Caipirinha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Caipirinha
EponimCaipira
JenisIBA official cocktail
AsalBrasil
Komposisi
Cachaça (5 cl)
lime wedge (4)
gula (2 Sendok teh)
CangkirOld Fashioned glass
Diperkenalkan1918
Situs webhttp://iba-world.com/contemporary-classics/

Caipirinha adalah minuman beralkohol jenis koktail yang berasal dari Brasil. Dibuat dari Cachaça, jeruk limau, gula dan es batu, Caipirinha harus dibuat gelas per gelas karena kandungannya sangat tidak teratur sehingga bila dibuat dalam pitcher sulit untuk dibagi-bagi ke dalam gelas. Jeruk limau dibelah (boleh juga dikupas sedikit), ditambah 1–2 sendok teh gula pasir putih, ditumbuk dengan tumbukan dari kayu untuk mengeluarkan sari buah, kemudian ditambah 20–50 ml Cachaça dan es batu yang dihancurkan. Aduk sampai rata dan nikmati dengan sedotan. Di Brasil biasanya dihidangkan di rumah makan dan di pinggir pantai. Orang Brasil biasanya menggemari es batu utuh daripada yang dihancurkan.

Karena Caipirinha sekarang terkenal di seluruh dunia, banyak variasi muncul dengan gula hitam, atau pemanis buatan (untuk penderita penyakit gula), atau dengan buah-buahan lain. Cachaça juga kadang diganti dengan vodka (Caipiroska, Caipirovka, Caipivodka) atau rum (Caipirissima). Caipirinha dengan sake juga ada.

Caipirinha sebenarnya adalah salah satu jenis dari minuman Brasil yang disebut "batida", yaitu cocktail dengan cachaça dan buah. Karena itu jeruk limau dapat diganti dengan buah-buahan lain untuk menghasilkan minuman yang nikmat. Yang lazim adalah batida strawberry, passionfruit, dan kelapa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]