Lompat ke isi

Cecendet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cecendet
Physalis angulata Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN19241191 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoSolanales
FamiliSolanaceae
TribusPhysaleae
GenusPhysalis
SpesiesPhysalis angulata Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1753

Cecendet[1] (Physalis angulata) adalah tumbuhan liar, buahnya seperti lonceng kecil, disukai anak-anak karena rasanya manis,[1] buahnya dibungkus lapisan tipis menyerupai kertas. Cecendet adalah sebutan dari daerah sunda, sedangkan didaerah lainnya di Indonesia tumbuhan satu ini biasa di sebut dengan kopok-kopokan, ciplukan, ceplukan atau nyeoran.[2]

Buah dari tumbuhan cecendet kerap kali diburu oleh anak-anak kecil karena mempunyai rasa yang manis asam dan segar.

Tumbuhan cecendet memiliki tinggi maksimal 1 meter, batangya bergurat, bercabang, mengandung tinggi air dan mudah dipatahkan. Daun berbentuk oval dengan ujung runcing serta pinggiran tak beraturan lebar 2,5-3,5 cm panjang 5–6 cm.

Bunganya terletak pada ketiak atau cabang dari batangya, tangkai bunga 2,5–4 cm tegak dan akan mulai menunduk saat bakal buah muncul. Buah cecendet dibungkus kelopak yang menggelembung, tipis, berbentuk bulat dengan ujung meruncing, mirip seperti kertas tipis. Kelopaknya berwarna hijau saat masih muda, berwarna kuning saat buah mulai matang, kering kecoklatan kondisi terlalu matang.

Buahnya berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi kuning keemasan jika sudah matang, ukuran buah 1-1,5 cm, mempunyai rasa manis dan asam segar .

Cecendet adalah tumbuhan liar yang dapat tumbuh di mana saja dengan kondisi sinar matahari penuh, Umumnya cecendet akan tubuh di hutan terbuka, semak belukar, pinggiran jalan, kebun, perkarangan rumah, sawah hingga tepian sungai.

Kandungan

[sunting | sunting sumber]

Kandungan senyawa pada daun, akar dan batang meliputi saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin. Kandungan pada buah berupa vitamin C, asam sitrat, fisalin, gula, serat, air, zat besi, fosfor dan beberapa mineral lainnya.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b "Arti kata cecendet". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses tanggal 18 Februari 2024. 
  2. ^ "Ciplukan (Physalis angulata L.)–CCRC" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 Februari 2024.