Carmela Jeria Gómez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Surat kabar tenaga kerja feminis Carmela Jeria, La Alborada. Keluaran ini diterbitkan di Santiago, Chili.

Carmela Jeria, bernama lahir Carmela Jeria Gómez (Valparaíso, Chili, 16 Juli 1886 – ?), adalah seorang aktivis buruh, tipografer, penerbit dan pemimpin sosial dan feminis. Disebut "wartawan buruh pertama" di negaranya, ia adalah pendiri La Alborada, surat kabar buruh feminis pertama yang terbit di Chili.

Kerusuhan sosial[sunting | sunting sumber]

Kondisi kerja pada pergantian abad sangat genting dan menyebabkan terbentuknya banyak organisasi pekerja ketika Chili mulai mengeksploitasi sumber daya alamnya. Ekonominya hampir 50% bergantung pada nitratin. Pembangunan ekonomi yang dihasilkan menghasilkan struktur sosial baru di negara ini, produk dari migrasi pekerja dan meningkatnya penggunaan pekerja perempuan dan anak. Serangkaian perselisihan perburuhan meletus dengan para pekerja yang menuntut upah yang lebih baik dan jam kerja yang lebih terbatas.[1]

Banyak buruh ditindas secara brutal oleh polisi dan pasukan pemerintah yang berakhir dengan banyaknya korban jiwa. Dua dari banyak pemberontakan adalah Minggu Merah (kadang-kadang disebut kerusuhan daging) pada tahun 1905 dan pembantaian Sekolah Santa Maria (juga disebut, pembantaian di Sekolah Santa María de Iquique) pada tanggal 21 Desember 1907, yang memicu lebih banyak lagi aktivisme pekerja.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Carmela Jeria - Pan y Rosas". 2015-04-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-02. Diakses tanggal 2020-01-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Feminist Worker Press, pages from La Alborada. http://www.memoriachilena.gob.cl/602/w3-article-98044.html
  • Zavala San Martín, Ximena (2010). «Carmela Jeria and Esther Valdés de Díaz» . Zavala San Martín, Ximena, ed. Some, others: Women's lineage for the Bicentennial (Humane Corporation): 105-115. ISBN 9789568555184 .