CART musim 1998

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
CART musim 1998
FedEx Championship Series
Musim
Lomba19
Tanggal mulai15 Maret
Tanggal berakhir1 November
Penghargaan
Juara pembalapItalia Alex Zanardi
Juara konstruktorBritania Raya Reynard
Juara pabrikanJepang Honda
Piala kebangsaanAmerika Serikat United States
Rookie of the YearBrasil Tony Kanaan
← 1997
1999 →

Musim Seri Kejuaraan FedEx 1998 adalah musim yang ke-20 di era CART dari balap mobil roda terbuka AS. Musim ini terdiri dari 19 balapan, dimulai di Homestead, Florida pada 15 Maret dan berakhir di Fontana, California pada 1 November. Tampil sebagai juara musim pembalap adalah Alex Zanardi, kejuaraan kedua berturut-turutnya, sedangkan seri Rookie of the Year adalah Tony Kanaan. Ini adalah sponsor pertama dari lima tahun oleh FDX Corporation, yang menjadi FedEx Corporation pada tahun 2000.

Musim ini diwarnai oleh kecelakaan maut di lap 175 dari U.S. 500. Adrián Fernández menabrak dinding luar di tikungan keempat Michigan International Speedway. Roda depan kanannya robek dan terlempar melewati pagar ke tribun, menewaskan tiga penonton (Kenneth Fox, Sheryl Laster, dan Michael Tautkus) dan melukai enam lainnya.[1]

Juga ini menandai musim terakhir dengan Bobby Rahal di grid CART. Peristiwa penting lainnya dari musim 1998 termasuk kemenangan pertama untuk pembalap populer Bryan Herta dan juara seri masa depan dan juara Indianapolis Dario Franchitti. Pembalap Meksiko Adrián Fernández mendapatkan kemenangan karir keduanya di Twin Ring Motegi, balapan pertama yang dijalankan di sana oleh Champ Car.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Glick, Shav (July 27, 1998). "Three spectators die at U.S. 500". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 20, 2012. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]