Celebrity for Charity

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Celebrity for Charity
Format Kuis
Pembawa acara Maudy Koesnaedi
Mayong Suryolaksono (Feb-Mar '02)
Dede Yusuf (Apr-Mei '02) (SCTV)
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Jumlah episode 13 (SCTV)
Produksi
Durasi 60 menit
Rumah produksi PT Triwarsana
Siaran
Stasiun televisi SCTV (2002)
Siaran sejak 17 Februari 2002  12 Mei 2002

Celebrity for Charity adalah salah satu acara kuis Indonesia. Dalam acara ini, 2 kelompok kontestan (masing-masing terdiri dari 2 orang artis) akan berkompetisi untuk meraih hadiah uang tunai sebanyak-banyaknya, yang nantinya akan disumbangkan kepada yayasan sosial yang diwakilinya, baik menang atau kalah. Acara ini ditayangkan di SCTV, sejak tanggal 17 Februari 2002 sampai 12 Mei 2002, setiap Minggu selama 60 menit.

Awal Akhir Pembawa acara Stasiun TV
17 Februari 2002 31 Maret 2002 Maudy Koesnaedi dan Mayong Suryolaksono SCTV
7 April 2002 12 Mei 2002 Maudy Koesnaedi dan Dede Yusuf

Babak I[sunting | sunting sumber]

Sebelum babak I dimulai, ke-2 kelompok kontestan diberi skor 10 poin sebagai modal awal. Di babak ini, pembawa acara akan membacakan 20 pertanyaan pilihan ganda dengan 2 pilihan jawaban. Pertanyaan dijawab secara berebutan dengan menekan tombol bel. Kelompok kontestan yang menekan tombol bel terlebih dahulu akan memperoleh kesempatan menjawab pertanyaan. Jika jawabannya benar, maka perolehan skornya akan bertambah 10 poin. Sebaliknya, jika jawabannya salah, maka perolehan skornya tidak akan bertambah.

Soal tantangan[sunting | sunting sumber]

Setelah babak I berakhir, pembawa acara akan mengajukan 1 soal tantangan. Pertanyaan soal tantangan tersebut adalah menentukan apakah nilai sebenarnya lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai perkiraannya. Kemudian, pembawa acara akan memberikan kesempatan kepada kelompok kontestan yang perolehan skor sementaranya lebih besar: apakah ingin mengambil soal tantangan tersebut untuk dijawab sendiri atau melempar soal tantangan tersebut untuk dijawab oleh kelompok kontestan lawannya (tentu saja yang perolehan skor sementaranya lebih kecil).

Jawaban penjawab Skor penjawab Skor bukan penjawab
Benar
Salah

Dimana x adalah perolehan skor kelompok kontestan penjawab soal tantangan pada akhir babak I dan y adalah perolehan skor kelompok kontestan bukan penjawab soal tantangan pada akhir babak I.

Babak II[sunting | sunting sumber]

Di babak ini, pembawa acara akan mengajukan 12 pertanyaan pilihan ganda 2 opsi secara berebutan. Peraturan permainan tetap sama seperti babak I, tetapi skor tiap pertanyaan jika dan hanya jika terjawab benar sifatnya progresif. Pertanyaan I bernilai 10 poin, pertanyaan II bernilai 20 poin, dan seterusnya hingga pertanyaan XII bernilai 120 poin.
Kelompok kontestan dengan perolehan skor akhir (setelah babak II usai) lebih besar berhak masuk ke babak bonus.

Babak bonus[sunting | sunting sumber]

Babak bonus hanya diikuti oleh kelompok kontestan pemenang. Di babak bonus, terdapat 7 buah pintu, dimana di dalam setiap pintu terdapat hadiah uang tunai. Kelompok kontestan pemenang berhak memilih salah satu pintu sebagai acuan dan hadiah uang tunai di dalam pintu acuan tersebut sudah pasti menjadi milik kelompok kontestan pemenang. Selanjutnya, kelompok kontestan pemenang harus menebak hadiah di dalam pintu pilihan selanjutnya apakah lebih banyak atau lebih sedikit daripada hadiah di dalam pintu yang telah terbuka di sebelahnya.

No. Pintu
pilihan
No. Pintu
parameter
1 7 atau 2
2 1 atau 3
3 2 atau 4
4 3 atau 5
5 4 atau 6
6 5 atau 7
7 6 atau 1
  • Jika tebakannya benar, maka kelompok kontestan pemenang berhak memilih untuk melanjutkan atau mengakhiri permainan.
  • Jika tebakannya salah, maka kelompok kontestan pemenang hanya memperoleh hadiah di dalam pintu acuan (yang pertama kali dipilih), dan permainan berakhir.
  • Jika kelompok kontestan pemenang memilih mengakhiri permainan, maka kelompok kontestan pemenang berhak memperoleh hadiah di dalam pintu yang telah terbuka (kumulatif).
  • Hadiah yang tersedia adalah Rp1.200.000,00, Rp1.250.000,00, Rp2.000.000,00, Rp2.500.000,00, Rp3.000.000,00, Rp6.000.000,00, dan Rp7.500.000,00. Jadi, jika ke-7 pintu sukses terbuka, maka perolehan hadiah untuk kontestan pemenang adalah Rp23.450.000,00.

Perolehan hadiah[sunting | sunting sumber]

Kelompok
kontestan
Perolehan hadiah
Menang
Kalah
  • SA=skor akhir, HBB=hadiah babak bonus.
  • Skor akhir menang > skor akhir kalah.