Carole Lombard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Carole Lombard
Carole Lombard 1940.jpg
Lombard pada 1940
Lahir Jane Alice Peters
6 Oktober 1908
Fort Wayne, Indiana, A.S.
Meninggal 16 Januari 1942 (umur 33)
Mount Potosi, Nevada, A.S.
Sebab meninggal Plane crash
Tempat peristirahatan Forest Lawn Memorial Park, Glendale, California, A.S.
Kebangsaan  Amerika Serikat
Pekerjaan Aktris
Tahun aktif 1921–1942
Suami/istri William Powell
(m. 1931; c. 1933)

Clark Gable
(m. 1939)

Carole Lombard (lahir dengan nama Jane Alice Peters di Fort Wayne, Indiana, A.S., 6 Oktober 1908 – meninggal di Mount Potosi, Nevada, A.S., 16 Januari 1942 pada umur 33 tahun) merupakan seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan nominasi Oscar. Dia dilahirkan di Fort Wayne, Indiana. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1921.

Lombard dilahirkan dalam keluarga kaya di Fort Wayne, Indiana, tetapi dibesarkan di Los Angeles oleh ibu tunggalnya. Pada usia 12 tahun, ia direkrut oleh sutradara film Allan Dwan dan memulai debut layarnya dalam A Perfect Crime (1921). Ingin menjadi aktris, ia menandatangani kontrak dengan Fox Film Corporation pada usia 16, tetapi sebagian besar memainkan bagian-bagian kecil. Dia dijatuhkan oleh Fox setelah kecelakaan mobil meninggalkan bekas luka di wajahnya. Lombard muncul di 15 komedi pendek untuk Mack Sennett antara 1927 dan 1929, dan kemudian mulai muncul dalam film-film layar lebar seperti High Voltage and The Racketeer. Setelah penampilan yang sukses di The Arizona Kid (1930), ia menandatangani kontrak dengan Paramount Pictures.

Paramount dengan cepat mulai memasukkan Lombard sebagai wanita terkemuka, terutama dalam film drama. Profilnya meningkat ketika ia menikah dengan William Powell pada tahun 1931, tetapi pasangan itu bercerai setelah dua tahun. Titik balik dalam karier Lombard datang ketika ia membintangi film komedi perintis Howard Hawks, Twentieth Century (1934). Aktris ini menemukan ceruknya dalam genre ini, dan terus muncul dalam film seperti Hands Across the Table (1935) (membentuk kemitraan populer dengan Fred MacMurray), My Man Godfrey (1936), yang ia dinominasikan untuk Academy Award. untuk Aktris Terbaik, dan Tidak Ada yang Suci (1937). Pada saat ini, Lombard menikahi "Raja Hollywood", Clark Gable, dan supercouple mendapat banyak perhatian dari media. Tertarik untuk memenangkan Oscar, pada akhir dekade, Lombard mulai bergerak ke arah peran yang lebih serius. Tidak berhasil dalam tujuan ini, ia kembali ke komedi di Alfred Hitchcock's Mr & Mrs Smith (1941) dan Ernst Lubitsch's To Be or Not to Be (1942) - peran film terakhir.

Karier Lombard dipotong pendek ketika ia meninggal pada usia 33 tahun dalam kecelakaan pesawat di Gunung Potosi, Nevada saat kembali dari tur obligasi perang. Hari ini, ia dikenang sebagai salah satu aktris definitif genre komedi screwball dan komedi Amerika, dan peringkat di antara bintang film wanita terbesar Hollywood dari bioskop klasik Hollywood.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Film Kecil[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]