Cancor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cancor (+771) merupakan Comte Hesbaye. Ayahandanya adalah Robert I dari Hesbaye dan istrinya Williswinda.

Pada tahun 764, Cancor mendirikan Biara Lorsch bersama dengan ibundanya Williswinda sebagai Gereja Properti dan biara di wilayah mereka, Laurissa (Lorsch). Mereka mempercayakan pemerintahan wilayah tersebut kepada sepupu Cancor, Chrodegang, Uskup Metz, putra bibi Cancor, Landrada. Chrodegang mempersembahkan gereja dan biara itu kepada Simon Petrus dan menjadi kepala biaranya yang pertama. Para pendiri baru memperkaya biara tersebut nantinya dengan sumbangan lebih lanjut.

Pada tahun 766, Chrodegang mengundurkan dirinya sebagai kepala biara Lorsch karena tugas pentingnya yang lain sebagai Uskup Agung Metz. Ia kemudian mengirim saudaranya, Gundeland, seorang keponakan Cancor, ke Lorsch sebagai ahli warisnya.

Menurut sebuah sumber, Cancor diduga memiliki hubungan dengan Wangsa Robertian. Nama ayahandanya mungkin adalah Rodbert, dan Robert II diduga adalah saudaranya atau keponakannya.

Pada tahun 770, Cancor menikahi seorang bangsawan wanita yang bernama Angila yang asal usulnya tidak diketahui. Cancor dan Angila memiliki lima orang anak:

Melalui putranya, Heimrich, Cancor adalah leluhur Poppo I, dan anggota keluarga awal Wangsa Babenberg di Franka.

Cancor digantikan posisinya sebagai Comte Hesbaye oleh saudaranya, Thuringbert.

Sumber[sunting | sunting sumber]