Cekungan Sichuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cekungan Sichuan

China edcp relief location map Sichuan.png

Peta Tiongkok dengan sorotan Cekungan Sichuan
Hanzi: 四川盆地
Lanskap Cekungan Sichuan di Kabupaten Zitong

Cekungan Sichuan (Tionghoa: 四川盆地; Pinyin: Sìchuān Péndì), sebelumnya ditransliterasikan sebagai Cekungan Szechwan, adalah suatu daerah dataran rendah di Tiongkok bagian barat daya. Cekungan ini dikelilingi oleh pegunungan di semua sisi dan dialiri oleh Sungai Yangtze dan anak-anak sungainya. Cekungan ini diapit oleh Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan di barat, dan Chongqing, sebuah munisipalitas independen di timur. Karena tanahnya yang relatif rata dan subur, Cekungan Sichuan padat penduduknya dengan populasi lebih dari 100 juta jiwa. Selain menjadi ciri geografis yang dominan di wilayah ini, Cekungan Sichuan juga merupakan lingkungan kebudayaan yang dibedakan oleh kebiasaan, masakan, dan dialeknya yang unik. Cekungan ini terkenal dengan budidaya padi dan sering dianggap sebagai lumbung padi Tiongkok. Pada abad ke-21 pusat industrinya berkembang dengan pertumbuhan industri berteknologi tinggi, dirgantara, dan perminyakan.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Cekungan Sichuan membentuk tepi barat laut yang kaku dari lempeng tektonik Yangtze. Hubungan kompleks Lempeng Yangtze dengan Lempeng Eurasia di sekitarnya dibuktikan pada garis tepinya.[1] Orogeni yang dibentuk oleh tabrakan Lempeng India dengan Eurasia telah menekan tepi barat Cekungan Sichuan, terutama di sepanjang Patahan Longmenshan. Patahan ini merupakan episentrum Gempa bumi Sichuan 2008. Kekakuan Cekungan Sichuan menghalangi sebagian besar gerakan ke arah timur Dataran Tinggi Tibet, namun lipatan dramatis telah terbentuk dalam Lempeng Yangtze di sepanjang tepi timur Cekungan Sichuan. Di sini, patahan purba berinteraksi dengan Pegunungan Daba, akibatnya tekanan antara Lempeng Yangtze dan Eurasia dalam arah yang tegak lurus.[2]

Sampai 6 juta tahun yang lalu, sebuah danau besar memenuhi Cekungan Sichuan.[3] Tanah cekungan saat ini sebagian besar terpapar batu pasir merah,[4] menimbulkan julukan cekungan ini sebagai Cekungan Merah. Lapisan periode Jurasik Cekungan Sichuan yang terlindungi dengan baik telah terbukti bernilai bagi paleontologi di lokasi seperti Zigong.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Cekungan Sichuan adalah daerah dataran rendah seluas 229,500 km2 (88,600 sq mi) di Tiongkok yang dikelilingi oleh daerah dataran tinggi dan pegunungan.[4] Sebagian besar cekungan ini ditutupi relief perbukitan. Cekungan tersebut mencakup sepertiga bagian timur Provinsi Sichuan dan setengah bagian barat Munisipalitas Chongqing.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zhang, Zhongjie; Yuan, Xiaohui; Chen, Yun; Tian, Xiaobo; Kind, Rainier; Li, Xueqing; Teng, Jiwen (April 2010). "Seismic signature of the collision between the east Tibetan escape flow and the Sichuan Basin". Earth and Planetary Science Letters. 292 (3-4): 254–264. Diakses tanggal 11 April 2017. 
  2. ^ "Sichuan Basin". GES DISC. NASA. Diakses tanggal 11 April 2017. 
  3. ^ Hsieh, Chiao-min; Hsieh, Jean Kan (1995). China: A Provincial Atlas. New York, NY: Simon & Schuster MacMillan. ISBN 0028971841. 
  4. ^ a b "Sichuan Basin". Encyclopædia Britannica. Diakses tanggal 11 April 2017. 

Koordinat: 30°30′LU 105°30′BT / 30,5°LU 105,5°BT / 30.500; 105.500