Caroline Thompson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Caroline Thompson
Lahir23 April 1956 (umur 68)
Washington, D.C.
PekerjaanScreenwriter, director, producer

Caroline Thompson (lahir 23 April 1956) adalah novelis, penulis skenario, sutradara film, dan produser berkebangsaan Amerika Serikat. Dia dikenal dengan karya-karyanya anta lain skenario film arahan Tim Burton berjudul Edward Scissorhands, The Nightmare Before Christmas, dan Corpse Bride. Dia juga menjadi pendamping penulis untuk Edward Scissorhands dan mengadaptasi versi baru film tersebut bersama sutradara dan koreografer Matthew Bourne. Thompson juga mengadaptasi skenario film dari Wicked Lovely, film serial fantasi yang sangat laris pada tahun 2011.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Thompson lahir di Washington, D.C., merupakan anak perempuan dari Bettie Marshall (née Warner), seorang guru, dan Thomas Carlton Thompson, Jr., seorang penasihat hukum.[1] Thompson menjalani pendidikan dasar dan menengahnya di Washington. Kemudian dia melanjutkan di Cambridge, Massachusetts untuk belajar di Radcliffe College, Harvard University, bahkan juga merupakan lulusan Amherst College pada jurusan Sastra Inggris pada tahun 1978.[2]

Thompson pindah ke Los Angeles, untuk menjalani kehidupannya sebagai seorang pengulas buku lepas dan penulis. Tahun 1983, dia memublikasikan sebuah novel berjudul "First Born" di mana sutradara Penelope Spheeris memilih buku ini untuk diadaptasi ke dalam sebuah film, dan dari debut inilah dia belajar menulis skenario.[3] Meskipun film ini tak jadi diproduksi, proyek ini memberikan pangalaman berharga untuk melanjutkan kariernya sebagai seorang penulis skenario.[4]

Karya lain di antaranya Snow White: The Fairest of Them All untuk Hallmark, yang dibintangi oleh Miranda Richardson dan Kristin Kreuk, The Secret Garden, Buddy, Black Beauty, Homeward Bound: The Incredible Journey, dan The Addams Family.

Selain itu, dia juga mengarahkan film Black Beauty (1994) sebagai debut penyutradaraannya,[5] diikuti dengan Snow White pada tahun 2001 untuk TV[6] dan Buddy. Dia juga memproduseri Snow White dan pendukung produser untuk film The Secret Garden dan Edward Scissorhands.[7]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

[8][9]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • First born, Published by Coward-McCann, 1983. ISBN 0-698-11224-5.
  • Edward Scissorhands, by Thompson & Tim Burton. Published by distributed by Cinestore, 1990.
  • The Secret Garden, Adapted by Thompson. Published by s.n., 1991.
  • The Addams Family: A Novelization, by Elizabeth Faucher, Thompson, & Larry Wilson. Published by Scholastic Inc., 1991. ISBN 0-590-45541-9.
  • Tim Burton's Nightmare Before Christmas: A Novel, by Daphne Skinner, Thompson, Michael McDowell, & Tim Burton. Published by Puffin Books, 1994. ISBN 0-14-037121-4.
  • Snow White, by Thompson & Julie Hickson. Published by s.n, 2000.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Tim Burton's Nightmare Before Christmas: The Film, the Art, the Vision, by Frank Thompson, Tim Burton. Published by Disney Editions, 2002. ISBN 0-7868-5378-6. Caroline Thompson – Page 179.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]