Syobon Action

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cat Mario)
Syobon Action alias Cat Mario
Layar pembuka Cat Mario.
PublikasiDecember 2007
GenreAksi petualangan
Lisensiperangkat lunak gratis
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformWindows
ModePermainan video pemain tunggal
Formatdistribusi digital
Metode inputpapan tombol komputer
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi tambahan
MobyGamessyobon-action
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Syobon Action (しょぼんのアクション) atau juga dikenal "Cat Mario" atau "Mario dari Neraka", adalah permainan komputer parodi dari Super Mario Bros. Dalam permainan ini, harus berjalan dan melompat dari kiri ke kanan, menghindari atau menginjak musuh, serta melewati berbagai jebakan. Permainan ini terkenal karena membuat frustrasi pemainnya karena ada banyak sekali jebakan yang tidak terduga dan kadang tidak terlihat secara kasatmata.[1] [2]

Permainan ini awalnya terdiri dari empat tingkatan, namun kemudian berkembang menjadi enam hingga delapan. Setiap tingkatan memiliki objektif untuk sampai ke bendera terakhir. Namun kadang ada jebakan yang menyerupai bendera atau penjaga yang memungkinkan kemenangan pemain menjadi batal. Pemain dibekali 3 nyawa, tetapi tidak ada batasan untuk mati sehingga berujung kepada hitungan minus.

Permainan ini pertama dirilis pada Desember 2007, dikembangkan oleh Chiku (ちく chiku), yang membuat tingkat pertama untuk festival budaya di kampusnya.

Sumber terbuka[sunting | sunting sumber]

Versi sumber terbuka permainan ini tersedia sehingga bisa dimodifikasi atau dipindah ke konsol lain dengan nama Open Syobon Action dan lisensi GPLv2 di Sourceforge. Permainan ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi flash hingga konsol Wii.

Tersedia pula versi 3 dimensi dari permainan ini bernama Cat Mario 3D.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Cat mario diterima dengan sangat positif karena menghibur untuk ditonton, walaupun permainannya sendiri menciptakan rasa frustrasi.[3] Di Youtube banyak terdapat video mengenai permainan ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Patton, Ryan (2010). "Obstructing the view: An argument for the use of obstructions in art education pedagogy". The Journal of Social Theory In Art Education. 30: 49–59. Archived from the original on 2013-10-13. Diakses tanggal 2017-12-23. 
  2. ^ しょぼんのアクションについてのどーでもいい話 (in Japanese). Retrieved 19 November 2012.
  3. ^ Cat Mario Game, Syobon Action Reviews. dari situs medium.com