagai ladang latihan dan program pembantu tim senior Crusaders. Stadion basket 'kelas nasional' mereka terletak di Terrigal.

Beberapa usaha dilakukan agar tim dapat masuk kompetisi nasional lainnya. Yang terkenal adalah usaha memasukkan Central Coast Bears sebagai tim ke-16 ke NRL.[7] Usaha ini didanai oleh sebuah konsorsium yang dipimpin John Singleton, tapi Gold Coast Titans yang berhasil lewat. Northern Eagles, hasil penggabungan klub NRL Manly-Warringah dan North Sydney memulai kariernya dengan memainkan setengah pertandingannya di Gosford, tetapi dalam tiga tahun tim ini kembali bermain di Brookvale. South Sydney juga gagal bermain di Gosford, meskipun beberapa pertandingan yang diadakan di Central Coast menarik banyak penonton.[8] Tim liga rugby Central Coast Storm bermain di sejumlah kompetisi tingkat rendah NSWRL di liga rugby, dan tim persatuan rugby Central Coast Waves bermain di Shute Shield. Terakhir ini, klub persatuan rugby Central Coast Rays yang bersaing di musim satu-satunya Australian Rugby Championship pada tahun 2007, telah mendirikan basis di Bluetongue Stadium.

Central Coast memiliki sejumlah stadion olahraga, lapangan golf, taman papan luncur, lapangan tenis dan kolam renang yang dibuka untuk umum. Usaha sedang dijalankan untuk membangun beberapa jalur sepeda. Sebuah velodrome juga dibuka untuk umum di West Gosford. Taman nasional di Central Coast memiliki berbagai jalur daki dan jalur sepeda gunung. Olahraga air seperti berlayar, mendayung dan ski air adalah aktivitas populer di danau-danau Central Coast. Usaha sedang dilakukan untuk menarik turnamen pro golf ke Magenta Shores (sebuah resor baru di utara The Entrance), dan rencana sedang dipertimbangkan untuk menenggelamkan bangkai HMAS Adelaide di lepas pantai untuk para penyelam.[9]

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Informasi pariwisata & pengunjung[sunting | sunting sumber]

Central Coast adalah daya tarik pariwisata, terletak dekat dengan Sydney dan menjadikannya sebuah destinasi ideal. Tempat seperti Terrigal, Ettalong dan The Entrance sangat terkenal bagi para turis, dan dibuktikan oleh meningkatnya jumlah hotel besar di daerah ini, seperti resor Mantra, Oaks dan Crowne Plaza .

Lembaga pariwisata regional dikenal sebagai Central Coast Tourism dan mengelola tiga Pusat Informasi Pengunjung terakreditasi di wilayah ini. Terletak di Mt Penang Parklands di Kariong, Memorial Park di The Entrance dan juga Mann Street di Gosford.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Central Coast memiliki dua rumah sakit umum besar dengan departemen Darurat. Gosford Hospital adalah yang terbesar dan emmiliki 460 kamar, Wyong Hospital terletak di KAnwal dan memiliki 274 kamar. Selain itu, ada sebuah rumah sakit umum kecil di Woy Woy dan pusat kesehatan di Long Jetty.[10] Rumah sakit swasta terbesar di Central Coast adalah North Gosford Private. Brisbane Waters Private di Woy Woy dan Berkeley Vale Private juga penyedia layanan kesehatan besar. Ambulance Service of NSW memiliki tujuh stasiun ambulans di Central Coast yang terletak di Bateau Bay, Doyalson, Ettalong, Point Clare, Terrigal, Toukley dan Wyong.[11]

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Central Coast dilayani oleh sebuah sistem jalan ekstensif juga berbagai bus dan kereta yang menyediakan angkutan publik bagi penduduk. Wilayah ini juga memiliki beberapa taksi yang dioperasikan oleh Central Coast Taxis.

Jalan[sunting | sunting sumber]

Sydney Newcastle Freeway[sunting | sunting sumber]

Akses utama ke Central Coast melalui jalan adalah dengan Sydney-Newcastle Freeway sepanjang 127 kilometer (79 mi) yang membawa nomor National Highway 1, dikenal bagi banyak orang sebagai F3 Freeway. Jalan bebas ini memberikan hubungan jalan paling penting antara Sydney, Central Coast, Newcastle dan Hunter Valley.[12] Jalan bebas ini memiliki tiga lajur di masing-masing arah antara Wahroonga dan Kariong Interchange - kecuali bagian jalan bebas antara Cowan dan Mount Colah - pelebaran jalan dimulai pada Mei 2007 di bagian tengah, dari dua lajur menjadi tiga lajur di masing-masing arah dan akan dibuka pada awal 2009[13] dan dari Tuggerah dan utara ke Beresfield, jalan bebas ini berlajur dua di masing-masing arah. Jalan bebas ini kemudian menjadi berlajur tiga di masing-masing arah antara Tuggerah dan Peats Ridge, di mana sebuah bagian kecil menuju Kariong Interchange kembali menjadi dua lajur.

Central Coast Highway[sunting | sunting sumber]

Jalan yang menghubungkan Kariong dengan Doyalson (Pacific Highway, Dane Dr, Masons Pde, York St, George St, The Entrance Road, Oakland Ave, Coral St, Wilfred Barrett Dr, Budgewoi Rd dan Scenic Rd) mulai dinamai Central Coast Highway sejak 9 Agustus 2006[14].

Jalan Central Coast dikelola oleh kedua dewan lokal juga beberapa jalan negara bagian, tetapi, karena geografinya yang besar, masalah pengelolaan sering mencuat.

Rel[sunting | sunting sumber]

Pinggiran barat Central Coast dilayani oleh jalur Newcastle & Central Coast CityRail. Jalur rel ini digunakan untuk membantu angkutan massal bagi orang-orang yang bepergian ke Sydney dan layanan yang sering muncul ketika jam-jam sibuk (satu jam sebelum pagi dan setelah sore bila dibandingkan dengan jam sibuk Sydney karena jaraknya). Stasiun Gosford adalah stasiun sentral di jalur yang terhubung dengan banyak jasa bus dan taksi.

Stasiun Central Coast pada jaringan CityRail adalah (dari selatan ke utara):

Kereta api berhenti di stasiun Gosford & Wyong yang juga digunakan oleh jaringan jarak jauh CountryLink.

Bus[sunting | sunting sumber]

Central Coast tidak memiliki jasa bus umum, tapi wilayah ini dilayani oleh tiga operator swasta terpisah. Operator bus swasta di wilayah ini adalah Busways yang memiliki depot di Kincumber dan Charmhaven, Red Bus Services dan Coastal Liner Coaches. Semua perusahaan melayani daerah mereka sendiri yang mencakup hampir seluruh wilayah Central Coast, jarang melebihi batasnya.

Busways mengoperasikan jasanya dengan menggunakan Tuggerah, Erina dan Gosford sebagai titik pusat. Di selatan, layanan ini melebar ke selatan mencapai Woy Woy, Umina, Ettalong dan Pearl Beach/Patonga, dan juga ke Kincumber, Erina, Avoca dan Terrigal di timur. Layanan rutin dilakukan ke Kariong di barat. Layanan utara Busways mencakup mulai Gosford dan utara ke Tuggerah (melintasi Narara Valley dan Ourimbah), kemudian berlanjut ke utara ke Wyong melalui Tuggerah, yang juga melayani bagian utara Lake Haven, Charmhaven, Gorokan, Toukley, Noraville Budgewoi, Buff Point dan San Remo. Layanan lebih jauh juga memanfaatkan rute yang mencakup Blue Haven, Gwandalan, dan di utara di Swansea dan Charlestown di Lake Macquarie. Pada Februari 2008, Busways memiliki 19 bus yang dapat diakses pengguna kursi roda di armadanya.

Red Bus Services mengoperasikan layanan antara Wyong dan The Entrance juga The Entrance dan Gosford, meskipun beberapa layanan dapat mencapai Ourimbah dan Wyong Hospital di Kanwal. Layanan mereka juga beroperasi di West Gosford, Wyoming, Holgate, Matcham, Point Frederick dan Springfield. Walaupun sejumlah layanan beroperasi ke/dari Wyong Hospital melalui Berkley Vale dan Westfield Tuggerah, satu layanan (Rute 29) beroperasi dari Bay Village ke Wyong Hospital melalui The Entrance, Magenta Shores, Toukley, Gorokan dan Lake Haven. Red Bus memiliki 12 bus yang dapat diakses pengguna kursi roda.

Coastal Liner mengoperasikan layanan rute bus terbatas di sekitar Westfield Tuggerah, Wyong, Wyee, Hamlyn Terrace, Woongarah, Warnervale, Dooralong dan Jilliby. Rute 10 (Tuggerah-Wyee melalui Hue Hue Rd dan Wyong), 12 (Tuggerah-Jilliby melalui Dicksons dan Mandalong Roads) dan 13 (Tuggerah-Dooralong melalui Jilliby Rd) semuanya hanya beroperasi pada hari kerja dengan layanan terbatas. Rute 11 adalah yang populer, menghubungkan Lake Haven dengan Warnervale melalui Hamlyn Terrace dan Woongarah. ayanan pada hari kerja ini biasa mencapai Westfield Tuggerah dan Wyong Station melalui Hue Hue Rd. Coastal Liner juga memiliki 2 bus yang dapat diakses pengguna kursi roda.

Telekomunikasi[sunting | sunting sumber]

Central Coast jatuh seluruhnya pada wilayah nomor telepon 43xx xxxx dan dikelompokkan dalam Regional 1 untuk pengaturan biaya. Jasa telepon kabel tersedia secara universal. Layanan GSM dan 3G tersedia dari Optus, Telstra dan Vodafone. Meskipun hanya jaringan NextG Telstra yang memiliki cakupan luas di wilayah ini.

ADSL dan layanan jalurlebar (broadband) nirkabel tersedia secara luas - tetapi, beberapa titik hitam masih ada. ADSL2 berkecepatan tigngi tersedia di sejumlah pergantian melalui Telstra, meskipun beberapa penyedia lain berdiri, menawarkan jalurlebar berkecepatan tinggi yang mahal di wilayah ini.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jumlah ini adalah jarak dari Sydney dan Newcastle ke Gosford, pusat penduduk besar di wilayah ini.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Australian Bureau of Statistics (25 October 2007). "Gosford-Wyong (Statistical Region)". 2006 Census QuickStats. Diakses tanggal 2008-05-07.  Map
  2. ^ Bennett, F. C.: "The Story of the Aboriginal People of the Central Coast of New South Wales", page 9. Brisbane Water Historical Society, 1968.
  3. ^ "Geographical Names Register Extract: Central Coast". Geographical Names Board of New South Wales. Diakses tanggal 2008-05-07. 
  4. ^ Australian Bureau of Statistics (25 October 2007). "Bateau Bay (State Suburb)". 2006 Census QuickStats. Diakses tanggal 2008-05-07. 
  5. ^ "ccmariners.com.au". Central Coast Mariners: History. Diakses tanggal 2006-11-10. 
  6. ^ "rhinos.com.au". Central Coast Rhinos Ice Hockey. Diakses tanggal 2006-11-10. 
  7. ^ "smh.com.au". Central Coast door ajar for Sydney club. Diakses tanggal 2006-11-10. 
  8. ^ "ccmariners.com.au". Central Coast Mariners: Stadium Info. Diakses tanggal 2006-11-10. 
  9. ^ "expressadvocate.com.au". Central Coast Express Advocate. Diakses tanggal 2006-11-01. 
  10. ^ "health.nsw.gov.au/areas/ccahs/". Central Coast health: About Us. Diakses tanggal 2006-11-12. 
  11. ^ "ambulance.nsw.gov.au". Ambulance Service of New South Wales: Map of ambulance stations across NSW. Diakses tanggal 2006-11-12. 
  12. ^ "Sydney-Newcastle (F3) Freeway". Ozroads. Diakses tanggal 2006-07-06. 
  13. ^ http://www.rta.nsw.gov.au/constructionmaintenance/majorconstructionprojectssydney/f3widening/index.html F3 Freeway Widening, RTA. Retrieved on 19 July, 2007
  14. ^ "Kariong to Doyalson". NSW Roads and Traffic Authority. 2008-01-23. Diakses tanggal 2008-05-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]