Burger sayuran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infotaula de menjarBurger sayuran
Rincian
Jenisplant-based meat analogue (en), food substitute (en) dan burger (en)
Bahan utamatahu, Lens culinaris, bahan penyedap, kedelai dan Halloumi
Burger vegetarian
Makanan vegetarian di restoran: burger vegetarian dan salad kentang goreng
Menu Dewan Perwakilan Amerika Serikat, termasuk "Garden Burger" dijual seharga $4.25

Burger vegetarian adalah burger yang dibuat bagi orang-orang vegetarian. "Daging" yang ada di burger vegetarian sebenarnya terbuat dari sayuran, kacang tanah, produk susu, jamur, protein kedelai, gluten dari tepung, telur, atau kombinasi. Burger vegetarian kadang-kadang adalah makanan vegan.

Burger vegetarian saat ini berkembang di beberapa restoran cepat saji di Amerika Utara, namun ketersedianya masih sedikit walaupun restorannya sama. Sejak April 2005, burger vegetarian tersedia di seluruh restoran Burger King dan beberapa Subways, begitu juga beberapa restoran cepat saji lainnya, seperti Red Robin, Chilis, Denny's, Johnny Rockets, Ruby Tuesday's dan Hard Rock Cafe. Banyak kafe "sendok plastik" juga menyediakan burger vegetarian. Di negara vegetarian seperti India, McDonald's menyediakan burger vegetarian, begitu juga dengan penganan lainnya.

Burger tanpa daging yang dibuat oleh Boca, Gardenburger, dan Morningstar Farms dijual di banyak supermarket di Amerika Serikat dan Kanada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Burger vegetarian pertama kali dibuat di London pada tahun 1982 oleh Gregory Sams, yang menyebutnya 'VegeBurger'. Gregory dan kakaknya Craig telah membuat restoran makanan alami di Paddington sejak tahun 1960. Sebuah hypermarket Carrefour di Southampton, terjual burger vegetarian sebanyak 2,000 tiga minggu setelah pertama kali dijual, seperti yang dilaporkan koran The Observer pada tahun 27 Februari, 1983.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]