Cabrio Coach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Contoh modern, Fiat 500 (2007).

Cabrio Coach atau semi-convertible adalah jenis dari sebuah mobil yang memiliki atap yang terbuat dari bahan tekstil yang dapat dilipat.[1] Merupakan pilihan alternatif yang lebih murah dibandingkan convertible aslinya, dilakukan terutama pada mobil dengan desain unibody yang kemudian akan dilakukan perancangan ulang sedikit atau tidak dengan membuang bagian bodi mobil yang tidak diperlukan.

Atap ini banyak digunakan pada mobil tua seperti Mercedes-Benz Ponton, Saab 92, Citroen 2CV, Fiat 500, GAZ-M20 Pobeda dan Fuldamobil. Nash Rambler yang tersedia dalam bentuk cabrio coach, namun berberapa mereka menyebutnya sebagai landau atau konversi dari mobil biasa menjadi cabriolet.

Varian di mana kaca pada bagian belakang sedan tetap dipertahankan pertama kali muncul pada 1930, dan memiliki keuntungan yaitu bisa lebih mudah dipasang ke mobil yang ada, merupakan salah satu opsi yang diberikan oleh sejumlah pabrikan mobil (meskipun terdaftar sebagai model terpisah) untuk Volkswagen Beetle hingga 1963. Beberapa mobil yang lebih modern juga gaya atap ini, misalnya BMW 318ti, Volkswagen Polo, Nissan Figaro, Isuzu Amigo, Jeep Liberty dan Suzuki Vitara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dictionary - Definition of Cabrio". www.websters-online-dictionary.org. Diakses tanggal 23 June 2011. [pranala nonaktif permanen]