Campervan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Campervan Fiat coachbuilt

Campervan (atau van kemping ), kadang-kadang disebut sebagai mobil kemping, karavan, atau rumah motor adalah kendaraan self-propelled yang menyediakan transportasi dan akomodasi untuk beristirahat. Istilah ini terutama menggambarkan van yang telah dipasang dengan bodi tambahan, seringkali dengan badan coach untuk digunakan sebagai akomodasi.

Ambiguitas dengan motorhome[sunting | sunting sumber]

Dua campervans Class C, sasis Freightliner Sprinter (kiri) dan Ford E-Series (kanan).
Volkswagen Autosleeper Clubman GL, campervan khas Eropa

Istilah motorhome kadang-kadang digunakan secara bergantian dengan campervan, tetapi yang pertama juga bisa menjadi kendaraan yang lebih besar dari campervan dan dimaksudkan untuk lebih nyaman, sementara yang terakhir lebih peduli dengan kemudahan pergerakan dan biaya yang lebih rendah.[1] Sebagai contoh, beberapa campervan kekurangan toilet dan pancuran built-in, atau perbedaan antara kompartemen hidup dan kabin.[2]

Istilah " rekreasi kendaraan " (RV) Amerika Serikat lebih analog dengan mengendarai motor daripada campervan.[butuh rujukan]

fitur[sunting | sunting sumber]

Campervans dapat dilengkapi dengan atap "pop-up" yang dinaikkan selama berkemah atau atap tetap, baik dibagi dengan van komersial yang membentuk dasar kendaraan (umumnya model "tinggi-atas"), atau sebagai bagian dari tubuh coachbuilt kustom.

Campervans biasanya memiliki dapur kecil dengan kulkas (yang sering powerable oleh pilihan gas, baterai, atau listrik induk) dan gas dua burner kompor dan panggangan . Mereka umumnya memiliki pencahayaan dua-tegangan yang dapat bekerja dari baterai khusus (selain baterai van) yang dikenal sebagai baterai siklus-dalam atau waktu luang, atau dari daya AC, yang dipasok di tempat perkemahan melalui kabel hook-up. Model yang lebih besar dapat mencakup pemanas air, pemanas ruangan dan pendingin udara, toilet portabel dan bahkan pancuran internal. Model yang lebih kecil sering membawa toilet portabel "porta-potty", dan kadang-kadang shower eksternal yang beroperasi dalam privasi tenda.

Istilah " Dormobile " kadang-kadang digunakan secara umum di Britania Raya berkat merek konversi yang dulu sangat populer, dan "Kombi" digunakan di Australia dan negara lain. Popularitas jenis ini meluas pada 1950-an setelah Volkswagen menugaskan perusahaan Westfalia untuk menggunakan versi Kombi transporter Tipe 2 mereka sebagai dasar untuk campervan.

Variasi off-road[sunting | sunting sumber]

Sering disebut kemping 4WD atau kemping 4x4, kendaraan ini sangat cocok untuk keluar jalur dan menjelajahi jalan yang tidak tertutup. Beberapa model termasuk tenda yang dapat diperluas yang dipasang di atap sementara yang lain memiliki atap pop-up untuk ruang tidur dan penyimpanan tambahan.

Varian atap pop-up berbagi elemen desain tertentu dengan tenda atap yang terkadang dipasang pada kendaraan off-road yang lebih kuat yang ditujukan untuk ekspedisi daripada berkemah santai. Kompromi antara dua dunia ini kadang-kadang dicapai dengan mendasarkan konversi pada kendaraan off-road. Kadang-kadang konversi diturunkan dari bagian belakang truk pick-up .

Volkswagen klasik dan campervan lainnya[sunting | sunting sumber]

Camper Volkswagen Klasik

Ada beberapa jenis campervan yang semuanya diproduksi oleh Volkswagen tetapi tergantung pada usia mereka, mereka secara sehari-hari disebut sebagai splitty (split windscreen) sebuah bay (bay framed windscreen) atau bricky ("brick" berbentuk van).

Meskipun kurang populer, Mercedes juga memproduksi light van berukuran serupa dan konversi cukup umum pada 1960-an dan 70-an. Dari ukuran yang sama dan vintage adalah konversi Spaceer Inggris Commer .

Versi buatan Belanda - dengan pintu non- bunuh diri - dari Citroën H-Van Camper

Di Eropa Citroën H-Van juga telah digunakan sebagai basis untuk banyak konversi campervan, dan sangat populer di kalangan pengguna Belanda dan Belgia pada khususnya. Mantan pabrik, itu memiliki beberapa konfigurasi tinggi dan panjang, dan dalam semua versi memiliki lantai rendah dan langit-langit yang tinggi, warisan dari salah satu kegunaan aslinya sebagai toko ponsel. Biasanya tidak perlu pop-top untuk mengakomodasi penggunanya.

Van Jepang berukuran menengah modern seperti Toyota Hiace kadang-kadang dikonversi untuk memiliki penampilan Volkswagen klasik.

Mobil konsep kemping baru[sunting | sunting sumber]

Mobil kemping adalah sebuah station wagon yang diubah menjadi rumah perjalanan. Area kargo belakang diubah menjadi area tempat tidur ganda penuh biasanya dengan kerangka aluminium buatan. Semua peralatan yang diperlukan untuk membuat situs kamp yang ditunjuk dengan baik disimpan di bawah tempat tidur ganda dengan akses melalui area terlantar di bawah tempat tidur. Tidak seperti station wagon standar di mana peralatan berkemah harus dilepaskan sebelum tidur atau mendirikan tenda, kemping mobil mandiri.

Klasifikasi ukuran dan jenis Inggris dan Eropa[sunting | sunting sumber]

Kelas A (AC)[sunting | sunting sumber]

Mirip dengan kendaraan rekreasi kelas A Amerika Utara (kadang-kadang dikenal secara umum sebagai "Winnebagos") tetapi umumnya masih lebih kecil di Eropa . Sepenuhnya dibangun di atas sasis van sedang hingga besar, mulai dari 7,5 ton ke atas. Sangat ditunjuk, kadang-kadang dengan ekstensi slide-out (samping) dioperasikan secara elektrik ke ruang hidup, kincir angin penghasil listrik dan dalam model yang sangat besar (skala Amerika Utara) kadang-kadang bahkan dilengkapi dengan garasi yang dioperasikan secara hidrolik yang mampu mengangkut mobil kecil.

Lebih kecil (sub 7,5 ton) Sebuah kendaraan kelas juga populer di Eropa, ukurannya hampir sama dengan Coachbuilt Overcab, tetapi tanpa kabin kendaraan dasar. Sebagai gantinya, sebuah taksi (lebih lebar) ditambahkan, yang memungkinkan tempat tidur drop-down dipasang di atas. Dapat dikenali oleh kaca depan melengkung besar mereka.

Overcab (OC)[sunting | sunting sumber]

Camper "overcab" khas di pangkalan van Iveco yang relatif besar

Tubuh Coachbuilt, mempertahankan taksi van pangkalan, dengan area gaya Luton van yang terangkat di atas kabin berisi tempat tidur.[3] Tempat tidur lain dapat dipasang di tempat, dibangun dengan memindahkan kursi dan meja, atau diturunkan dari langit-langit. Bilik mandi dan toilet biasanya dipasang. Terkadang termasuk garasi untuk sepeda, dan mungkin cukup besar untuk mendukung mekanisme penarik mobil kota kecil. Kira-kira sebanding dengan kelas C Amerika Utara (CC).

Kendaraan umum termasuk Fiat Ducato, Renault Master, dan Ford Transit

Profil rendah (LP)[sunting | sunting sumber]

Coachbuilt tetapi tanpa tempat tidur yang ditinggikan di atas taksi. Tempat tidur lain dapat dipasang di tempat, dibangun dengan memindahkan kursi dan meja, atau diturunkan dari langit-langit. Bilik mandi dan toilet biasanya dipasang. Garasi dan perlengkapan penarik dapat dibawa seperti halnya dengan desain overcab.

Kendaraan dasar yang tipikal adalah tugas yang lebih ringan dan / atau varian bermesin lebih kecil dari kendaraan yang sama yang digunakan untuk desain overcab.

Tinggi atas (HT)[sunting | sunting sumber]

Autosleeper Harmony "tinggi atas" Campervan

Didasarkan pada van tinggi-atas, biasanya sekitar 2,8 hingga 4,5 ton berat kendaraan kotor, tanpa modifikasi bina raga utama pada bodi. Tempat tidur biasanya diperbaiki di tempat atau dibangun dengan memindahkan kursi dan meja. Bilik mandi dan toilet kadang dipasang.

Kendaraan dasar yang khas sama dengan untuk desain coachbuilt, di atas. Seringkali Dodge, GMC atau Ford van akan diubah secara profesional menjadi top high.

Atap naik (RR)[sunting | sunting sumber]

Mazda "atap naik" campervan

Seringkali didasarkan pada van yang relatif kecil, biasanya 2 hingga 3 ton berat kotor kendaraan, termasuk Volkswagen Type 2 klasik, dan dengan atap yang memunculkan, biasanya dengan sisi-sisi kain, dengan cara yang tidak berbeda dengan tenda atap. Tempat tidur biasanya di atap yang naik tetapi juga kadang-kadang dibangun dengan memindahkan kursi dan meja. Atap yang menanjak juga kadang-kadang digunakan untuk memungkinkan ruang berdiri di dalam kendaraan.[4] Bilik mandi dan toilet jarang dipasang.

Volkswagen Transporter adalah kendaraan umum, dan Ford Transit juga cukup umum.

Atap tetap (FR)[sunting | sunting sumber]

Juga dikenal sebagai "surf van" (atau "surf bus") dan "van harian". Ukurannya serupa dengan desain atap yang sedang naik daun. Tempat tidur biasanya dibangun dengan memindahkan kursi dan meja. Bilik mandi dan toilet sangat jarang dipasang.

Volkswagen Transporter dan Mercedes-Benz Vito adalah kendaraan pangkalan yang umum digunakan. Mereka telah menjadi penerus Volkswagen Type 2 klasik. Van yang sedikit lebih kecil seperti Fiat Scudo dapat digunakan; kadang-kadang, bahkan van yang lebih kecil seperti Fiat Doblò digunakan untuk membuat kemping ringan dengan fasilitas minimal di luar ruang tidur.

Yg dpt diturunkan (DM)[sunting | sunting sumber]

Tubuh pelatih-duduk di atas tempat tidur pick-up (kadang-kadang dimodifikasi), dan umumnya dilepas di lokasi perkemahan untuk memungkinkan kendaraan digunakan.

Kendaraan Ford, Toyota, Nissan dan Mitsubishi adalah pangkalan umum.

Kelas B (BC)[sunting | sunting sumber]

Istilah ini tidak umum digunakan kecuali untuk model Amerika Utara yang diimpor, yang dapat sangat bervariasi dalam ukuran dari semi-low profile coachbuilt ke konversi van. Biasanya, sasis van disediakan tanpa fitur interior atau eksterior sebagai "kendaraan tidak lengkap" oleh pabrikan mobil, dan dilengkapi dengan fasilitas RV oleh pembina kereta. Ini kemudian dijual sebagai RV yang lengkap dan biasanya memiliki sertifikasi standar keselamatan dari Asosiasi Industri RV.

Konversi van Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Konversi van Ford Econoline
GMC Vandura

Di Amerika Utara ada banyak produsen campervan. Campervan yang laris diproduksi oleh Roadtrek of Kitchener, Ontario .[5]

Sejak tahun 1970-an, van Jepang seperti Toyota HiAce dan Datsun Urvan, serta model Eropa yang didasarkan pada Ford Transit, Fiat Ducato, dan van Bedford telah menjadi populer sebagai kendaraan dasar untuk konversi.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Campervan modern dapat berisi beberapa atau semua fitur berikut:

  • Gas propana / kulkas bertenaga listrik [6]
  • Gas propana / kompor listrik dan / atau panggangan [7]
  • Oven microwave [8]
  • Oven
  • Gas Provana / pemanas air bertenaga listrik [9]
  • Satu atau lebih tempat tidur, beberapa di antaranya berfungsi ganda sebagai tempat duduk di siang hari [10]
  • Listrik dipasok oleh baterai "rumah" atau pengait eksternal [11]
  • Toilet built-in atau kaset dengan tangki pembuangan yang dapat dilepas - toilet pembilasan dengan akses biasanya di luar campervan agar mudah dikosongkan. Beberapa model memiliki sistem putar untuk ruang ekstra.[12]
  • Shower
  • Televisi (dengan antena parabola dan / atau satelit )
  • Pendingin udara (setidaknya sistem kabin kendaraan normal)
  • Pemanas ruangan atau pemanas sentral
  • Tangki air minum
  • Tangki air limbah untuk air "abu-abu" (cuci) dan air hitam (saluran pembuangan)
  • Tenda eksternal yang dapat diperpanjang - naungan kanvas yang dapat diperpanjang yang menawarkan perlindungan dari matahari.
  • Generator - diberdayakan oleh bensin, diesel atau propana
  • Panel surya - untuk pembangkit listrik tambahan
  • Rak sepeda - alat pembawa sepeda, biasanya dipasang di bagian belakang campervan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • aman kafilah
  • Konversi van
  • Trailer perjalanan
  • Kendaraan rekreasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Campervans and motorhomes". Campervan Adventures. 
  2. ^ "What are the Differences Between a Campervan and a Motorhome?". Discovery Homes New Zealand. 
  3. ^ Dorey, M. (2016). The Camper Van Bible: Live, Eat, Sleep (Repeat). Bloomsbury Publishing. hlm. 74. ISBN 978-1-4729-2655-5. Diakses tanggal December 17, 2018. 
  4. ^ Watts, M.P. (2014). Worcestershire's Motoring Heritage. Amberley Publishing. hlm. 109. ISBN 978-1-4456-3714-3. Diakses tanggal December 17, 2018. 
  5. ^ "History of Roadtrek Motorhomes (formerly Home & Park Motorhomes)" (PDF). 
  6. ^ Dorey, M. (2016). The Camper Van Bible: Live, Eat, Sleep (Repeat). Bloomsbury Publishing. hlm. 182. ISBN 978-1-4729-2655-5. Diakses tanggal December 17, 2018. 
  7. ^ Dorey, M. (2016). The Camper Van Bible: Live, Eat, Sleep (Repeat). Bloomsbury Publishing. hlm. 172. ISBN 978-1-4729-2655-5. Diakses tanggal December 17, 2018. 
  8. ^ Groene, J.; Groene, G. (2012). Living Aboard Your RV, 4th Edition. McGraw-Hill Education. hlm. 46. ISBN 978-0-07-178473-3. Diakses tanggal December 17, 2018. 
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Dorey 2016 p. 104
  10. ^ World Book, Inc (2000). The World Book Encyclopedia. The World Book Encyclopedia. World Book. hlm. 184. ISBN 978-0-7166-0100-5. Diakses tanggal December 17, 2018. 
  11. ^ Fry, T. (2012). Motorhomes: A First-Time Buyer's GuidePerlu mendaftar (gratis). RAC Handbook. Veloce Publishing. hlm. 15-35. ISBN 978-1-84584-449-3. Diakses tanggal December 17, 2018. 
  12. ^ "Campervan Glossary". Motorhome Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-03-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Campervans di Wikimedia Commons