Cadastro uniqo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cadastro uniqo adalah catatan informasi resmi tunggal (single registry) mengenai penduduk rentan (didefinisikan sebagai rumah tangga dengan pendapatan setengah dari upah minimum per kapita) di Brasil yang bisa diakses.[1] Cadastro uniqo secara resmi dibuat pada tahun 2001 dan mencakup sepertiga dari keseluruhan jumlah populasi Brasil. Sensus pada tahun 2010 digambarkan telah menghasilkan 20 juta identifikasi keluarga berpenghasilan rendah di Brasil (67 juta orang atau 35 persen dari total penduduk Brasil). Catatan informasi resmi yang berisi data untuk lebih dari 23 juta keluarga. Informasi yang dikumpulkan tersebut digunakan sebagai referensi untuk membuat sistem perlindungan sosial di negara tersebut.

Cadastro uniqo konsisten dengan upaya desentralisasi di Brasil. Bank umum, Caixa Econômica Federal dipercaya untuk mengelola informasi resmi tersebut. Keberadaan catatan informasi resmi tunggal memberikan pemerintah kota peran dan tanggung jawab yang jelas. Hal ini meminimalkan ongkos pengumpulan data, memastikan konsistensi data dan mendorong efisiensi sistem perlindungan sosial. Sejak awal Caixa telah bertanggung jawab atas kegiatan catatan informasi resmi tunggal. Ia dipilih karena memiliki jaringan agen yang luas. Caixa juga berpengalaman mengelola basis data dalam jumlah besar. Ia pun mampu menangani 13,8 juta pembayaran bulanan tanpa penundaan untuk penduduk Brasil yang tercatat pada cadastro uniqo. Salah satu program perlindungan sosial Brasil yang menggunakan cadastro uniqo adalah program bantuan keluarga (Bolsa Familia). Program tersebut mengucurkan lebih dari 13 juta pembayaran per bulan pada tahun 2013.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Langenhove,T van., Joana Mostafa and Natália Sátyro (2014). "Cadastro Único-Operating a registry through a national public bank". Social Protection in Action: Building Social Protection Floors (1): 1. 
  2. ^ Langenhove, T van., Joana Mostafa and Natália Sátyro (2014). "Cadastro Único-Operating a registry through a national public bank". Social protection in action: Building social protection floors (1): 1–2.