Catherine de' Medici

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gambar lukisan Catharina De'Medici

Catherine de' Medici adalah seorang bangsawati dan Ratu Perancis yang lahir di Florence, Perancis pada tanggal 13 April 1519 dan meninggal di Blois, Perancis tanggal 5 Januari 1585.[1][2] Ia adalah permaisuri dari Raja Henry II (menjabat periode 1547-1559) dan menjadi Ratu Perancis setelah kematian suaminya (1560-1574), Catharina juga menjadi salah satu tokoh berpengaruh dalam peperangan antara Katolik dan Huguenot.[1] Ayah Catharina adalah Lorenze de Medici, Duke kota Uribono dan penguasa Florence dan ibunya adalah Madeleine de la Tour d’Auvergne, sepupu dari Francis I, Raja Perancis.[2] Ibunya meninggal ketika ia masih berumur 2 minggu dan ia diasuh oleh ayahnya.[2] Pada tahun 1533 saat Catherina berusia 14 tahun, paman Catharina Paus Klemens VII mengatur sebuah pernikahan antara dirinya dengan Duke kota Orleans, putra kedua dari Raja Perancis.[2] Dari pernikahan tersebut, Catharina melahirkan seorang putra pertamanaya.[2] Pada tahun 1536, Duke kota Orleans menjadi pewaris tahta dan sebelas tahun kemudian menjadi Raja Perancis dengan nama Henry II.[2] Namun, Henry meninggal dunia dalam sebuah adu pedang pada tahun 1559 dan menjadikan Catharina penguasa sementara Perancis ketika putra keduanya, Charles yang masih berumur 10 tahun dinobatkan menjadi Raja.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris)"Catharina De'Medici atau De Médicis". Brittanica. Diakses tanggal 20 juni 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  2. ^ a b c d e f g (Inggris)"Catharina De'Medici atau De Médicis". BBC. Diakses tanggal 20 juni 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)