Campaspe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Campaspe melepaskan pakaiannya di depan Apelles dengan perintah Alexander, skt. 1883 oleh Auguste Ottin (1811–1890). Fasad utara Cour Carrée di Museum Louvre, Paris.

Campaspe (/kæmˈpæsp/; Yunani Καμπάσπη), atau Pancaste /pæŋˈkæst/,[1] merupakan seorang gundik Aleksander Agung dan warga terkemuka Larissa. Ia dilukis oleh Apelles, yang memiliki reputasi di zaman antik karena menjadi pelukis terbesar. Episode tersebut menandakan sebuah pertukaran apokrif yang dilaporkan di dalam Naturalis Historia Plinius:[2] "Melihat keindahan potret telanjang itu, Aleksander melihat bahwa seniman tersebut menghargai Campaspe (dan mencintainya) melebihi dirinya. Maka Aleksander menyimpan potretnya, namun mempresentasikan Campaspe ke Apelles." Biografer Robin Lane Fox menggambarkan warisan ini sebagai "hadiah paling murah hati dari setiap pelindung dan yang akan menjadi model patronase dan pelukis melalui Renaisans."[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Her Thessalian name is sometimes reported in Atticized form as Pancaste.
  2. ^ John J. Popovic, "Apelles, the greatest painter of Antiquity" Source quotes from Pliny's Naturalis Historia 35.79–97.
  3. ^ Fox, Alexander the Great, 1973:50.

Sumber[sunting | sunting sumber]