Celana Imam Israel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Celana Imam (bahasa Ibrani: מִכְנְסֵי־בָד miḵnəsē-ḇāḏ; bahasa Inggris: priestly undergarments, linen breeches KJV) adalah salah satu pakaian yang dipakai oleh para imam dan Imam Besar di Israel kuno. Menutupi pinggang ke lutut sehingga tidak terlihat dari luar, karena sepenuhnya tersembunyi oleh kemeja imam.

Alkitab Ibrani[sunting | sunting sumber]

Dalam Alkitab perintah yang melembagakan penggunaannya ditemukan dalam Kitab Keluaran (Keluaran 28:42)

Buatlah celana-celana lenan bagi mereka untuk menutupi daging auratnya: celana itu haruslah dari pinggang sampai paha panjangnya.

Berbeda dengan jubah imam yang "untuk kemuliaan dan keindahan" (Keluaran 28:2), tujuan dari michnasayin adalah untuk kesopanan, "untuk menyembunyikan ketelanjangan mereka". Dalam Kitab Imamat ketika Musa menguduskan Harun dan anak-anaknya masing-masing sebagai Imam besar dan imam-imam, celana lenan yang tidak disebutkan (Imamat 8:7, Imamat 8:13), meskipun jelas dianggap sudah dipakai.

Ada empat pakaian kudus yang sama-sama dipakai oleh para imam-imam dan Imam Besar:

  • Celana lenan untuk menutupi ketelanjangan mereka ketika mereka memasuki Kemah Pertemuan atau mendekati mezbah untuk bertugas di tempat kudus.
  • Kemeja imam, kemeja yang terbuat dari linen halus, yang menutupi seluruh tubuh dari leher ke kaki, dengan lengan sampai pergelangan tangan. Untuk Imam besar diberi bordir (Keluaran 28:39).
  • Ikat pinggang imam Imam besar adalah kain "bordir" (Keluaran 28:39); ikat pinggang yang dibuat untuk para imam lain juga.
  • Serban Imam, menurut literatur Rabinik bahwa Imam besar jauh lebih besar dari imam-imam dan luka sehingga membentuk luas, datar atasnya sorban; bahwa untuk imam-imam itu luka sehingga membentuk kerucut berbentuk sorban, yang disebut migbahat.

Talmud[sunting | sunting sumber]

Talmud mencatat pakaian dan ikat pinggang imam usang yang digunakan sebagai sumbu obor di Bait suci.[1] kain pakaian melambangkan penghapusan perbedaan antara surga dan bagian fana manusia, sebagai kontras dengan sifat ilahi, yang benar-benar kudus dan hidup.[2] Menurut Talmud, pakaian pendamaian untuk dosa seksual pelanggaran pada bagian dari anak-Anak Israel (B.Zevachim 88b).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Talmud of the land of Israel: an academic commentary Volume 6 Jacob Neusner - 1998 "5:3 [A] Out of the worn-out undergarments and girdles of the priests they made wicks, [B] and with them they lit the ... [1:1 A] It has been taught: Out of the worn-out undergarments of the high priest they kindled the lamps that were "
  2. ^ Jacobs, Joseph; Ochser, Schulim (1905), "Symbol", Jewish Encyclopedia, S, New York: Funk and Wagnalls, hlm. 616, diakses tanggal 2008-02-23