City Lights (film 1931)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cahaya Kota)
Cahaya Kota
Poster teatrikal
SutradaraCharlie Chaplin
ProduserCharlie Chaplin (tidak dikreditkan)
Ditulis olehCharlie Chaplin
PemeranCharlie Chaplin
Virginia Cherrill
Florence Lee
Harry Myers
Penata musikCharlie Chaplin


Tema Bunga sang Gadis oleh José Padilla (tidak dikreditkan)[1]

Orkestra oleh Arthur Johnston dan Alfred Newman
SinematograferRollie Totheroh
Gordon Pollock
Mark Marklatt (tidak dikreditkan)
PenyuntingCharlie Chaplin (tidak dikreditkan)
DistributorUnited Artists
Tanggal rilis
  • 30 Januari 1931 (1931-01-30)
Durasi87 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$1.5 juta
Pendapatan
kotor
$5,019,181

Cahaya Kota (Bahasa Inggris: City Lights) adalah film komedi romantis Amerika tahun 1931 film yang ditulis, disutradarai dan dibintangi oleh Charlie Chaplin. Bercerita tentang petualangan dari The Tramp saat ia jatuh cinta dengan seorang gadis buta (Virginia Cherrill) dan membangun persahabatan yang bergolak dengan seorang jutawan alkoholik (Harry Myers).

Meskipun film suara yang terus populer saat Chaplin mulai mengembangkan skrip pada tahun 1928, ia memutuskan untuk terus bekerja dengan produksi bisu. Syuting dimulai pada Desember 1928 dan berakhir pada bulan September 1930. Cahaya Kota menandai pertama kalinya Chaplin mengkomposeri skor film ke salah satu produksinya dan ditulis dalam enam minggu dengan Arthur Johnston. Tema utama yang digunakan sebagai motif utama untuk gadis buta adalah lagu "La Violetera" ( "Siapa yang akan membeli Violetku") dari komposer Spanyol José Padilla. Chaplin kehilangan gugatan ke Padilla karena tidak mengkreditkan dia.

Cahaya Kota sangatlah sukses setelah dirilis pada tanggal 30 Januari tahun 1931, dengan tanggapan yang positif dan penerimaan box office sebesar $5 juta. Pada masa kini, kritikus menganggapnya tidak hanya salah satu prestasi karier tertinggi Chaplin, tapi salah satu film terbaik yang pernah dibuat. Pada tahun 1992, Perpustakaan Kongres memilih Cahaya Kota untuk direservasikan pada National Film Registry di Amerika Serikat yang "berbudaya, bersejarah, atau nilai seni yang signifikan". Pada tahun 2007, American Film Institute's ''100 Years... 100 Movies'' memberi peringkat Cahaya Kota sebagai 11 film Amerika terbaik sepanjang masa. Pada tahun 1949, kritikus James Agee menyebut adegan terakhir dalam film sebagai "sepotong akting yang berkomitmen untuk seluloid".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama music
  2. ^ Snider, Eric D. (15 February 2010). "What's the Big Deal: City Lights (1931)". Seattle Post-Intelligencer. seattlepi.com. Diakses tanggal 2013-09-13.