Grand Prix Kanada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Canadian Grand Prix)
Grand Prix Kanada
(Grand Prix du Canada)
Mosport Park (1961–1977)
Sirkuit Mont-Tremblant (1968–1970)
Sirkuit Gilles Villeneuve (1978–sekarang)
Informasi lomba
Jumlah gelaran58
Pertama digelar1961
Terbanyak menang (pembalap)Jerman Michael Schumacher (7)
Britania Raya Lewis Hamilton (7)
Terbanyak menang (konstruktor)Italia Ferrari (14)
Panjang sirkuit4.361 km (2.709 mi)
Jarak tempuh305.270 km (189.694 mi)
Lap70
Balapan terakhir (2023)
Pole position
Podium
Lap tercepat
Podium Grand Prix Kanada 1998.

Grand Prix Kanada (dalam bahasa Inggris: Canadian Grand Prix; dan dalam bahasa Prancis: Grand Prix du Canada) merupakan sebuah acara balapan mobil rutin yang diselenggarakan setiap tahun di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada. Balapan ini merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu. Pertama kali digelar pada tahun 1961,[1] dan kemudian masuk secara resmi ke dalam kalender F1 mulai dari musim 1967. Balapan ini pertama kali dipentaskan di Mosport Park di Bowmanville, Ontario, sebagai sebuah acara balapan mobil sport, sebelum bergantian antara Mosport dan Sirkuit Mont-Tremblant, Quebec, setelah Formula Satu mengambil alih acara balapan tersebut. Setelah tahun 1971, masalah keamanan menyebabkan Grand Prix dipindahkan secara permanen ke Mosport. Pada tahun 1978, setelah masalah keamanan yang serupa dengan Mosport, Grand Prix Kanada dipindahkan ke tuan rumahnya pada saat ini di Sirkuit Gilles Villeneuve di Pulau Notre Dame di Montreal, Quebec.

Pada musim 2005, Grand Prix Kanada merupakan Grand Prix Formula Satu yang paling banyak ditonton di dunia. Perlombaan ini juga merupakan acara olahraga yang ketiga yang paling banyak ditonton di seluruh dunia, setelah peringkat pertama Super Bowl XXXIX dan Final Liga Champions UEFA.[2]

Acara balapan pada tahun 2020 dan 2021 dibatalkan karena pandemi COVID-19.[3][4] Setelah Grand Prix Kanada 2021 dibatalkan, kontraknya diperpanjang hingga musim 2031.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, Grand Prix Kanada adalah salah satu acara balapan utama dari Kejuaraan Mobil Sport Kanada yang baru, sebuah seri yang dibuat bersamaan dengan Grand Prix Kanada di Mosport Park dekat Toronto pada tahun 1961. Mosport Park (yang masih dalam konfigurasi tata letak aslinya) adalah sirkuit yang spektakuler dan menantang[Menurut siapa?] yang mengalami banyak pasang surut; sirkuit ini populer di kalangan pembalap. Beberapa pembalap mobil sport internasional serta pembalap Formula Satu berpartisipasi di dalam acara balapan tersebut. Selama lima tahun pertama, acara balapan tersebut berhasil dimenangkan oleh pembalap yang memiliki pengalaman Formula Satu sebelumnya, atau akan mengikuti kejuaraan setelah memenangkan Grand Prix Kanada. Pada tahun 1966, Canadian-American Challenge Cup menyelenggarakan acara balapan tersebut, dengan Mark Donohue asal Amerika Serikat yang berhasil menjadi pemenangnya.[1] Ajang Formula Satu mengambil alih tahun berikutnya, meskipun CSCC dan seri Can-Am terus berkompetisi di Mosport di ajangnya masing-masing.

Formula Satu[sunting | sunting sumber]

Mosport Park dan Mont-Tremblant[sunting | sunting sumber]

Acara balapan ini diselenggarakan sebagai bagian dari kejuaraan dunia Formula Satu untuk yang pertama kalinya pada tahun 1967; Mosport Park dipilih sebagai tempat acara tersebut. Sirkuit Ontario bergantian dengan Sirkuit Mont-Tremblant di Quebec, tempat diadakannya Grand Prix Kanada pada tahun 1968 dan 1970. Mont-Tremblant, terletak 1 ½ jam di barat laut Montreal, mirip dengan Mosport Park karena merupakan sirkuit spektakuler yang memiliki perubahan ketinggian signifikan dan sangat menantang. Perlombaan kejuaraan yang pertama diadakan di antara putaran Jerman dan Italia pada tanggal 27 Agustus; balapan itu berhasil dimenangkan oleh Jack Brabham, dengan rekan setimnya yang berasal dari negara Selandia Baru, yaitu Denny Hulme, yang berhasil menyelesaikan balapan ini dengan finis di posisi 1–2 untuk tim Brabham.

Pada acara balapan tahun 1968, yang diundur ke akhir bulan September sehingga bisa disandingkan dengan Grand Prix Amerika Serikat di Watkins Glen, pembalap asal Selandia Baru, yaitu Chris Amon, yang kurang beruntung itu memimpin jalannya lomba ini dari awal hingga 17 putaran dari jarak akhir putaran ke-90 ketika girboks mobilnya mengalami kerusakan; tim McLaren finis di posisi 1–2 dengan rekan senegaranya Amon, yaitu Hulme dan Bruce McLaren, yang berhasil meraih penghargaan tertinggi.

Setelah musim 1968, sebuah grup yang dipimpin oleh John Bassett dan sponsor balapan Imperial Tobacco mengembangkan proposal untuk memindahkan Grand Prix dan Trofi Telegram IndyCar berlomba ke sirkuit jalanan baru di Toronto di sepanjang Lake Shore Boulevard dan melalui Tempat Pameran, dengan garis start/finish dan lubang yang ditempatkan di dalam Stadion Pameran.[6][7][8] Bassett membatalkan ide tersebut pada saat RUU tersebut sedang menjalani pembahasan ketiga di hadapan dewan kota Toronto.[9] Ide untuk memindahkan perlombaan ke lokasi perkotaan muncul kembali satu dekade kemudian.

Pada acara balapan tahun 1969 di Mosport Park, pembalap asal Inggris, yaitu Jackie Stewart, naik dari posisi ke-4 untuk memimpin jalannya lomba ini, namun Jacky Ickx melaju dengan cepat, dan Stewart serta Ickx bertarung hingga putaran ke-33, ketika mereka mendapati pembalap yang tertinggal satu putaran, yaitu Al Pease, untuk yang keempat kalinya, Ickx berusaha melewati Stewart, dan kedua mobil bertabrakan. Stewart tidak dapat menjalankan mobil Matra-nya, tetapi Ickx berhasil menjalankan mobil Brabham-nya, dan tetap memimpin jalannya lomba hingga bendera kotak-kotak dikibarkan. Stewart yang marah mengeluh kepada bosnya, yaitu Ken Tyrrell, tentang Pease, yang mengeluh kepada penyelenggara. Pease yang berusia 48 tahun kemudian diberi bendera hitam tanda diskualifikasi setelah menyelesaikan balapan ini kurang dari setengah jumlah putaran yang diselesaikan pemimpin klasemen dalam mobil Eagle-Climax yang sudah ketinggalan zaman, dan menjadi satu-satunya pembalap di dalam sejarah ajang F1 yang didiskualifikasi karena terlalu lambat. Acara balapan pada tahun 1970 melihat Ickx menang lagi, dengan rekan setimnya dari negara Swiss, yaitu Clay Regazzoni, yang berhasil membuat hasil akhir balapan menjadi posisi 1–2 untuk tim Ferrari. Namun, sirkuit Mont-Tremblant tidak digunakan lagi untuk ajang Formula Satu karena adanya masalah keselamatan sehubungan dengan musim dingin yang parah yang berdampak serius pada permukaan trek dan perselisihan dengan otoritas balapan lokal di sana pada tahun 1972. Pergantian tempat balapan dihentikan, dan Mosport menjadi satu-satunya sirkuit yang terus mengadakan Grand Prix Kanada dari tahun 1971.

Mobil McLaren M19C yang dikemudikan oleh Peter Revson usai mengalami kecelakaan. Kecelakaan itu terjadi hanya satu putaran saja setelah ia menetapkan putaran untuk posisi terdepan untuk Grand Prix Kanada 1972.

Balapan pada tahun 1971 menyaksikan Mosport Park dibanjiri hujan dan kabut; acara utama ditunda setelah adanya kecelakaan fatal pada balapan pendukung Formula Ford, dan pada saat dimulai, hujan turun dengan deras. Jackie Stewart berhasil meraih kemenangan dengan mudah bersama dengan tim Tyrrell dari pembalap asal Swedia, yaitu Ronnie Peterson, dari tim March. Untuk balapan pada tahun 1972, Mosport ditingkatkan dengan fitur keselamatan yang baru, dan Stewart berhasil menang lagi. Balapan pada tahun 1973 merupakan balapan yang menarik; seperti balapan pada 2 tahun sebelumnya, acara balapannya diguyur hujan. Pembalap baru asal Austria, yaitu Niki Lauda, dengan membalap untuk tim BRM, memimpin jalannya lomba ini dari Peterson dengan membalap untuk tim Lotus pada putaran ke-3, di mana Lauda memimpin hingga putaran ke-20, ketika dia datang untuk mengganti ban mobil; ada banyak kebingungan setelah François Cevert dan Jody Scheckter bertabrakan pada putaran ke-33 yang menyebabkan selingan pace car yang ceroboh, di mana setelah itu, keadaan menjadi sangat membingungkan karena pace car gagal mengambil pemimpin lomba ini, dan membiarkan pembalap di depan untuk mendapatkan hampir satu putaran. Semua ini berarti bahwa Jackie Oliver dari Inggris memimpin jalannya lomba ini dengan Peter Revson dari Amerika Serikat yang berada di urutan kedua, dan Jean-Pierre Beltoise dari Perancis berada di urutan ketiga. Dari ketiga mobil tersebut, Revson memiliki mobil yang paling kompetitif dan pada akhirnya memimpin jalannya lomba ini, dan terus memimpin jalannya lomba ini sampai ke bendera finis, sementara rekan setim Peterson dari negara Brasil, yaitu Emerson Fittipaldi, berusaha untuk mengejar ketinggalan dan menyalip Oliver dan Beltoise di putaran penutup balapan untuk meraih posisi kedua. Selama berjam-jam setelah balapan, kebingungan terjadi, tetapi akhirnya dipastikan bahwa Revson adalah pemenangnya – berkat keberuntungan ketika pace car keluar. Acara balapan pada tahun 1974 menyaksikan Fittipaldi berhasil menang sementara saingan utamanya untuk memperebutkan gelar kejuaraan dunia, yaitu Clay Regazzoni, menduduki tempat ke-2 dan Jody Scheckter mengalami kecelakaan dengan hebat setelah rem mobil Tyrrell-nya blong. Tidak ada acara balapan pada tahun 1975, dan acara balapan pada tahun 1976 adalah acara balapan dimana pembalap asal Inggris, yaitu James Hunt, mengetahui bahwa 9 poinnya dari Brands Hatch diambil dan dia didiskualifikasi; Hunt berhasil memenangkan acara balapan Grand Prix Kanada pada tahun itu, di mana membalap dengan penuh semangat sepanjang balapan ini.

Grand Prix Kanada 1977 adalah balapan di mana pembalap Perancis-Kanada, yaitu Gilles Villeneuve, melakukan debutnya untuk tim Ferrari. Namun, kekhawatiran tentang keselamatan Mosport Park yang bergelombang muncul ketika pembalap asal Inggris, yaitu Ian Ashley, mengalami kecelakaan parah pada saat dirinya sedang melewati tanjakan yang bergelombang. Hesketh Ashley membalik pagar pembatas Armco dan pergi ke menara televisi. Pembalap Inggris kelahiran Jerman itu terluka parah dan operasi keselamatan untuk menyelamatkannya tidak efisien dan memakan waktu; dan kurangnya keselamatan di Mosport terlihat jelas ketika Jochen Mass kehilangan kendali atas mobil McLaren-nya, dan menabrak pagar pembatas yang hampir rata pada saat terjadi benturan. Jody Scheckter bersama memenangkan perlombaan ini dengan mengendarai mobil Wolf miliknya, tetapi karena masalah keselamatan yang terus berlanjut, proposal baru diajukan. Labatt, sponsor yang memegang hak balapan F1 di negara Kanada pada saat itu, serta pemilik Mosport Park menghidupkan kembali proposal tahun 1968 untuk memindahkan balapan ke Tempat Pameran Toronto setelah FIA menganggap Mosport sebagai sebuah fasilitas tuan rumah yang tidak cocok di masa depan.[10] Dewan kota Toronto menolak proposal tersebut dengan selisih dua suara, dan dalam beberapa jam, walikota Montreal pada saat itu, yaitu Jean Drapeau, telah bernegosiasi dengan Labatt untuk memindahkan perlombaan ini secara permanen ke kota Montreal.[11][12][7] Percobaan ketiga pada perlombaan Toronto pada akhirnya membuahkan hasil, dengan bersaingnya pembuat bir asal Kanada, yaitu Molson, pada tahun 1986, sebagai Molson Indy Toronto, yang merupakan bagian dari Seri Dunia Mobil Indy.[13][14]

Sebuah rencana segera disusun untuk mengembangkan trek yang disebut Sirkuit Île Notre Dame di sebuah pulau buatan di tengah laut St. Lawrence yang pernah menjadi lokasi Expo '67 yang terkenal; jalan-jalan tertentu di pulau itu digabungkan dan dimodifikasi, dan kemudian fasilitas pit dibangun untuk dijadikan trek balapan sementara. Grand Prix Kanada pertama kali diadakan di sana pada tahun 1978 dan terus diadakan di sana sejak saat itu, dengan pengecualian empat tahun, ketika acara balapan tersebut dibatalkan.

Montreal[sunting | sunting sumber]

Pemenang balapan yang pertama di Montreal adalah penduduk asli Quebec, yaitu Villeneuve, dengan mengendarai mobil Ferrari. Pada tahun 1979, terjadi modifikasi tata letak sirkuit agar menjadi lebih cepat, dan Alan Jones dari negara Australia berhasil menang, dan dia kemudian berhasil memenangkan balapan pada tahun 1980 dan gelar Kejuaraan Dunia Pembalap pada tahun itu. Grand Prix Kanada 1980 juga menyaksikan tumpukan di garis start yang besar, dengan melibatkan rival utama Jones dalam memperebutkan gelar kejuaraan dunia, yaitu pembalap asal Brasil Nelson Piquet, setelah dia dan Jones bertabrakan pada saat memasuki tikungan Droit du Casino yang sangat cepat. Piquet melompat ke mobil cadangannya dengan mesin kualifikasi yang lebih bertenaga; tetapi mesinnya meledak dan Piquet mundur dari balapan. Musim dan karier balapan F1 pembalap asal Perancis, yaitu Jean-Pierre Jabouille, berakhir setelah ia menabrakkan mobil Renault-nya ke dinding pembatas ban. Kakinya patah parah; butuh waktu selama berbulan-bulan bagi pria asal Perancis yang jangkung itu untuk bisa pulih. Balapan pada tahun 1981 menyaksikan balapan yang diguyur hujan di mana menjelang akhir balapan, Villeneuve mendemonstrasikan keterampilan mengendalikan mobilnya ketika sayap depan mobil Ferrari-nya miring karena mengalami kecelakaan, dan dia melaju ke posisi ketiga dengan mobil dalam kondisi ini. Pembalap asal Perancis, yaitu Jacques Laffite, berhasil meraih kemenangan terakhirnya di dalam ajang F1, diikuti oleh pembalap asal Inggris, yaitu John Watson, dan Villeneuve.

Tanda Salut Gilles di atas trek Sirkuit Gilles Villeneuve. Pembalap kelahiran Quebec, yaitu Gilles Villeneuve, berhasil memenangkan Grand Prix Kanada 1978.

Villeneuve meninggal dunia pada tahun 1982 pada putaran terakhir kualifikasinya untuk Grand Prix Belgia. Beberapa minggu setelah kematiannya, arena balap di Montreal berganti nama menjadi Sirkuit Gilles Villeneuve menurut namanya. Gilles Villeneuve adalah salah satu orang pertama yang dilantik ke dalam Hall of Fame Motorsport Kanada, dan sejauh ini merupakan satu-satunya pemenang Grand Prix Formula Satu Kanada yang berasal dari negara Kanada. Grand Prix Kanada 1982 adalah balapan yang diselimuti peristiwa tragis, dibayangi kematian Villeneuve sebulan sebelumnya. Terjadi kecelakaan lain ketika rekan setim Villeneuve, yaitu Didier Pironi, terhenti di depan grid. Pertama, Raul Boesel menghantam kendaraan yang tidak bergerak, lalu Riccardo Paletti menabrak bagian belakang mobil Ferrari milik Pironi, dengan kecepatan lebih dari 180 km/h (110 mph). Pironi dan dokter F1, yaitu Sid Watkins, datang untuk membantu Paletti untuk mencoba mengeluarkannya dari mobilnya, yang sempat terbakar. Setengah jam kemudian, Paletti yang berusia 23 tahun dievakuasi dan diterbangkan ke rumah sakit terdekat, di mana ia meninggal dunia karena luka-lukanya. Nelson Piquet berhasil memenangkan perlombaan ini dengan mengendarai mobil Brabham miliknya. Balapan pada tahun 1982 juga penting karena perlombaan ini dipindahkan dari bulan Oktober ke bulan Juni, dan sejak saat itu, acara balapan ini selalu diadakan paling cepat pada awal bulan Juni.

Pada tahun 1983, pembalap asal Perancis, yaitu René Arnoux, berhasil mencetak kemenangan balapan pertamanya sebagai pembalap Ferrari, dan pada tahun berikutnya, Piquet berhasil menang lagi dengan mengendarai mobil Brabham bertenaga BMW. Balapan pada tahun 1985 menyaksikan tim Ferrari finis di posisi 1–2, dengan pembalap asal Italia, yaitu Michele Alboreto, dan pembalap asal Swedia, yaitu Stefan Johansson, yang berhasil meraih penghargaan tertinggi dari pembalap asal Perancis, yaitu Alain Prost, sementara tim Lotus mendapatkan lock-out terakhir mereka di barisan depan setelah Elio de Angelis dan Ayrton Senna memulai balapan ini dari posisi 1–2. Grand Prix Kanada 1986 adalah perlombaan yang kompetitif. Pembalap asal Finlandia, yaitu Keke Rosberg, dengan membalap untuk tim McLaren, menerobos grid, mengejar dan kemudian melewati pemimpin balapan ini, yaitu pembalap asal Inggris Nigel Mansell. Namun, Rosberg, seperti para pembalap terdepan yang lainnya, menemui masalah, sehingga menguntungkan Mansell yang kemudian berhasil memenangi balapan. Pada musim 1987, perlombaan ini tidak diadakan karena adanya perselisihan sponsorship antara dua pabrik bir lokal, yaitu Labatt dan Molson.[15] Selama istirahat, lintasan diubah, dan garis start dipindahkan ke posisinya yang sekarang.

Ayrton Senna merayakan kemenangannya di Grand Prix Kanada 1988 bersama dengan Alain Prost dan Thierry Boutsen.

Grand Prix Kanada 1988 menyaksikan Ayrton Senna dari negara Brasil berhasil meraih kemenangan dalam mobil McLaren MP4/4 yang menaklukkan segalanya dengan mesin turbo Honda, dan pada tahun berikutnya, ia hampir berhasil menang lagi, namun mesin Honda di mobil McLaren-nya mengalami kegagalan, dan pembalap asal Belgia, yaitu Thierry Boutsen, berhasil meraih kemenangan, yang merupakan kemenangan yang pertama didalam karier F1-nya. Pada tahun 1990, sama seperti pada tahun sebelumnya, merupakan tahun yang diguyur hujan, dan terjadi sejumlah kecelakaan; Senna kembali berhasil menang lagi. Balapan pada tahun 1991 menyaksikan akhir yang dramatis, di mana pembalap Williams, yaitu Nigel Mansell, mengalami kegagalan pada putaran terakhir hanya beberapa tikungan saja dari garis finis; Nelson Piquet berhasil meraih kemenangan F1 yang ke-23 dan terakhirnya bersama dengan tim Benetton. Gerhard Berger dari negara Austria berhasil memenangkan acara balapan ini pada tahun 1992 setelah Mansell yang tampil secara dominan berputar setelah bertabrakan dengan rekan setim Berger, yaitu Senna.

Jean Alesi di Grand Prix Kanada 1995.

Alain Prost berhasil memenangkan acara balapan ini pada tahun 1993 sambil menangkis dorongan semangat dari Senna, dan sebagai respon terhadap tragedi Imola, acara balapan pada tahun 1994 menyaksikan kurva Droit du Casino yang sangat cepat berubah menjadi sebuah tikungan yang tajam. Michael Schumacher dari negara Jerman berhasil memenangkan acara balapan ini. Pembalap Ferrari, yaitu Jean Alesi, berhasil memenangkan edisi musim 1995, yang terjadi pada ulang tahunnya yang ke-31, dan merupakan satu-satunya kemenangan di dalam kariernya. Alesi mewarisi keunggulan ketika Michael Schumacher masuk ke dalam pit karena mobilnya mengalami masalah kelistrikan, dan hidrolik mobil Damon Hill juga mengalami kerusakan. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan yang populer bagi Alesi, terutama setelah beberapa kali berkendara tanpa imbalan pada tahun sebelumnya, yaitu di Italia. Kemenangan Alesi di Montreal dipilih sebagai kemenangan balapan yang paling populer pasa musim ini oleh banyak orang, karena itu adalah mobil Ferrari nomor 27—yang pernah menjadi milik Gilles Villeneuve yang terkenal di Grand Prix rumahnya yang sangat dicintai olehnya. Schumacher memberi Alesi tumpangan untuk kembali lagi ke dalam pit setelah mobil Alesi kehabisan bahan bakar sesaat sebelum Pits Hairpin.

Perlombaan Grand Prix Kanada semakin penting pada saat ini; berakhirnya Grand Prix di Detroit, Phoenix, dan Kota Meksiko berarti bahwa ini adalah satu-satunya putaran Grand Prix Amerika Utara sejak tahun 1993, dan akan terus menjadi satu-satunya putaran di kawasan Amerika Utara hingga tahun 2000, dan lagi dari tahun 2008 hingga 2011 setelah berakhirnya Grand Prix Amerika Serikat, kali ini di Indianapolis. Balapan itu juga merupakan salah satu dari dua balapan di seluruh benua Amerika, yang lainnya adalah Grand Prix Brasil, meskipun Grand Prix Argentina telah kembali berlangsung selama 4 tahun yang singkat dari tahun 1995 hingga 1998.

Pada balapan tahun 1996, tikungan Kasino dihilangkan dan tata letaknya diubah; laju dari jepit rambut di bagian bawah sirkuit diubah menjadi trek lurus. Pembalap asal Inggris, yaitu Damon Hill, berhasil memenangkan acara balapan ini, dan balapan pada musim 1997 dihentikan lebih awal karena terjadi kecelakaan yang melibatkan Olivier Panis. Dia absen selama sembilan balapan, dan beberapa orang melihatnya sebagai titik balik dalam karier pemenang Grand Prix Monako 1996 ini. Balapan dari tahun 1997 hingga 2004 (kecuali pada musim 1999 dan 2001) menyaksikan kemenangan Michael Schumacher, semuanya di dalam mobil Ferrari. Balapan pada tahun 1999 menyaksikan pembalap asal Finlandia, yaitu Mika Häkkinen, berhasil menang, dan di Grand Prix Kanada 2001, ada saudara kandung yang pertama yang berhasil finis di posisi 1–2 di dalam sejarah ajang Formula 1, yaitu Ralf dan Michael Schumacher yang menduduki posisi puncak podium. Schumacher bersaudara juga finis dengan hasil akhir posisi 1–2 di edisi musim 2003, di mana balapan pada tahun 2001 juga terkenal karena Jean Alesi meraih hasil terbaik bagi tim Prost pada musim ini; di mana ia merayakan tempat kelimanya dengan melakukan beberapa selebrasi donat di dalam kendaraannya, dan melemparkan helmnya ke kerumunan.

Lewis Hamilton dan Fernando Alonso selama Grand Prix Kanada 2007.

Balapan pada musim 2007 adalah tempat kemenangan yang pertama bagi rookie Lewis Hamilton. Pada putaran ke-67, Takuma Sato berhasil menyalip pembalap McLaren-Mercedes, yaitu Fernando Alonso, untuk bersorak di sekitar sirkuit, tepat setelah menyalip Ralf Schumacher dan menyalip Kimi Räikkönen dari tim Ferrari di awal jalannya balapan.[16] Perlombaan tersebut memperlihatkan Sato berpindah dari barisan tengah grid ke posisi paling belakang, dan naik ke posisi kelima, sebelum kesalahan pit-stop menyebabkan dia kembali ke posisi kesebelas. Sato memperebutkan 5 tempat di lapangan dalam 15 putaran terakhir untuk finis di posisi keenam. Sato terpilih sebagai "Driver of the Day" di situs ITV atas kemenangan pertama Lewis Hamilton. Perlombaan tersebut juga menampilkan kecelakaan mengerikan yang melibatkan Robert Kubica (yang kemudian berhasil memenangkan perlombaan ini pada musim berikutnya, sehingga menjadi satu-satunya kecelakaan yang dia alami di dalam ajang F1).

Absen pada musim 2009[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 7 Oktober 2008, Grand Prix Kanada dikeluarkan dari kalender Formula Satu musim 2009, yang membuat balapan di kota Montreal tidak dimasukkan dalam daftar untuk yang pertama kalinya sejak musim 1987.[17] Sejak Grand Prix Amerika Serikat dibatalkan setelah tahun 2007, hal ini berarti bahwa pada tahun 2009, tidak ada balapan Formula Satu yang diadakan di kawasan Amerika Utara untuk yang pertama kalinya sejak tahun 1958[18] (balapan di Amerika Serikat, yaitu Indianapolis 500, menjadi bagian dari Kejuaraan Pembalap Dunia FIA dari tahun 1950 hingga 1960, tetapi tidak mengikuti peraturan Formula Satu, dan sangat jarang diikutsertakan oleh pembalap reguler di kejuaraan dunia).

Selama Grand Prix Australia, muncul sebuah laporan yang menyebutkan bahwa Grand Prix Kanada dapat kembali lagi diadakan pada musim 2009, jika sirkuit balapan di Abu Dhabi tidak siap tepat pada waktunya.[19] Pada tanggal 26 April 2009, Speed melaporkan bahwa Bernie Ecclestone yang mengatakan bahwa FIA sedang menegosiasikan kembalinya Grand Prix Kanada untuk musim 2010, asalkan peningkatan sirkuit telah selesai.

Pada tanggal 29 Agustus 2009, BBC melaporkan jadwal sementara untuk musim 2010, yang mana Grand Prix Kanada dan Inggris ditandai sebagai "sementara". GP Kanada sedianya dijadwalkan pada tanggal 6 Juni.[20] Grand Prix Kanada 2010 pada akhirnya diselenggarakan di kota Montreal pada tanggal 13 Juni 2010.[21] Pada tanggal 27 November 2009, pejabat Quebec dan penyelenggara Grand Prix Kanada secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Administrasi Formula Satu, dan menandatangani kontrak yang baru yang berdurasi selama lima tahun, yang mencakup musim 2010-2014.[22] Berdasarkan perjanjian yang berlangsung selama lima tahun tersebut, pemerintah membayar sebesar 15 juta dolar Kanada per tahun untuk menjadi tuan rumah perlombaan tersebut, jauh lebih sedikit dari 35 juta dolar Kanada per tahun yang pada awalnya diminta oleh Ecclestone.[23]

2010-sekarang[sunting | sunting sumber]
Start balapan Grand Prix Kanada 2011. Balapan tersebut merupakan balapan F1 yang terpanjang hingga saat ini karena hujan badai.

Grand Prix Kanada 2011 menjadi balapan Formula Satu yang terlama hingga saat ini; hujan badai menunda balapan ini selama berjam-jam; tetapi ketika balapan itu kembali dilanjutkan lagi, pembalap asal Inggris, yaitu Jenson Button, menyerbu seisi lapangan dari posisi terakhir setelah start ulang pada putaran ke-41, dan mengejar pemimpin balapan ini, yaitu pembalap asal Jerman Sebastian Vettel; yang kemudian berhasil dia paksa untuk melakukan kesalahan, melewati pembalap Red Bull tersebut, dan pembalap asal Inggris itu berhasil meraih kemenangan, dalam apa yang dia gambarkan sebagai "balapan terbaik saya".[24] Grand Prix Kanada 2013 menampilkan Vettel mendominasi jalannya balapan ini dengan mengendarai mobil Red Bull milik-nya, tetapi juga merupakan kematian terkait Formula Satu yang pertama dalam 12 tahun. Seorang marshal di lintasan yang berusia tiga puluh delapan tahun, yaitu Mark Robinson, ditabrak oleh kendaraan pemulihan, dan kecelakaan itu terjadi pada saat para marshal sedang mengeluarkan mobil Sauber milik Esteban Gutiérrez setelah sebelumnya pembalap asal Meksiko itu terpelintir pada tahap penutupan lomba. Robinson kemudian meninggal dunia di rumah sakit, dan menjadi kematian di sisi trek yang pertama di dalam sejarah ajang Formula Satu sejak kematian seorang marshal yang bernama Graham Beveridge di Grand Prix Australia 2001.

Satwa liar[sunting | sunting sumber]

Pada minggu-minggu menjelang Grand Prix, pejabat kota menjebak sebanyak mungkin groundhog di dalam dan sekitar arena balapan, dan mengangkut hewan-hewan tersebut ke Île Ste-Helene yang berdekatan.[25] Meskipun demikian, pada tahun 1990, Alessandro Nannini menabrak seekor gopher di lintasan yang menyebabkan bannya rusak. Pada tahun 2007, seekor groundhog mengganggu sesi latihan bebas yang sedang dijalani oleh Ralf Schumacher. Pada hari perlombaan itu sendiri, Anthony Davidson berada di posisi ketiga sampai dia menabrak seekor groundhog, yang pada awalnya dianggap sebagai berang-berang, yang memaksanya untuk masuk ke dalam pit dan memperbaiki kerusakan pada sayap depan mobilnya. Pada tahun 2008, seekor groundhog melintasi trek di hairpin pada sesi latihan bebas ke-2, tetapi untungnya tidak mengganggu jalannya sesi tersebut. Pada tahun 2018, Romain Grosjean menabrak seekor groundhog pada sesi latihan bebas ke-2 menjelang tikungan ke-13, sehingga merusak sayap depan mobilnya. Pada tahun 2022, Nicholas Latifi juga menabrak seekor groundhog pada sesi latihan bebas ketiga di zona pengereman di tikungan ke-8.

Wall of Champions[sunting | sunting sumber]

Slogan Bienvenue au Québec di "Wall of Champions".

Tikungan terakhir Sirkuit Gilles Villeneuve menjadi terkenal karena kecelakaan yang melibatkan mantan Juara Dunia. Pada tahun 1999, Damon Hill, Michael Schumacher, dan Jacques Villeneuve, semuanya menabrak tembok yang sama yang memiliki slogan Bienvenue au Québec (dalam bahasa Indonesia: Selamat Datang di Quebec). Ironisnya, tembok itu dikenal sebagai "Wall of Champions". Tembok itu juga terlibat dalam kecelakaan dengan Ricardo Zonta, yang pada saat itu adalah juara bertahan dari balapan mobil sport FIA GT. Dalam beberapa tahun terakhir, Juara CART Juan Pablo Montoya, Juara Formula Renault 3.5 Carlos Sainz Jr., dan Juara Dunia Formula Satu musim 2009 Jenson Button juga telah menjadi korban dari tembok ini. Pada sesi latihan bebas hari Jumat di tahun 2011, tembok itu mengklaim Juara Dunia F1 sebanyak 4 kali, yakni Sebastian Vettel.[26] Selama berlangsungnya sesi Q2 di Grand Prix Kanada 2019, tembok tersebut mengklaim mantan juara Formula Renault 3.5 yang lainnya, yaitu Kevin Magnussen, meskipun ia berhasil lolos dari cedera serius.[27]

Sebelum tembok tersebut diberi nama, tembok tersebut juga memakan korban seperti Juara Dunia Sportscars musim 1992 dan pembalap lama F1, yaitu Derek Warwick, yang secara spektakuler menabrakkan mobil Arrows-Megatron-nya selama berlangsungnya sesi kualifikasi untuk Grand Prix Kanada 1988.[28]

Pemenang Grand Prix Kanada[sunting | sunting sumber]

Pemenang berulang (Pembalap)[sunting | sunting sumber]

Pembalap dalam cetak tebal berkompetisi di kejuaraan Formula Satu pada musim ini.
Latar belakang merah muda menunjukkan acara yang bukan merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu.

Lewis Hamilton merayakan kemenangannya di Grand Prix Kanada 2015.
Jumlah kemenangan Pembalap Tahun
7 Jerman Michael Schumacher 1994, 1997, 1998, 2000, 2002, 2003, 2004
Britania Raya Lewis Hamilton 2007, 2010, 2012, 2015, 2016, 2017, 2019
3 Brasil Nelson Piquet 1982, 1984, 1991
2 Meksiko Pedro Rodríguez 1963, 1964
Belgia Jacky Ickx 1969, 1970
Britania Raya Jackie Stewart 1971, 1972
Australia Alan Jones 1979, 1980
Brasil Ayrton Senna 1988, 1990
Jerman Sebastian Vettel 2013, 2018
Belanda Max Verstappen 2022, 2023
Sumber:[29][30]

Pemenang berulang (Konstruktor)[sunting | sunting sumber]

Tim dalam cetak tebal berkompetisi di kejuaraan Formula Satu pada musim ini.
Latar belakang merah muda menunjukkan acara yang bukan merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu.

Jumlah kemenangan Konstruktor Tahun
13 Italia Ferrari 1963, 1964, 1970, 1978, 1983, 1985, 1995, 1997, 1998, 2000, 2002, 2003, 2004
Britania Raya McLaren 1968, 1973, 1974, 1976, 1988, 1990, 1992, 1999, 2005, 2007, 2010, 2011, 2012
7 Britania Raya Williams 1979, 1980, 1986, 1989, 1993, 1996, 2001
4 Britania Raya Brabham 1967, 1969, 1982, 1984
Austria Red Bull 2013, 2014, 2022, 2023
Jerman Mercedes 2015, 2016 2017, 2019
2 Britania Raya Lotus 1961, 1962
Britania Raya Tyrrell 1971, 1972
Britania Raya Benetton 1991, 1994
Sumber:[29][30]

Pemenang berulang (produsen mesin)[sunting | sunting sumber]

Manufaktur dalam cetak tebal berkompetisi di kejuaraan Formula Satu pada musim ini.
Latar belakang merah muda menunjukkan acara yang bukan merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu.

Jumlah kemenangan Manufaktur Tahun
14 Italia Ferrari 1963, 1964, 1970, 1978, 1983, 1985, 1995, 1997, 1998, 2000, 2002, 2003, 2004, 2018
12 Amerika Serikat Ford * 1968, 1969, 1971, 1972, 1973, 1974, 1976, 1977, 1979, 1980, 1991, 1994
10 Jerman Mercedes ** 1999, 2005, 2007, 2010, 2011, 2012, 2015, 2016, 2017, 2019
6 Prancis Renault 1989, 1993, 1996, 2006, 2013, 2014
4 Jepang Honda 1986, 1988, 1990, 1992
Jerman BMW 1982, 1984, 2001, 2008
2 Britania Raya Climax 1961, 1962
Amerika Serikat Chevrolet 1965, 1966
Sumber:[29][30]

* Dibangun oleh Cosworth, didanai oleh Ford.

** Antara tahun 1999 dan 2005 dibangun oleh Ilmor, didanai oleh Mercedes.

Berdasarkan tahun[sunting | sunting sumber]

Latar belakang merah muda menunjukkan acara yang bukan merupakan bagian dari Kejuaraan Dunia Formula Satu.

Peta seluruh lokasi Grand Prix Kanada.
Tahun Pembalap Konstruktor Lokasi Laporan
1961 Kanada Peter Ryan Lotus-Climax Mosport Park Laporan
1962 Amerika Serikat Masten Gregory Lotus-Climax Laporan
1963 Meksiko Pedro Rodríguez Ferrari Laporan
1964 Meksiko Pedro Rodríguez Ferrari Laporan
1965 Amerika Serikat Jim Hall Chaparral-Chevrolet Laporan
1966 Amerika Serikat Mark Donohue Lola-Chevrolet Laporan
1967 Australia Jack Brabham Brabham-Repco Mosport Park Laporan
1968 Selandia Baru Denny Hulme McLaren-Ford Mont-Tremblant Laporan
1969 Belgia Jacky Ickx Brabham-Ford Mosport Park Laporan
1970 Belgia Jacky Ickx Ferrari Mont-Tremblant Laporan
1971 Britania Raya Jackie Stewart Tyrrell-Ford Mosport Park Laporan
1972 Britania Raya Jackie Stewart Tyrrell-Ford Laporan
1973 Amerika Serikat Peter Revson McLaren-Ford Laporan
1974 Brasil Emerson Fittipaldi McLaren-Ford Laporan
1975 Tidak digelar
1976 Britania Raya James Hunt McLaren-Ford Mosport Park Laporan
1977 Afrika Selatan Jody Scheckter Wolf-Ford Laporan
1978 Kanada Gilles Villeneuve Ferrari Sirkuit Île Notre-Dame Laporan
1979 Australia Alan Jones Williams-Ford Laporan
1980 Australia Alan Jones Williams-Ford Laporan
1981 Prancis Jacques Laffite Ligier-Matra Laporan
1982 Brasil Nelson Piquet Brabham-BMW Sirkuit Gilles Villeneuve Laporan
1983 Prancis René Arnoux Ferrari Laporan
1984 Brasil Nelson Piquet Brabham-BMW Laporan
1985 Italia Michele Alboreto Ferrari Laporan
1986 Britania Raya Nigel Mansell Williams-Honda Laporan
1987 Tidak digelar karena adanya perselisihan sponsorship antara Labatt dan Molson
1988 Brasil Ayrton Senna McLaren-Honda Sirkuit Gilles Villeneuve Laporan
1989 Belgia Thierry Boutsen Williams-Renault Laporan
1990 Brasil Ayrton Senna McLaren-Honda Laporan
1991 Brasil Nelson Piquet Benetton-Ford Laporan
1992 Austria Gerhard Berger McLaren-Honda Laporan
1993 Prancis Alain Prost Williams-Renault Laporan
1994 Jerman Michael Schumacher Benetton-Ford Laporan
1995 Prancis Jean Alesi Ferrari Laporan
1996 Britania Raya Damon Hill Williams-Renault Laporan
1997 Jerman Michael Schumacher Ferrari Laporan
1998 Jerman Michael Schumacher Ferrari Laporan
1999 Finlandia Mika Häkkinen McLaren-Mercedes Laporan
2000 Jerman Michael Schumacher Ferrari Laporan
2001 Jerman Ralf Schumacher Williams-BMW Laporan
2002 Jerman Michael Schumacher Ferrari Laporan
2003 Jerman Michael Schumacher Ferrari Laporan
2004 Jerman Michael Schumacher Ferrari Laporan
2005 Finlandia Kimi Räikkönen McLaren-Mercedes Laporan
2006 Spanyol Fernando Alonso Renault Laporan
2007 Britania Raya Lewis Hamilton McLaren-Mercedes Laporan
2008 Polandia Robert Kubica BMW Sauber Laporan
2009 Tidak digelar
2010 Britania Raya Lewis Hamilton McLaren-Mercedes Sirkuit Gilles Villeneuve Laporan
2011 Britania Raya Jenson Button McLaren-Mercedes Laporan
2012 Britania Raya Lewis Hamilton McLaren-Mercedes Laporan
2013 Jerman Sebastian Vettel Red Bull-Renault Laporan
2014 Australia Daniel Ricciardo Red Bull-Renault Laporan
2015 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes Laporan
2016 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes Laporan
2017 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes Laporan
2018 Jerman Sebastian Vettel Ferrari Laporan
2019 Britania Raya Lewis Hamilton Mercedes Laporan
2020

2021
Tidak digelar karena pandemi COVID-19.
2022 Belanda Max Verstappen Red Bull-RBPT Sirkuit Gilles Villeneuve Laporan
2023 Belanda Max Verstappen Red Bull-Honda RBPT Laporan
Sumber:[29][30]

Sirkuit yang sebelumnya digunakan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Canadian Grand Prix". Motor Racing Circuits Database. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 November 2007. Diakses tanggal 14 January 2008. 
  2. ^ Most watched TV sporting events of 2005 Diarsipkan 20 July 2011 di Wayback Machine. – A special report from Initiative
  3. ^ "Montreal Formula 1 cancelled due to COVID-19". CTV Montreal News. 24 July 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 July 2020. Diakses tanggal 24 July 2020. 
  4. ^ "Formula 1 Canadian Grand Prix in Montreal cancelled for second straight year due to health crisis". CTV Montreal News. 28 April 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 April 2021. Diakses tanggal 28 April 2021. 
  5. ^ "Canadian GP cancelled due to COVID-19, contract to hold race in Montreal extended". CoastReporter. 28 April 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 May 2021. Diakses tanggal 3 September 2022. 
  6. ^ Charters, David A. (2007). The Chequered Past: Sports Car Racing & Rallying in Canada, 1951-1991. University of Toronto Press. hlm. 235–236. ISBN 978-0-8020-9394-3. 
  7. ^ a b McDonald, Norris (10 June 2017). "The Canadian Grand Prix has its own, unique story". The Toronto Star. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 June 2020. Diakses tanggal 2 June 2020. 
  8. ^ Coates, Len, ed. (October 1968). GP & Tely race may be at C.N.E. Track and Traffic (Magazine). 10. Toronto, Ontario: Cantrack Publishing Company Ltd. hlm. 52. 
  9. ^ Brockington, Robert J. (2001). Aykroyd, Steve; Jones, Neal, ed. Mosport 1961–2001: Four Decades of Racing. Mosport International Raceway. hlm. 39. 
  10. ^ Brockington, Robert J. (2001). Aykroyd, Steve; Jones, Neal, ed. Mosport 1961–2001: Four Decades of Racing. Mosport International Raceway. hlm. 61. 
  11. ^ Walthert, Matthew (13 June 2017). "Montreal's Legendary F1 Circuit Is Part of the Canadian Grand Prix Allure". Vice.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 June 2020. Diakses tanggal 2 June 2020. 
  12. ^ Charters, David A. (2007). The Chequered Past: Sports Car Racing & Rallying in Canada, 1951-1991. University of Toronto Press. hlm. 235–236. ISBN 978-0-8020-9394-3. 
  13. ^ "Retro T.O.: The first Indy". The Grid TO. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 July 2014. Diakses tanggal 26 March 2013. 
  14. ^ Charters, David A. (2007). The Chequered Past: Sports Car Racing & Rallying in Canada, 1951–1991. University of Toronto Press. hlm. 239. ISBN 978-0-8020-9394-3. 
  15. ^ "Remember When...a GP was last cancelled?". Autosport. Vol. 203 no. 8. Haymarket Publications. 24 February 2011. hlm. 11. The 1987 Canadian GP was canned because of a legal case following the promoter signing a sponsorship deal with Molson when rival company Labatt claimed to have first-refusal rights. 
  16. ^ Benson, Andrew (10 June 2007). "Hamilton wins Canadian GP". BBC Sport. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 September 2007. Diakses tanggal 17 November 2015. 
  17. ^ "Canada missing from Formula 1 calendar in 2009". grandprix.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 October 2008. Diakses tanggal 8 October 2008. 
  18. ^ "Canada GP organizers surprised by FIA decision". Pitpass.com. 8 October 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 November 2015. Diakses tanggal 17 November 2015. 
  19. ^ Canadian Press, "Montreal's mayor responds to reports about F1 race returning" Diarsipkan 14 July 2014 di Wayback Machine., 29 March 2009
  20. ^ (dalam bahasa Prancis) RDS, La F1 à Montréal le 6 juin Diarsipkan 31 August 2009 di Wayback Machine. (accessed 30 August 2009)
  21. ^ Circuit Gilles Villeneuve site Diarsipkan 14 April 2010 di Wayback Machine.
  22. ^ Canada returns to F1 championship Diarsipkan 30 November 2009 di Wayback Machine. – f1-live.com, 27 November 2009
  23. ^ Montreal Grand Prix Is Back On for 2010 Diarsipkan 1 December 2009 di Wayback Machine. – The New York Times, 27 November 2009
  24. ^ "Classic F1 - Jenson Button wins epic 2011 Canadian GP". BBC Sport. 12 June 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 January 2016. Diakses tanggal 17 November 2015. 
  25. ^ "'Beaver' gets all the blame". Vancouver Sun. Canada.com. 12 June 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 January 2016. Diakses tanggal 17 November 2015. 
  26. ^ Benson, Andrew (10 June 2011). "BBC Sport – Fernando Alonso sets the pace for Ferrari in a thrilling Canada practice". BBC News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 May 2020. Diakses tanggal 29 May 2012. 
  27. ^ Sam Hall (8 June 2019). "Haas F1 driver Kevin Magnussen meets the 'Wall of Champions' in Canada". Autoweek. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 June 2019. Diakses tanggal 21 January 2020. 
  28. ^ "FIA F1 Review 1988 – Canada". YouTube. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 July 2016. Diakses tanggal 27 November 2016. 
  29. ^ a b c d "Canadian GP". ChicaneF1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 December 2021. Diakses tanggal 9 December 2021. 
  30. ^ a b c d Higham, Peter (1995). "Canadian Grand Prix". The Guinness Guide to International Motor RacingPerlu mendaftar (gratis). London, England: Motorbooks International. hlm. 361. ISBN 978-0-7603-0152-4 – via Internet Archive. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]