Carlos Abesamis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Carlos Abesamis adalah seorang teolog pembebasan di Filipina yang berasal dari golongan Yesuit.[1] Ia terkenal dengan teologi pembebasan di kalangan masyarakat Filipina yang tertindas oleh penguasa.

Pemikiran[sunting | sunting sumber]

Teologi pembebasannya merujuk kepada konsep “keselamatan total”, di mana Allah menghadirkan keselamatan bukan hanya bagi Israel tetapi seluruh umat yang berpusat pada pengalaman hidup dan tindakan Allah dalam karya penyelamatan-Nya.[1] Konsep keselamatan total yang ia kemukakan dalam teologi pembebasannya diperkenalkannya sewaktu pertemuan yang membahas perkembangan teologi negara Dunia Ketiga di Tanzania 1976.[1] Pemikirannya menitikberatkan bahwa Allah menyejarah di sepanjang waktu,karena Allah terlibat di dalam konteks historis yang konkret. Di mana penyertaan-Nya terhadap Israel juga terjadi bagi orang Filipina.[2] Berita mengenai keselamatan inilah yang harus disampaikan kepada orang Filipina yang hidup dalam kemiskinan akibat ketamakan para penguasa.[2] Menguatkan mereka bahwa Allah selalu menyertai hidup mereka sama seperti Allah menyertai umat Israel yang hidup dalam penindasan.[2] Bagi Abesamis, berteologi di Filipina bukanlah sekadar mengajarkan mengenai dosa, kebahagiaan, kasih dan kematian, melainkan keadilan bagi yang lapar dan pembebasan bagi mereka yang tertindas.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris)Carlos H. Abesamis. 1991. The Third Look At Jesus. Philipina: Claritian Publication. Hlm. 126.
  2. ^ a b c d (Inggris)Rodrigo D. Tano. 1981. Theology in the Philippine Setting: A Case Study in the Contextualization of Theology. Philippines: New Day Publishers. Hlm. 115-127.