Captain America: Civil War

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Captain America: Civil War
Poster
Sutradara
  • Anthony Russo
  • Joe Russo
ProduserKevin Feige
SkenarioChristopher Markus
Stephen McFeely
Berdasarkan
Captain America
oleh Joe Simon
Jack Kirby
Pemeran
Penata musikHenry Jackman
SinematograferTrent Opaloch
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 12 April 2016 (2016-04-12) (Dolby Theatre, L.A.)
  • 27 April 2016 (2016-04-27) (Indonesia)
  • 6 Mei 2016 (2016-05-06) (Amerika Serikat)
Durasi147 menit
NegaraUSA
BahasaInggris
Anggaran$250 juta
Pendapatan
kotor
$1,153 miliar

Captain America: Civil War merupakan sebuah film pahlawan super Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2016. Ini adalah film ketiga belas di Marvel Cinematic Universe. Captain America: Civil War merupakan sequel dari Captain America: The First Avenger pada tahun 2011 dan Captain America: The Winter Soldier pada tahun 2014. Film ini tayang di bioskop tanggal 6 Mei 2016 dalam versi 3D dan IMAX.

Pengembangan Civil War dimulai pada akhir 2013 ketika Markus dan McFeely mulai menulis skenario, yang meminjam konsep-konsep dari cerita buku komik tahun 2006 "Civil War", sementara juga berfokus pada cerita dan karakter elemen dari sebelumnya film Captain America untuk menyimpulkan trilogi. Berikut reaksi positif untuk menguji pemutaran The Winter Soldier, Russo bersaudara dibawa kembali untuk mengarahkan pada awal 2014. Judul film dan premis yang terungkap pada bulan Oktober 2014, bersama dengan casting Downey ini; pemeran tambahan tergabung dalam bulan-bulan berikutnya. Pokok fotografi mulai pada bulan April 2015 di Pinewood Atlanta Studios di Fayette County, Georgia, dan terus di daerah Metro Atlanta sebelum menyimpulkan di Jerman pada bulan Agustus 2015, dengan film menjadi yang pertama untuk menggunakan kamera 2D digital IMAX (untuk pusat urutan pertarungan bandara). Efek visual yang disediakan oleh hampir 20 studio yang berbeda selama proses pasca-produksi.

Captain America: Civil War mengadakan premier dunia di Los Angeles pada 12 April, 2016, dan dirilis di Amerika Serikat pada 6 Mei, 2016, dalam 3D dan IMAX 3D. Film ini menjadi sukses kritis dan komersial, terlaris lebih dari $1,1 miliar di seluruh dunia, menjadikannya film terlaris tahun 2016 dan film ke-12 terlaris sepanjang masa.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1991, prajurit super yang dicuci otaknya, James "Bucky" Barnes dikirim dari sebuah pangkalan Hydra di Siberia untuk mencegat sebuah mobil yang membawa sebuah kotak berisi serum tentara super. Pada hari ini, kira-kira satu tahun setelah kekalahan Ultron di negara Sokovia oleh Avengers, Steve Rogers, Natasha Romanoff, Sam Wilson, dan Wanda Maximoff menghentikan Brock Rumlow dari mencuri senjata biologis dari laboratorium di Lagos. Rumlow meledakkan dirinya sendiri, dengan harapan ledakannya bisa membunuh Rogers. Ketika Maximoff melemparkan Rumlow dan ledakannya ke langit dengan telekinesis, ia merusak sebuah bangunan di dekatnya, menewaskan beberapa pekerja kemanusiaan dari Wakanda.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Thaddeus Ross menginformasikan kepada Avengers bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa sedang mempersiapkan untuk melewati Kesepakatan Sokovia, yang akan membentuk panel PBB untuk mengawasi dan mengendalikan tim Avengers. Avengers dibagi: Tony Stark, Romanoff, Vision dan James Rhodes mendukung pengawasan karena mereka yakin bahwa banyak orang tidak bersalah telah mati karena kesalahan mereka (seperti Charles Spencer), bahwa mereka harus memenangkan kembali kepercayaan pemerintah dan bahwa kekuatan mereka kadang kala membawa malapetaka. Sementara Steve Rogers dan Sam Wilson memiliki keyakinan lebih besar atas penilaian mereka sendiri daripada penilaian pemerintah. Helmut Zemo melacak dan membunuh agen Hydra yang dahulu mengawasi Barnes, mencuri sebuah buku berisi kata-kata pemicu yang mengaktifkan cuci otak Barnes. Pada sebuah konferensi di Wina di mana Kesepakatan harus diratifikasi, sebuah bom membunuh Raja T'Chaka dari Wakanda. Rekaman keamanan menunjukkan bahwa pengebom tersebut adalah Barnes. Atas kejadian ini, anak T'Chaka, T'Challa, bersumpah untuk membunuh Barnes. Diinformasikan oleh Sharon Carter tentang keberadaan Barnes dan niat pihak berwenang untuk membunuhnya, Rogers memutuskan untuk mencoba menghadirkan Barnes–teman masa kecilnya dan kawan perangnya–sendiri. Rogers dan Wilson melacak Barnes ke Bukares dan berusaha melindunginya dari T'Challa dan pihak berwenang, namun keempatnya, termasuk T'Challa, ditangkap.

Meniru seorang psikiater yang dikirim untuk mewawancarai Barnes, Zemo membacakan kata-kata untuk membuat Barnes mematuhinya. Dia menanyai Barnes, lalu mengirimnya mengamuk untuk menutupi pelariannya sendiri. Rogers menghentikan Barnes dan menyelinap pergi. Ketika Barnes mendapatkan kembali akal sehatnya, dia menjelaskan bahwa Zemo adalah pengebom Wina yang sebenarnya dan ia menginginkan lokasi markas Hydra di Siberia, tempat "Tentara Musim Dingin" yang dicuci otaknya disimpan dalam keadaan mati suri. Karena tidak mau menunggu otorisasi untuk menangkap Zemo, Rogers dan Wilson mengabaikan Kesepakatan, dan merekrut Maximoff, Clint Barton, dan Scott Lang untuk tujuan mereka. Dengan izin Ross, Stark mengumpulkan tim yang terdiri dari Romanoff, T'Challa, Rhodes, Vision, dan Peter Parker untuk menangkap para pemberontak. Tim Stark mencegat kelompok Rogers di Bandara Leipzig/Halle, di mana mereka bertarung sampai Romanoff membiarkan Rogers dan Barnes melarikan diri. Sisa tim Rogers ditangkap dan ditahan di penjara Raft, sementara Rhodes sebagian lumpuh setelah ditelantarkan secara tidak sengaja oleh Vision, dan Romanoff pergi ke pengasingan.

Stark menemukan bukti bahwa Barnes diperalat oleh Zemo dan meyakinkan Wilson untuk memberi tahu tujuan Rogers. Tanpa memberi tahu Ross, Stark pergi ke fasilitas Siberia Hydra dan melakukan gencatan senjata dengan Rogers dan Barnes, tanpa menyadari bahwa mereka diam-diam diikuti oleh T'Challa. Mereka menemukan bahwa tentara super lainnya telah dibunuh oleh Zemo, yang kemudian menunjukkan rekaman kepada mereka yang mengungkapkan bahwa mobil yang telah dicegat Barnes pada tahun 1991 berisi orang tua Stark, yang kemudian dibunuh oleh Barnes. Marah karena Rogers merahasiakan ini darinya, Stark menyerang Rogers dan Barnes. Setelah pertarungan sengit, Stark menghancurkan tangan logam Barnes dan Rogers akhirnya berhasil melumpuhkan armor Stark dan pergi bersama Barnes, meninggalkan perisainya. Puas bahwa dia telah membalaskan kematian keluarganya di Sokovia dari tindakan Avengers dengan memecah belah Avengers, Zemo mencoba untuk bunuh diri, namun dia dihentikan oleh T'Challa dan dibawa ke pihak berwenang.

Pada akhir cerita, Stark memberikan Rhodes alat untuk memungkinkannya berjalan lagi, sementara Rogers membebaskan sekutunya dari Raft. Dalam adegan di pertengahan kredit, Barnes, yang diberi suaka di Wakanda, memilih untuk kembali tidur kriogenik sampai obat untuk pencucian otaknya ditemukan. Dalam adegan pasca-kredit, Parker menguji gadget baru yang dibuat oleh Stark.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2014, Anthony & Joe Russo mengkonfirmasi bahwa mereka telah menandatangani kontrak untuk kembali sebagai sutradara untuk film Captain America ketiga, bersama dengan Chris Evans sebagai Captain America, Kevin Feige sebagai produser, dan Christopher Markus dan Stephen McFeely sebagai penulis skenario.[1][2] Markus dan McFeely telah mengerjakan skenario sejak akhir 2013,[3] sementara Russo bersaudara mulai bekerja pada bulan Februari 2014.[4][5] Pengangkatan kembali sutradara, tiga bulan sebelum rilis Captain America: The Winter Soldier, disebabkan eksekutif Marvel terkesan dengan pemutaran uji film tersebut.[1]

Pada bulan Agustus 2014, kedua Russo menyatakan bahwa film tersebut akan berlatar waktu "beberapa tahun" setelah Captain America: The Winter Soldier, dan akan terus fokus pada hubungan Steve Rogers dengan Bucky Barnes serta tema politik yang terkait dengan Captain America. Anthony menyatakan, "Karakter itu diciptakan untuk tujuan politik yang eksplisit, jadi sulit untuk melepaskan diri dari sifat itu." Russo bersaudara juga mengatakan bahwa mereka akan "membawa beberapa elemen baru ke film yang akan memberi kita twist pada Winter Soldier",[6] dan mengindikasikan bahwa pembuatan film dijadwalkan dimulai di Atlanta. Mereka menggambarkan diri mereka sebagai "gembira" dengan draf pertama naskah yang diajukan oleh Markus dan McFeely, dan juga menyatakan bahwa judul film akan diumumkan "paling lama sebulan", dan bahwa konsep dan judul untuk film tersebut datang dari Feige, yang memilikinya "dalam beberapa waktu ke belakang".[4][7] Pada bulan September, Joe memperluas dengan mengatakan bahwa film tersebut akan memiliki "gagasan besar lain yang mengubah alam semesta secara keseluruhan dengan cara tertentu" serupa dengan S.H.I.E.L.D. jatuh di The Winter Soldier. Sisa film, seperti karakter, cerita, dan nada, akan dibiarkan terbuka terhadap interpretasi Russo dan penulis.[7]

Pra-produksi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2014, Robert Downey Jr telah memasuki negosiasi akhir untuk mengulang perannya sebagai Tony Stark / Iron Man dalam film tersebut. Downey ditambahkan agar film tersebut dapat menyesuaikan alur cerita buku komik tahun 2006–07 "Civil War" yang ditulis oleh Mark Millar, yang mengadu Iron Man melawan Captain America.[8] Pada akhir bulan, dikonfirmasi bahwa Sebastian Stan akan kembali sebagai Bucky Barnes / Winter Soldier.[9] Beberapa hari kemudian, Marvel mengungkapkan bahwa film tersebut akan diberi judul Captain America: Civil War, yang mengkonfirmasi penampilan Downey dan mengumumkan bahwa Chadwick Boseman akan muncul dalam film tersebut sebagai Black Panther sebelum muncul dalam film solonya sendiri.[10][11][12] Feige juga menegaskan bahwa film tersebut akan menjadi film pertama dalam Fase Tiga MCU.[13] Anthony Russo menyatakan bahwa mengadaptasi alur cerita "Civil War" bukanlah alur cerita dan arahan yang diinginkan untuk film tersebut ketika Russo bersaudara awalnya setuju untuk kembali menjadi sutradara.[14] Markus mengembangkan hal ini, dengan mengatakan bahwa konsep asli untuk film Captain America yang ketiga "tidak pernah menjadi draf", dengan Feige pada suatu saat memberi tahu tim penulis untuk mulai mengadaptasi "Civil War" di seputar ide awal mereka. McFeely juga menambahkan bahwa, terlepas dari pergeseran arah film, "Tema sentral, bahkan cara Zemo beroperasi, berasal dari iterasi [awal] itu."[15] Russo bersaudara mengungkapkan bahwa, apabila negosiasi dengan Downey untuk tampil di film tersebut gagal, mereka akan menggunakan alur cerita Madbomb dari komik Captain America, yang pada akhirnya dijadikan bagian dari cerita musim pertama serial televisi Agent Carter. Premis untuk film ini akan berpusat pada Zemo yang meledakkan Madbomb, yang akan "mengubah gerombolan orang menjadi pengamuk" untuk menghadirkan ancaman fisik kepada Captain America, sementara masih saling mengadu para pahlawan, karena beberapa akan terpengaruh oleh Madbomb, untuk memuaskan "komponen emosional" untuk film ini.[16]

McFeely mengatakan bahwa gagasan untuk membuat film berdasarkan "Civil War" sejak lama sekali-sekali dipertimbangkan di Marvel Studios, menjelaskan, "ini adalah tantangan untuk melakukannya dan memastikan bahwa semua karakter yang telah kita diciptakan, dan semua orang yang ada di MCU dilayani dan benar. Karena ada perbedaan antara karakter dalam "Civil War", yang ditulis pada tahun 2006, 2007. MCU tidak ada [ketika itu ditulis]. Belum ada Robert Downey, Jr atau Chris Evans yang telah membantu menciptakan karakter sehingga kita perlu memastikan agar templat itu disesuaikan."[17] Joe Russo menambahkan bahwa "esensi" yang "Civil War" gunakan, seperti "konsep pendaftaran, gagasan bahwa pahlawan perlu dimonitor atau dikendalikan karena kekuatan mereka dapat menakutkan" masih bisa diterapkan. Anthony Russo memperluas, "dengan banyak cara [pendaftaran pahlawan super] bisa menjadi isu politik, dan kami tidak ingin konflik film hanya ada pada tingkat itu. Kami ingin mengetahui alasan-alasan yang sangat pribadi mengapa hubungan setiap orang dengan gagasan pendaftaran ini akan menjadi rumit. Itulah yang hubungan antara Steve dan Bucky memungkinkan kita untuk melakukannya, untuk menjadikan sangat pribadi dalam hal mengapa orang memilih satu atau yang lainnya."[18] Produser eksekutif Nate Moore menambahkan bahwa "rasanya sudah saat yang tepat" untuk mengadaptasi "Civil War" mengingat The Avengers, ditambah banyak film Fase Dua (Thor: The Dark World, The Winter Soldier, dan Avengers: Age of Ultron), semuanya menangani "pengalaman akhir dunia. Kami merasa seperti kita harus menceritakan langkah selanjutnya dalam cerita itu, yaitu ... apa reaksi dunia?"[19]

Pada bulan November 2014, Daniel Brühl bergabung dengan pemeran dalam peran yang tidak disebutkan,[20] sementara Anthony Mackie dan Frank Grillo dipastikan kembali masing-masing sebagai Sam Wilson / Falcon dan Brock Rumlow / Crossbones.[20][21] Setelah komputer Sony Pictures diretas pada November 2014, email antara co-ketua Sony Pictures Entertainment Amy Pascal dan presiden Doug Belgrad dirilis yang menyatakan bahwa Marvel ingin memasukkan Spider-Man (yang hak filmnya dilisensikan ke Sony) di film tersebut, namun pembicaraan antara studio mengenai hal ini diyakini telah gagal.[22] Namun, pada bulan Februari 2015, Sony Pictures dan Marvel Studios mencapai kesepakatan lisensi untuk penggunaan Spider-Man dalam sebuah film MCU,[23] dan laporan menunjukkan bahwa karakter tersebut memang akan muncul dalam Civil War.[24][25] Russo bersaudara menyatakan bahwa mereka melobi selama berbulan-bulan untuk memasukkan karakter tersebut ke dalam film tersebut.[26] Pada bulan Januari 2015, Mackie mengungkapkan bahwa, selain Atlanta, lokasi pembuatan film mencakup Puerto Rico dan Berlin,[27] sementara Russo bersaudara mengkonfirmasi bahwa Scarlett Johansson akan kembali ke film tersebut sebagai Natasha Romanoff / Black Widow.[28] Editor Jeffrey Ford, yang bekerja di The Winter Soldier, juga menandatangani kontrak untuk Civil War.[29] Pada bulan Maret 2015, Jeremy Renner terungkap akan mengulangi perannya sebagai Clint Barton / Hawkeye.[30] Sebulan berikutnya, terungkap bahwa film tersebut akan dikonversi menjadi 3D dalam pasca produksi,[31] dan bahwa Brühl akan bermain sebagai Helmut Zemo.[32] Selain itu, Elizabeth Olsen mengungkapkan bahwa dia akan kembali dalam film tersebut sebagai Wanda Maximoff / Scarlet Witch.[33]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kroll, Justin (21 Januari 2014). "'Captain America 3′ Takes Shape at Marvel (Exclusive)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Januari 2014. Diakses tanggal 21 Januari 2014. 
  2. ^ Weintraub, Steve (11 Maret 2014). "Directors Joe & Anthony Russo Confirm They'll Direct Captain America 3; Say They're Breaking the Story Now with Screenwriters Christopher Markus & Stephen McFeely". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Maret 2014. Diakses tanggal 14 Maret 2014. 
  3. ^ Weinraub, Steve (7 April 2014). "Screenwriters Christopher Markus and Stephen McFeely Talk Captain America 3; Reveal They've Been Working on it Since Late 2013". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 April 2014. Diakses tanggal 7 April 2014. 
  4. ^ a b Chitwood, Adam (27 Agustus 2014). "CAPTAIN AMERICA 3 Directors Joe and Anthony Russo Talk Filming Dates, the Title, the Evolution of the Script, Marvel's Involvement, Hawkeye, and More". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Agustus 2014. Diakses tanggal 27 Agustus 2014. 
  5. ^ Goldman, Eric (27 Agustus 2014). "Captain America 3 Directors On Making Sure The Next Sequel Offers Surprises". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Agustus 2014. Diakses tanggal 27 Agustus 2014. 
  6. ^ Watkins, Gwynne (5 Agustus 2014). "Exclusive: The Russo Brothers Tell Yahoo Movies What They've Got In Store for 'Captain America 3'". Yahoo!. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2015. Diakses tanggal 5 Agustus 2014. 
  7. ^ a b Bibbiani, William (9 September 2014). "The Russo Brothers on Captain America 2 & Captain America 3". CraveOnline. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September 2014. Diakses tanggal 12 September 2014. 
  8. ^ Graser, Marc (13 Oktober 2014). "Robert Downey Jr. to Join 'Captain America 3' (Exclusive)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Oktober 2014. Diakses tanggal 13 Oktober 2014. 
  9. ^ Fleming, Jr., Mike (24 Oktober 2014). "Sebastian Stan Joins 'The Martian' And 'Ricki and the Flash'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Oktober 2014. Diakses tanggal 30 Oktober 2014. 
  10. ^ Strom, Marc (28 Oktober 2014). "Marvel Pits Captain America & Iron Man in a Cinematic Civil War". marvel.com. Marvel Comics. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Oktober 2014. Diakses tanggal 28 Oktober 2014. 
  11. ^ Siegel, Lucas (28 Oktober 2014). "Marvel Announces Black Panther, Captain Marvel, Inhumans, Avengers: Infinity War Films, Cap & Thor 3 Subtitles". Newsarama. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Oktober 2014. Diakses tanggal 28 Oktober 2014. 
  12. ^ Strom, Marc (28 Oktober 2014). "Chadwick Boseman to Star in Marvel's Black Panther". marvel.com. Marvel Comics. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Oktober 2014. Diakses tanggal 28 Oktober 2014. 
  13. ^ Sciretta, Peter (28 Oktober 2014). "Watch: All Of Your Marvel Phase 3 Questions Answered By Marvel Head Kevin Feige". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Oktober 2014. Diakses tanggal 30 Oktober 2014. 
  14. ^ Thompson, Simon (16 Maret 2016). "Russo Brothers Talk 'Captain America: Civil War', Their Plans for Spider-Man And Post-Credits Scenes". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Maret 2016. Diakses tanggal 16 Maret 2016. 
  15. ^ Sampson, Mike (11 April 2016). "'Captain America: Civil War' Was Originally Not a 'Civil War' Movie". Screen Crush. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2016. Diakses tanggal 11 April 2016. 
  16. ^ Breznican, Anthony (25 Agustus 2016). "Russo brothers reveal Captain America: Civil War was almost a 'zombie' movie". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Agustus 2016. Diakses tanggal 25 Agustus 2016. 
  17. ^ O'Brien, Lucy; Goldman, Eric (14 Januari 2015). "Captain America Screenwriters Talk Civil War And Adapting The Comic". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Januari 2015. Diakses tanggal 15 Januari 2015. 
  18. ^ Hewitt, Chris (25 November 2015). "Captain America: Civil War trailer breakdown". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 November 2015. Diakses tanggal 25 November 2015. 
  19. ^ Davis, Erik (7 Maret 2016). "'Captain America: Civil War' Set Visit: "This Is the 'Godfather' of Superhero Movies"". Fandango.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Maret 2016. Diakses tanggal 7 Maret 2016. 
  20. ^ a b Fleming, Mike Jr. (14 November 2014). "Daniel Bruhl To Play Villain In 'Captain America: Civil War'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2014. Diakses tanggal 30 Oktober 2014. 
  21. ^ Highfill, Samantha (24 November 2014). "Frank Grillo talks Crossbones' return in 'Captain America: Civil War'". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 November 2014. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  22. ^ Fritz, Ben (9 Desember 2014). "Sony, Marvel Discussed Spider-Man Movie Crossover". The Wall Street Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Desember 2014. Diakses tanggal 9 Desember 2014. 
  23. ^ "Sony Pictures Entertainment Brings Marvel Studios into The Amazing World Of Spider-Man". Marvel.com. 9 Februari 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Februari 2015. Diakses tanggal 10 Februari 2015. 
  24. ^ Fritz, Ben (9 Februari 2015). "Marvel and Sony Reach Deal on Spider-Man Movie Production". The Wall Street Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Februari 2015. Diakses tanggal 11 Februari 2015. 
  25. ^ McNary, David (3 Maret 2015). "Russo Brothers Sign First-Look Deal with Sony". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Maret 2015. Diakses tanggal 3 Maret 2015. 
  26. ^ Cabin, Chris (14 Januari 2016). "'Captain America: Civil War' Directors on Landing Spider-Man, 'Infinity War' Shooting Schedule". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Januari 2016. Diakses tanggal 14 Januari 2016. 
  27. ^ B-96 Chicago (9 Januari 2015). Kevin Costner & Anthony Mackie Talk "Black or White". YouTube. Berlangsung pada 9:45. Diakses tanggal 10 Januari 2015. 
  28. ^ Arrant, Chris (15 Januari 2015). "Captain America: Civil War Directors: Black Widow Will Be Back, More". Newsarama. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Januari 2015. Diakses tanggal 15 Januari 2015. 
  29. ^ Caranicas, Peter (30 Januari 2015). "Below the Line Bookings & Signings". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Oktober 2015. Diakses tanggal 22 September 2015. 
  30. ^ Kit, Borys (6 Maret 2015). "Jeremy Renner Joins Amy Adams in Sci-Fi 'Story of Your Life' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Maret 2015. Diakses tanggal 6 Maret 2015. 
  31. ^ Lang, Brent (13 April 2015). "'Captain America: Civil War' First to Use New Imax/Arri 2D Camera (Exclusive)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 April 2015. Diakses tanggal 13 April 2015. 
  32. ^ Jones, Alice (22 April 2015). "Daniel Brühl: 'When you have success abroad, you become a traitor. Envy is very German'". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Maret 2015. Diakses tanggal 26 April 2015. 
  33. ^ Johnson, Zach (23 April 2015). "Elizabeth Olsen Will Star in Captain America: Civil War!". E!. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 April 2015. Diakses tanggal 23 April 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]