Cempaka mulia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Magnolia figo atau Cempaka Mulia adalah tumbuhan hijau abadi dari genus Magnolia.

Cempaka Mulia
Bunga Cempaka Mulia yang sedang mekar
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Magnolia figo
Nama binomial
Magnolia figo
(Lour.) DC.
Sinonim

Liriodendron figo
Michelia figo
Michelia fuscata
Magnolia fuscata

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tanaman ini berasal dari Tiongkok. Tingginya bisa mencapai 3 hingga 4 meter. Awalnya digambarkan oleh misionaris Portugis dan naturalis João de Loureiro sebagai Liriodendron figo. Itu didireklasifikasi sebagai Michelia figo oleh ahli botani Jerman, Curt Polycarp Joachim Sprengel. Pada tahun 2006, analisis cladistic dari genus Michelia menemukan mereka berada dalam genus Magnolia dengan nama sekarang menjadi Magnolia figo.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Tanaman ini dibudidayakan sebagai tanaman hias hias di kebun karena bunganya yang harum, berwarna putih krem, bulat dan beraroma kuat dengan isoamil alkohol. Daunnya hijau tua bulat dan mengkilap dengan tekstur seperti lilin. Tanaman ini digunakan di Shanghai, Tiongkok, sebagai pagar hijau yang tinggi. Tumbuh menjadi pohon kompak besar yang selalu hijau ( Evergreen ). Tanaman ini tumbuh di tanah asam dan basa dengar sangat baik. Rentan terhadap Jelaga Hitam.

Tanaman ini dikenal dengan nama Banana shrub, White Port Wine Magnolia, dan Banana Magnolia. Di Indonesia, Tanaman ini dikenal dengan nama Cempaka Ambon dan Cempaka Mulia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "IUCN Red List of Threatened Species: Magnolia figo". 26 September 2012.