Lompat ke isi

Bungur jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bungur jepang
Lagerstroemia indica Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN136142818 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoMyrtales
FamiliLythraceae
GenusLagerstroemia
SpesiesLagerstroemia indica Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1759

Lagerstroemia indica, bungur jepang atau bungur kecil dalah spesies tanaman berbunga dalam genus Lagerstroemia dari keluarga Lythraceae . Ini berasal dari Anak Benua India (maka julukan spesies indica ), dan juga ke Asia Tenggara, Cina, Korea dan Jepang. Nama genus menghormati ahli botani Swedia Magnus von Lagerström . [1] Ini adalah pohon yang sering bertangkai banyak, berganti daun dengan kebiasaan terbuka yang menyebar luas, rata, bulat, atau bahkan berbentuk paku. Pohon itu adalah semak bersarang yang populer untuk burung penyanyi dan burung Cikrak.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kulitnya tipis dan sekitar 2mm. tebal, halus, abu-abu merah muda dan berbintik-bintik, rontok setiap tahun. Daun juga berguguran setiap musim dingin, setelah tampilan warna yang spektakuler, dan cabang-cabang gundul kembali berdaun di awal musim semi; daunnya kecil, bertepi halus, berbentuk lingkaran atau lonjong, dan hijau tua berubah menjadi kuning dan oranye dan merah di musim gugur.

Bunga, pada pohon yang berbeda, berwarna putih, merah muda, ungu muda, ungu atau merah tua dengan kelopak berkerut, malai hingga9 cm (3,5 in) . Bunga-bunga digantikan oleh buah-buahan pecah-pecah berwarna coklat dengan 6 kapsul.[2]

Penanaman[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, Lagerstroemia indica adalah semak berbunga/pohon kecil yang sangat populer di negara bagian musim dingin ringan ( Zona USDA 6–10). [1] Kebutuhan perawatan yang rendah menjadikannya penanaman kota yang umum di taman, di sepanjang trotoar, median jalan raya, dan di tempat parkir. Seperti magnolia selatan, kain sutera murad menjadi simbol Amerika Selatan karena penanamannya yang luas dan kemampuannya untuk tumbuh subur di iklim musim panas yang lembap dengan curah hujan yang teratur.[3] Ini adalah salah satu dari sedikit pohon / semak yang menawarkan warna cemerlang di akhir musim panas hingga musim gugur, pada saat banyak tanaman berbunga telah habis berbunga. Di iklim kering, membutuhkan penyiraman tambahan dan sedikit naungan di daerah yang paling panas. Tanaman harus mengalami musim panas yang terik agar dapat berbunga dengan sukses, jika tidak maka akan menunjukkan pembungaan yang lemah dan lebih rentan terhadap penyakit jamur. [4]

Seringkali L. indica adalah root hardy untuk Zona 5 (-10 °F/-23 °C), artinya akan mati kembali selama musim dingin yang keras tetapi tumbuh kembali dari akar dan berbunga di musim panas. Karena itu, tukang kebun Utara memperlakukannya lebih seperti tanaman tahunan daripada pohon atau semak. Terlalu banyak penyiraman dan pemupukan berlebihan dapat menurunkan daya tahan dingin karena merangsang pertumbuhan baru di akhir musim yang tidak sempat mengeras. [4]

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Lagerstroemia adalah penanaman umum di Antlantik Selatan Serikat dan menjadi semak yang semakin umum di negara bagian Mid-Atlantic sampai ke daerah pesisir Massachusetts.[5] Lagerstroemia juga tumbuh subur di iklim Mediterania dan Gurun California Selatan, Arizona dan Nevada, dan juga di Australia sebagai tanaman jalanan.[6]

Dalam budaya[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1983, Hinako Sugiura memulai serial manga berjudul Sarusuberi, diambil dari nama Jepang tanaman tersebut. Sugiura membandingkan musim berbunga L. indica, yang terus mekar dan berguguran pada saat bersamaan, dengan semangat seni ukiyo-e, latar manga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Lagerstroemia indica - Plant Finder". Missouribotanicalgarden.org. Diakses tanggal 2021-03-09. 
  2. ^ "Lagerstroemia indica (Crapemyrtle, Crape Myrtle, Crepe Myrtle) | North Carolina Extension Gardener Plant Toolbox". Plants.ces.ncsu.edu. Diakses tanggal 2021-03-09. 
  3. ^ Steve Bender. "History of Crape Myrtles in the South". Southern Living. Diakses tanggal 2017-05-31. 
  4. ^ a b Kathleen Norris Brenzel, ed. (2007). Sunset Western Garden Book. hlm. 430. 
  5. ^ Hilary Newell (2012-09-13). "Crape Myrtle - A Great Late Season Shrub". Nantucket Chronicle. Diakses tanggal 2017-12-11. 
  6. ^ Barbara Kishbaugh (September 1993). "Crape Myrtle (Lagerstroemia Indica)". Cochise Co. Master Gardeners. Diakses tanggal 2017-05-31.