Cagar Alam Lamedae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cagar Alam Lamedae adalah cagar alam yang terletak di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Dalam pembagian adminisratif, wilayahnya masuk ke Desa Lamedai, Kecamatan Tanggetada. Sebelum menjadi cagar alam, kawasannya merupakan hutan lindung yang ditetapkan berdasarkan surat keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara yang disetujui pada tanggal 22 Agustus 1972. Luas lahan kemudian ditetapkan menjadi 500 hektare. Keputusan pengubahan menjadi cagar alam berdasarkan kepada Keputusan Menteri Pertanian Nomor 439/Kpts/Um/9/1982. Pada awalnya, cagar alam ini menempati lahan seluas 810 hektare. Kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor. 2O9/Kpts-II/1994 tanggal 30 April 1994, kawasan ini menjadi cagar alam dengan luas 635,16 hektare.[1] Kawasan hutan di dalam Cagar Alam Lamedae dikelola dan diawasi oleh Resor Perlindungan Hutan Toari, Balai Konservasi Perlindungan Hutan Mekongga, dan Kawasan Perlindungan Hutan Kolaka. Lokasi Cagar Alam Lamedae berada pada ketinggian 5 - 200 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar wilayahnya merupakan tanah datar dan bukit. Lereng-lereng yang ada memiliki kemiringan antara 15 - 30 derajat. Jenis tanah di dalam kawasan ini adalah aluvial. Iklim lingkungannya bertipe C. Musim kemarau dimulai pada bulan Juli dan berakhir pada bulan Desember. Sedangkan musim hujan dimulai pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Juni. Curah hujan rata-rata mencapai 2815 milimeter tiap tahun. Kelembapan relatifnya adalag 80,3%. Suhu lingkungan berkisar antara 20° hingga 34° Celsius. Cagar Alam Lamedae merupakan habitat alami bagi pohon kayu kuku. Beberapa jenis tumbuhan lain yang tumbuh ialah nyato dan rotan. Beberapa jenis fauna yang hidup di dalamnya ialah rusa, kera hitam sulawesi, musang sulawesi, kuskus, rangkong, ayam hutan, pergam putih, dan nuri sulawesi. Akses ke cagar alam ini dapat melalui Jalan raya Kolaka menuju ke Watubangga atau Toari. Sedangkan bila dari arah Kota Kendari, perjalanan menuju ke Kabupaten Kolaka dengan jarak tempuh sejauh 180 kilometer. Lama perjalanan dari Kabupaten Kolaka ke cagar alam sekitar 4 jam.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lamedae Nature Reserve · Indonesian Forest". Indonesian Forest (dalam bahasa Inggris). 2017-07-16. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-27. Diakses tanggal 27 Juli 2021. 
  2. ^ Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam (2016). Informasi 521 Kawasan Konservasi Region Kalimantan - Sulawesi (PDF). Bogor: Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. hlm. 166.