Carl Philipp Emanuel Bach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Carl Philipp Emanuel Bach

Carl Philipp Emanuel Bach (lahir di Weimar, 8 Maret 1714 – meninggal di Hamburg, 14 Desember 1788 pada umur 74 tahun) adalah seorang komponis dan musikus zaman Klasik Klasik Jerman, anak kelima dan putra kedua yang masih hidup dari Johann Sebastian Bach dan Maria Barbara Bach. Nama keduanya diberikan untuk menghormati ayah baptisnya Georg Philipp Telemann, seorang teman Johann Sebastian Bach.

C.P.E. Bach adalah komposer berpengaruh yang bekerja pada masa transisi antara gaya Barok ayahnya dan gaya Klasik yang mengikutinya. Pendekatan pribadinya, yang ekspresif dan sering bergolak yang dikenal sebagai empfindsamer Stil atau 'gaya sensitif', menerapkan prinsip-prinsip retorika dan drama ke struktur musik. Dinamisme Bach sangat kontras dengan gaya gagah yang lebih sopan juga dalam mode.

Untuk membedakannya dari saudaranya Johann Christian, "London Bach," yang saat ini adalah master musik untuk Ratu Inggris,[1] C.P.E. Bach dikenal sebagai "Berlin Bach" selama kediamannya di kota itu, dan kemudian sebagai "Hamburg Bach" ketika ia menggantikan Telemann sebagai Kapellmeister di sana.[2] Bagi orang-orang sezamannya, ia hanya dikenal sebagai Emanuel.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hubeart, T.L. "A Tribute to Carl Philipp Emanuel Bach
  2. ^ Allison, John. "CPE Bach at 300: why he's more than just Johann Sebastian's son", The Telegraph, 26 Januari 2014.
  3. ^ "Carl Phillip Emanuel Bach" ClassicalCat.net

Pranala luar[sunting | sunting sumber]