Canwest Canspell National Spelling Bee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Postmedia Canspell National Spelling Bee atau yang sering dikenal dengan Canwest Canspell National Spelling Bee, adalah kompetisi mengeja yang diselenggarakan setiap tahunnya di seluruh Kanada sejak 2005. Kompetisi ini berhubungan dengan Scripps National Spelling Bee, kejuaraan berskala nasional tetapi menyebar ke dunia internasional yang diselenggarakan di Amerika Serikat dan menggunakan kata yang sama dengan sumber yang sama. Kompetisi ini diorganisir oleh Canwest Global Communications, yang menjadi atasan dari 11 dari semua sponsor regional.

Kompetisi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan keterangan tahun 2008, 22 kota dari Kanada, yaitu dari Victoria ke St. John's. Pemenang dari kompetisi regional berhak mengikuti kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan di Ottawa setiap April. Sejak 2005 hingga 2009, semua pemenang dari kompetisi regional langsung mengikuti Scripps National Spelling Bee. Namun, karena krisis ekonomi, hanya pemenang saja yang dikirim pada edisi 2010.

Sejak tahun 2009, nama kompetisi berubah dari CanWest CanSpell National Spelling Bee menjadi Canwest Canspell National Spelling Bee, bersamaan dengan dieliminasinya CamelCase dari tulisan logo Canwest.

Akhir 2010, kompetisi ini dikenal dengan nama Postmedia Canspell National Spelling Bee dikarenakan kebangkrutan Canwest bulan Oktober 2009. Aset dari Canwest dijual ke Shaw Communications (yang juga dikenal dengan Shaw Media) dan Postmedia Network.

Sistem[sunting | sunting sumber]

Kompetisi tingkat nasional menganut sistem lisan, jadi tidak ada putaran menulis.

Media dan kompetisi[sunting | sunting sumber]

Biasanya, kompetisi ini disiarkan oleh saluran televisi yang satu korporasi dengan Canwest, yaitu Global Television Network. Film dokumenter tentang kompetisi ini diproduksi pada tahun 2005, dan disiarkan pada tahun 2007. Versi yang telah disunting juga telah dipublikasikan tahun 2006 dan 2008. Juga tersedia live streaming untuk even ini.

Semua perusahaan surat kabar yang terbit harian dan berkorporasi dengan Canwest mengikuti kompetisi ini, dengan perkecualian The Province di Vancouver, karena perusahaan yang bersangkutan juga mengelola Vancouver Sun. Surat kabar National Post, yang berlokasi di Toronto, menjadi sponsor dan fokus di area nasional, bukan hanya lokal. Uniknya, kompetisi yang dihelat di Hamilton juga disponsori oleh CHCH-TV, juga berkorporasi dengan Canwest, bukan The Hamilton Spectator. Sebelumnya, Hamilton tidak mempunyai sponsor tetap sebelum 2009, dan setelahnya, CHCH dijual kepada Canwest lalu kepada Channel Zero, Inc.. Biasanya, peserta dari Hamilton berkompetisi di Toronto (sejak dulu, terus 2008 berkompetisi di Hamilton dan sejak 2010 pindah lagi ke Toronto).

Sponsor lainnya adalah Winnipeg Free Press, The Telegram di St. John's, The Chronicle Herald di Halifax, The Chronicle-Journal di Thunder Bay, dan The Guardian di Charlottetown.

Merk Saturn dari General Motors adalah salah satu sponsor tetap kompetisi ini sejak 2005 hingga 2006. Saturn mengundurkan diri pada tahun 2007 dan digantikan oleh Canada Post. Sponsor lainnya adalah Air Canada, AIC Limited, Oxford University Press, Museum Kewarganegaraan Kanada, dan satu lagi, Lord Elgin Hotel.

Daftar juara & kata pemenang[sunting | sunting sumber]

Tahun Juara Sponsor Kata pemenang Juara kedua Kata yang salah
2005 Finola Hackett Edmonton Journal otiosity Edwin Ho brucellosis
2006 Finola Hackett Edmonton Journal dghaisa Jennifer Hurd sacaton
2007 Soohyun Park National Post hypobulia Amrit Sampalli moiety
2008 Emma Brownlie Ottawa Citizen hamadryad Cody Wang Croesus
2009 Laura Newcombe National Post heresimach Anna Lawrence rechabite
2010 Laura Newcombe National Post lidar Scott Xiao nomancy
2011 Laura Newcombe 'National Post mycetophagous Veronica Penny hordoleum

Fakta menarik[sunting | sunting sumber]

  • Finola Hackett adalah orang pertama asal Kanada yang melaju ke babak final Scripps National Spelling Bee tahun 2006 dan menjadi juara kedua, lalu diteruskan prestasi itu oleh Nate Gartke tahun selanjutnya.
  • Finola Hackett adalah orang pertama yang memenangkan kompetisi selama dua kali berturut-turut
  • Laura Newcombe bertemu dengan kakaknya, Alexander Newcombe, saat babak final fase regional, lalu dimenangkan oleh Laura (tahun 2009)
  • Kakaknya Laura yang satu lagi, Leslie Newcombe, pernah berkompetisi di ajang ini tahun 2006, tetapi lolos ke babak semifinal dan tidak lolos ke babak final.
  • Kompetisi tahun 2009 adalah yang terpanjang sepanjang sejarah, dengan menyisakan 52 putaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]