Cabai cayenne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cabai cayenne
Capsicum annuum - Köhler–s Medizinal-Pflanzen-027.jpg
Capsicum annuum
GenusCapsicum
SpesiesC. annuum
KultivarCayenne
Tingkat kepedasan Pedas
Skala Scoville30,000–50,000 SHU
Sebuah cayenne merah besar
Cabai Thai, sebuah cabai jenis cayenne
Capsicum frutescens

Cabai cayenne, yang juga dikenal sebagai cabai Guinea,[1] cabai tanduk sapi, cabai pedas merah, aleva, cabai burung,'[2] atau, secara khusus dalam bentuk bubuknya, lada merah, adalah sebuah tanaman Capsicum annuum yang memiliki keterkaitan dengan paprika, jalapeño, dan lain-lain. Genus Capsicum masuk dalam keluarga nightshade (Solanaceae). Tanaman tersebut merupakan sebuah cabai pedas yang digunakan untuk perasa masakan. Namanya diambil dari nama Cayenne, Guiana Prancis.

Buah tersebut umumnya dikeringkan atau dipanggang dalam kue, yang kemudian dibuat menjadi rempah-rempah bubuk dengan nama yang sama.

Cayenne digunakan dalam memasak hidangan pedas, sebagai sebuah bubuk atau dalam bentuk utuh (seperti dalam masakan Korea, masakan Sichuan, dan masakan Asia lainnya), atau dalam sebuah thin, saus berbahan dasar cuka. Bahan makanan tersebut umumnya memiliki rating 30,000 sampai 50,000 unit Scoville. Bahan makanan tersebut juga digunakan sebagai suplemen herbal, dan disebutkan oleh Nicholas Culpeper dalam karyanya Complete Herbal, 1653, dengan sebutan "guinea pepper",[3] a misnomer for "guiana pepper".[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Culpeper, Nicholas (1814) [1653]. "Guinea Pepper". Culpeper's Complete Herbal. David Hand (Web publication). Diakses tanggal 13 July 2011. 
  2. ^ Therapeutic Research Faculty (2009). "Capiscum". Natural Medicines Comprehensive Database (Consumer Version). WebMD. Diakses tanggal 13 Juli 2011. 
  3. ^ The pepper from Guinea is Aframomum melegueta, "Malagueta pepper".

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]