Camden Town

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Chalk Farm Road, dekat tempat yang sekarang menjadi Camden High Street
Pasar Camden, di jalan khusus pejalan kaki dengan kios terbuka dan permanen, serta pintu masuk menuju beberapa pasar Camden lainnya di bagian dalam.

Camden Town (/ˈkæmdən/ ( simak)), sering disingkat menjadi Camden (yang juga menjadi nama borough), adalah sebuah distrik di barat laut London, Inggris, 4 km sebelah utara Charing Cross.[1] Secara historis termasuk dalam wilayah Middlesex, Camden Town adalah pusat administrasi London Borough of Camden, dan direncanakan dalam London Plan menjadi salah satu dari 34 pusat utama di London Raya nantinya.

Dijadikan sebagai distrik perumahan sejak 1791, awalnya bagian dari manor Kentish Town dan paroki St Pancras, Camden Town kemudian menjadi lokasi penting selama pengembangan awal jalur kereta api, sekaligus memperkuat posisinya dalam jaringan kanal London.

Dulunya kawasan ini adalah basis ekonomi industri pabrik, tetapi saat ini telah digantikan oleh industri jasa seperti ritel, pariwisata, dan hiburan. Sekarang banyak terdapat toko-toko, pasar-pasar tumpah dan menjadi tempat-tempat pertunjukan musik yang sangat terkait dengan budaya alternatif. Pasar-pasar Camden dimulai pada tahun 1973, dan sejak itu semakin berkembang serta menarik banyak pengunjung baik lokal maupun turis asing. Ledakan bom yang terjadi pada 1993 melukai 18 orang di Camden High Street.[2]

Sekolompok pemuda punk.
Layanan bus-air The Regent's Canal, bagian dari jaringan kanal London.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Route by foot from Charing Cross to Camden Town - United-Kingdom.Places-in-the-world.com". United-kingdom.places-in-the-world.com. Diakses tanggal 14 May 2018. 
  2. ^ "Blaze ravages London market area". bbc.co.uk. BBC. 9 February 2008. Diakses tanggal 2 January 2010.