Catelyn Stark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Catelyn Stark
Tokoh A Song of Ice and Fire character
Game of Thrones
Michelle Fairley Cat Stark in the Vale.png
Michelle Fairley sebagai Catelyn Stark
Penampilan
perdana
Penampilan
terakhir
PenciptaGeorge R. R. Martin
PemeranMichelle Fairley
Informasi
Alias
  • Cat
  • Lady Cat
  • The Silent Sister
  • Mother Merciless
  • The Hangwoman
  • Novel:
    Lady Stonehart
Jenis kelaminPerempuan
GelarLady of Winterfell
Keluarga
PasanganNed Stark
Anak
Kerabat

Catelyn Stark (née Tully) merupakan karakter fiksi dalam seri novel bergenre fantasi, A Song of Ice and Fire. Seri itu ditulis oleh pengarang Amerika, George R. R. Martin dan untuk adaptasi televisi berjudul Game of Thrones.

Diperkenalkan dalam novel A Game of Thrones (1996), bagian pertama dari seri fantasi epik A Song of Ice and Fire. Catelyn adalah istri Lord Eddard Stark dari Winterfell, seorang pengawas wilayah Utara. Catelyn menjadi ibu yang baik bagi lima anak-anaknya, tetapi dia membenci anak haram suaminya, Jon Snow. Ia dilahirkan di House Tully dari Riverrun. Sebuah klan terhormat dari Riverlands, salah satu dari Tujuh Kerajaan di Westeros. Ia memiliki dua saudara kandung yang lebih muda, yang masing-masing bernama Lysa dan Edmure. Catelyn awalnya bertunangan dengan kakak laki-laki Eddard yang bernama Brandon Stark, seorang pewaris Winterfell pada saat itu. Namun akhirnya ia menikahi Eddard setelah kematian sang pewaris menjelang pemberontakan Robert Baratheon melawan House Targaryen .

Catelyn diperankan oleh aktris Irlandia Utara, Michelle Fairley, dalam seri Game of Thrones di HBO.[1] Awalnya, karakter Catelyn diserahkan kepada aktris Amerika Jennifer Ehle dan muncul di pilot yang tidak tayang. Namun, akhirnya ia keluar dari seri tersebut karena alasan keluarga. Hal itu terjadi sebelum musim pertama dimulai.[2] [3]

Fairley mendapatkan pujian kritis dalam memerankan karakter Catelyn. Banyak yang memuji penampilannya selama episode "The Rains of Castamere".[4] Karena popularitas ini, banyak penggemar kecewa dia tidak muncul di musim keempat seri tersebut, meskipun kebangkitan karakter dalam novel.[5] [6]

Penggambaran karakter[sunting | sunting sumber]

Catelyn digambarkan sebagai seorang wanita yang cantik. Ia berkulit putih, rambut pirang panjang, memiliki mata biru, jari panjang, tulang pipi tinggi, dan payudara penuh. Dalam urusan berpakaian, ia hanya memakai warna abu-abu House Stark atau biru dan merah House Tully, milik ayahnya.

Ia seorang yang menjunjung harga diri, kuat, baik dan murah hati. Dia memiliki pemahaman politik yang kuat dan itu sering kali dipengaruhi oleh keinginan untuk melindungi anak-anaknya. Catelyn biasanya setuju dengan suaminya Eddard Stark. Namun, ia membenci pengakuan sang suami atas putra haramnya, Jon Snow yang dibawa masuk ke dalam rumah tangga mereka.

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Seri buku[sunting | sunting sumber]

A Game of Thrones[sunting | sunting sumber]

Setelah pesta penyambutan raja di Winterfell, Catelyn menerima surat dari saudarinya—Lysa Arryn yang menyatakan bahwa ada orang dari House Lannister telah membunuh suaminya—Jon Arryn, seorang Tangan Kanan Raja. Tujuan dari Raja Robert Baratheon ke Winterfell adalah membujuk Eddard Stark untuk menggantikan posisi Jon Arryn. Ketika putranya—Bran terluka dan koma, Catelyn selalu duduk di samping tempat tidur anaknya sampai mereka diserang oleh seorang pria yang datang untuk membunuh Bran. Catelyn terluka dalam serangan itu, setelah pulih dia melakukan perjalanan ke King's Landing untuk memperingatkan suaminya. Di sana, teman masa kecilnya—Petyr Baelish mengatakan kepadanya bahwa belati yang digunakan dalam serangan itu adalah milik Tyrion Lannister. Dalam perjalanan kembali ke Winterfell, dia membawa Tyrion ke saudarinya di Eyrie untuk diadili. Namun, Tyrion lolos dari eksekusi dengan menuntut dan memenangkan persidangan melalui duel. Setelah berita eksekusi Eddard atas perintah Raja Joffrey sampai di telinga Catelyn, dia berdebat untuk perdamaian, tetapi ditolak oleh Raja Robb yang baru dinobatkan dan pembawa panjinya.

A Clash of Kings[sunting | sunting sumber]

Catelyn menentang rencana Robb untuk mengirim Theon Greyjoy agar menjalin aliansi dengan Balon Greyjoy. Catelyn dikirim oleh Robb untuk mencoba ber-aliansi dengan Renly Baratheon dan tuan rumah Reach-Stormlands. Dia bertemu Renly di Bitterbridge dan mengikutinya ke kursi leluhur Baratheon di Storm's End, di sana dia menyaksikan perundingan pertama yang berakhir gagal antara Renly dan kakak laki-lakinya—Stannis. Dia juga menyaksikan pembunuhan Renly di malam berikutnya oleh makhluk bayangan. Setelah peristiwa tersebut, Catelyn melarikan diri dengan Brienne of Tarth—salah satu pengawal Renly menuju Riverrun. Ketika mendengar dugaan pembunuhan anak-anaknya yang masih kecil di tangan Theon Greyjoy, Catelyn mengkronfontasi Jaime Lannister yang saat itu sedang tertawan. Meskipun novel ini mengakhiri alur ceritanya dengan ambigu, terungkap pada awal novel ketiga bahwa Catelyn membebaskan Jaime dan meminta Brienne untuk mengawalnya ke King's Landing dalam upaya menukarnya dengan putri-putrinya, yang masih ditawan oleh Joffrey. Hal ini menyebabkan masalah untuk Robb dan sekutunya, House Karstark, yang menyimpan dendam terhadap para Lannister.

A Storm of Swords[sunting | sunting sumber]

Saudara laki-laki Catelyn—Edmure Tully menempatkan Catelyn sebagai tahanan rumah di Riverrun, tetapi Robb memaafkan Catelyn setelah ia mengumumkan pernikahannya dengan Jeyne Westerling, membatalkan lamaran pernikahannya dengan House Frey. Lord Walder Frey setuju untuk memaafkan Robb jika Edmure menikahi putrinya—Roslin. Catelyn bersama dengan Robb dan para penguasa utara pergi ke Twins—singgasana Frey, untuk menghadiri pernikahan tersebut. Namun, Walder Frey dan anak buahnya membalas dendam pada Robb atas kesalahannya dengan membantai tuan rumah utara, suatu tindakan pengkhianatan yang kemudian dikenal sebagai "Red Wedding (Pernikahan Merah)". Dalam upaya menyelamatkan nyawa putranya, Catelyn mengambil sandera Aegon Frey dan membunuhnya ketika Roose Bolton membunuh Robb. Ia kemudian dibunuh oleh Raymund Frey dengan cara menyayat tenggorokannya.

Tiga hari kemudian, Catelyn dibangkitkan oleh Lord Beric Dondarrion, yang mengorbankan kekuatan hidupnya untuk membangkitkannya. Namun, karena kematiannya sudah berhari-hari, tubuh Catelyn telah membusuk. Setelah dihidupkan kembali, dia kehilangan sebagian besar kepribadiannya, kecuali kebenciannya kepada House Frey. Catelyn kemudian mengambil alih komando kelompok penjahat Dondarrion, Persaudaraan Tanpa Bendera, dan mengubah tujuan mereka untuk memusnahkan House Frey. Kebrutalannya yang tanpa kompromi membuatnya mendapatkan nama "Lady Stoneheart".

Lambang House Tully dan House Stark

A Feast for Crows[sunting | sunting sumber]

Stoneheart dan the Brotherhood menjumpai sebuah kelompok kecil yang dipimpin oleh Brienne, yang memberitahu Stoneheart bahwa dia mencari Sansa atas permintaan Jaime Lannister. Stoneheart menyebut Brienne sebagai pengkhianat karena dia membawa Oathkeeper, pedang Lannister yang ditempa dari pisau baja Valyrian milik Ned Stark, Ice. Brienne bersumpah bahwa dia masih setia, tetapi Stoneheart bersikeras dia harus membuktikannya dengan membunuh Jaime, yang dia yakini berperan dalam Red Wedding. Brienne menolak, bahkan ketika diancam akan digantung. Tepat sebelum Brienne digantung, dia berteriak.

Seri Televisi[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2007, HBO mendapatkan hak untuk mengadaptasi serial Martin menjadi tayangan televisi.[7] Pada awalnya karakter Catelyn Stark diperankan oleh Jennifer Ehle dan dia sempat syuting di episode pilot yang tidak tayang sampai akhirnya dia keluar karena alasan keluarga.[8] Michelle Fairley kemudian menggantikannya dan memainkan peran tersebut selama tiga musim. Alur cerita Catelyn menyimpang dari buku setelah episode Red Wedding, ia tidak pernah muncul kembali sebagai Lady Stoneheart.

Penampilan Fairley telah menerima pujian kritis. Time menulis tentang episode "The Rains of Castamere": "Penampilan fantastis Fairley menangkap kengerian, dengan ujung keputus-asaan, kesedihan, dan kegilaan seorang wanita yang kehilangan putra-putranya, kehilangan cucunya, mungkin telah kehilangan anak-anak perempuannya, dan untuk semua yang dia tahu, sedang menyaksikan kepunahan rumah yang dimilikinya...".[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Andreeva, Nellie (March 19, 2010). "Fairley to replace Ehle in HBO's 'Thrones'". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2010. Diakses tanggal May 24, 2012. 
  2. ^ Andreeva, Nellie (August 3, 2009). "Trio of actresses cast in TV projects". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal February 24, 2013. 
  3. ^ Sepinwall, Alan (March 19, 2010). "'Game of Thrones' recasting: Ehle out, Fairley in". HitFix. Diakses tanggal February 24, 2013. 
  4. ^ Game of Thrones: Michelle Fairley is shunned by the Emmy Awards, but the show picks up 17 nominations (Yahoo TV UK)
  5. ^ Silman, Anna (June 16, 2014). "Book Fans Angered by Huge Game of Thrones Finale Omission". Vulture.com. Diakses tanggal June 17, 2014. 
  6. ^ Gupta, Prachi (June 16, 2014). ""Game of Thrones" director explains the Lady Stoneheart situation". Salon.com. Diakses tanggal June 16, 2014. 
  7. ^ Fleming, MIchael (16 Januari 2007). "HBO turns 'Fire' into fantasy series". www.variety.com. Diakses tanggal 24 September 2019. 
  8. ^ "Trio of actresses cast in cable TV projects". Reuters (dalam bahasa Inggris). 2009-08-04. Diakses tanggal 2019-09-24. 
  9. ^ Poniewozik, James. "Game of Thrones Watch: So Close. So Far". Time (dalam bahasa Inggris). ISSN 0040-781X. Diakses tanggal 2019-09-24.