Carol Dweck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Carol S. Dweck
Carol Dweck for Innovation documentary.jpg
Carol Dweck berbicara untuk film dokumenter yang berjudul Innovation: Where Creativity and Technology Meet pada tahun 2015
Lahir17 Oktober 1946 (umur 74)
KebangsaanAmerika Serikat
AlmamaterBarnard College
Universitas Yale
Karier ilmiah
BidangPsikologi Sosial, Psikologi Perkembangan
InstitusiUniversitas Stanford
Universitas Columbia
Universitas Harvard
Universitas Illinois

Carol S. Dweck (lahir 17 Oktober 1946) adalah seorang Profesor Psikologi Lewis dan Virginia Eaton di Universitas Stanford.[1] Dweck dikenal karena karyanya tentang sifat psikologis pola pikir pertumbuhan. Dia lulus dari Barnard College pada tahun 1967 dan meraih gelar PhD dari Universitas Yale pada tahun 1972. Dia mengajar di Universitas Columbia, Universitas Harvard, dan Universitas Illinois sebelum bergabung dengan fakultas Stanford pada tahun 2004.

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Carol Dweck lahir di New York. Ayahnya bekerja di bidang ekspor-impor dan ibunya di bidang periklanan. Dia adalah satu-satunya anak perempuan yaitu anak kedua dari tiga bersaudara.[2] Dweck unggul di sekolah. Ketika kelas enam, dia bilang dia akan duduk di kelas dan berpikir, "Ini tidak terlalu menarik" atau "Saya tidak setuju dengan ini", tetapi dia tidak mengatakan apapun.

Anggota kelas enam di kelasnya duduk sesuai urutan IQ mereka. Dia tahu sejak awal bahwa lingkungan sekolahnya memberi nilai IQ. Siswa dengan nilai IQ tertinggi dapat menghapus papan tulis, membawa bendera, atau membawa catatan ke kantor kepala sekolah. Dia menjelaskan dalam sebuah wawancara pada tahun 2015, "Di satu sisi, saya tidak percaya tentang nilai pada tes itu penting, di sisi lain, setiap siswa ingin berhasil dalam kerangka yang telah ditetapkan. Jadi, dengan meihat ke belakang, saya pikir bahwa penghargaan pada IQ merupakan titik penting dalam tahap perkembangan saya."

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Carol menikah dengan David Goldman, yang merupakan seorang sutradara teater nasional dan juga seorang kritikus. Meskipun dia tidak memiliki anak sendiri, suaminya memiliki dua anak yang sudah dewasa, di mana anak-anak tersebut memanggil Dweck, "nenek". Dia mencatat bahwa cucu-cucu tersebut memiliki pola pikir yang berkembang dan berkata, "Orang tua mereka sangat baik dengan hal tersebut!"

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Dweck selalu tertarik dengan manusia dan belajar mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Minat ini diperdalam di perguruan tinggi. Dia menyatakan: "Psikologi menggabungkan banyak minat saya: Saya menyukai metode ilmiah – memasukkan gagasan Anda ke dalam ujian – dan saya menyukai pokok bahasan psikologi manusia."

Pekerjaan pertamanya setelah lulus sekolah adalah bekerja di Universitas Illinois. Dia menghabiskan 11 tahun untuk menyelesaikan proyek penelitian dan mengamati mengapa orang bereaksi berbeda terhadap kegagalan, dan apa artinya hal tersebut pada kesuksesan di masa depan mereka.[3]

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2012, dia menyatakan, "Saya terpesona tentang bagaimana orang-orang mengatasi kegagalan atau hambatan. Saya penasaran mengapa beberapa siswa menyukai tantangan, dan orang lain yang mungkin sama-sama berbakat, menghindari tantangan atau bermain aman. Saya hanya ingin tahu itu.

Penghargaan dan penghormatan[sunting | sunting sumber]

Dweck merupakan anggota terpilih dari American Academy of Arts & Sciences dan National Academy of Sciences. Dia menerima Penghargaan Kontribusi Ilmiah Terkenal dari Asosiasi Psikologi Amerika pada tahun 2011. Pada tanggal 19 September 2017, Yayasan Yidan Prize yang berbasis di Hong Kong bernama Dweck merupakan salah satu dari dua pemenang perdana, yang mendapatkan Yidan Prize untuk Penelitian Pendidikan, mengutip karya mindset-nya. Hadiah tersebut mencakup penerimaan dengan nilai sekitar US $ 3,9 juta, yang dibagi rata antara hadiah uang tunai dan dana proyek.[4][5][6][7]

Publikasi[sunting | sunting sumber]

  • Heckhausen, J., & Dweck, C. S. (Eds.). (1998). Motivation and self-regulation across the life span. Cambridge: Cambridge University Press.
  • Dweck, C. S. (1999). Self-theories: Their role in motivation, personality and development. Philadelphia: Psychology Press.
  • Elliot, A. J., & Dweck, C. S. (Eds.). (2005). Handbook of competence and motivation. New York: Guilford.
  • Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success. New York: Random House.
  • Dweck, C. S. (2012). Mindset: How you can fulfill your potential. Constable & Robinson Limited.

Sumber-sumber[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]