Bungkus gelembung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bungkus gelembung

Bungkus gelembung adalah sebuah bahan plastik transparan lembut yang digunakan untuk mengemas benda rapuh. Lapisan menonjol berisi udara (gelembung) yang berjarak sama menyediakan perlindungan untuk benda rapuh.

Pada tahun 1957, dua penemu bernama Alfred Fielding dan Marc Chavannes berupaya menciptakan sebuah kertas dinding plastik tiga dimensi. Walaupun upaya tersebut akhirnya gagal, mereka kemudian menyadari bahwa apa yang telah mereka ciptakan dapat digunakan sebagai bahan pengemas. Sealed Air pun didirikan oleh Fielding pada tahun 1960.[1]

Rancangan[sunting | sunting sumber]

Bungkus gelembung, standar dan dengan warna sebagai bahan pelepas listrik statis, dan dengan ukuran gelembung yang berbeda

Gelembung yang berfungsi sebagai pelindung untuk benda rapuh atau sensitif biasanya tersedia dalam beberapa ukuran, tergantung pada ukuran benda yang ingin dikemas, serta tingkat perlindungan yang dibutuhkan. Beberapa lapisan mungkin dibutuhkan untuk menyediakan isolasi kejut dan getaran, sementara satu lapisan dapat digunakan sebagai lapisan pelindung permukaan saja. Bungkus gelembung juga digunakan untuk membentuk sejumlah jenis amplop.

Bungkus gelembung biasanya terbuat dari film polietilen (LDPE), dengan sebuah lapisan berbentuk ditempel ke sebuah lapisan datar untuk membentuk gelembung udara. Sejumlah jenis bungkus gelembung juga dilengkapi dengan film penghalang permeasi lebih rendah untuk memungkinkan masa pakai yang lebih panjang dan ketahanan terhadap bocornya udara di vakum.

Gelembung dapat berdiameter sekecil 6 milimeter (0,24 inci) hingga sebesar 26 milimeter (1,0 inci) atau lebih, untuk menyediakan tingkat penyerapan kejut yang lebih tinggi selama digunakan. Diameter gelembung yang paling umum adalah 1 centimeter.[butuh rujukan] Selain tingkat perlindungan yang diberikan oleh gelembung udara di plastik, bahan plastik sendiri dapat menyediakan sejumlah bentuk perlindungan untuk benda yang dikemas. Contohnya, saat mengirim suku cadang dan komponen elektronik sensitif, digunakan sebuah jenis bungkus gelembung yang dilengkapi dengan sebuah plastik anti-statis yang menghilangkan muatan statis, sehingga melindungi chip elektronik sensitif dari statis yang dapat merusaknya. Salah satu penggunaan luas pertama dari bungkus gelembung adalah pada tahun 1960, yakni untuk mengirim komputer IBM 1401 ke pembeli, yang mana sebagian besar belum pernah melihat bahan pengemasan seperti ini.[2]

Hiburan[sunting | sunting sumber]

Seorang anak bermain dengan bungkus gelembung

Karena menimbulkan suara saat gelembungnya ditekan dan pecah, bungkus gelembung pun kerap digunakan sebagai sumber hiburan. Menyadari kegunaan alternatifnya, sejumlah situs web pun menyediakan sebuah program bungkus gelembung maya yang menampilkan selembar bungkus gelembung yang dapat ditekan dengan menekan pada gelembungnya, semantara Mugen Puchipuchi adalah sebuah mainan elektronik yang mensimulasikan bungkus gelembung.

Hari Apresiasi Bungkus Gelembung dirayakan tiap hari Senin terakhir pada bulan Januari.[3][4][5] Hari Senin terakhir pada bulan Januari ditetapkan sebagai Hari Apresiasi Bungkus Gelembung setelah sebuah stasiun radio di Bloomington, Indiana, menerima kiriman mikrofon yang dibungkus dengan bungkus gelembung, yang setelah dibuka dan dipasang, secara tidak sengaja menyiarkan suara bungkus gelembung tersebut saat sedang dipecahkan gelembungnya.[6]

Sealed Air menimbulkan kontroversi saat memutuskan untuk membuat bungkus gelembung yang gelembungnya tidak dapat dipecahkan, yang mereka beri nama iBubble.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan
Rujukan
  1. ^ "Bubble Film and Bags". Packaging Knowledge. Diakses tanggal September 28, 2010. 
  2. ^ Time-Life Books (Aug 2016). American Inventions: Big Ideas That Changed Modern Life. Liberty Street. ISBN 9781683306313. 
  3. ^ "StorageMart Celebrates National Bubble Wrap Appreciation Day". Inside Self-Storage. February 3, 2012. 
  4. ^ River, Nate (January 26, 2009). "For Stress Release: Bubblewrap Appreciation Day". Regular Folks United. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 20, 2012. Diakses tanggal September 23, 2009. 
  5. ^ "Bubble Wrap Appreciation Day". Sealed Air North America. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 24, 2011. Diakses tanggal February 27, 2011. 
  6. ^ Barron, James (January 25, 2010). "Celebrating Half a Century of Loud, Soothing Pops". The New York Times. Diakses tanggal May 1, 2013. 
  7. ^ Chao, Loretta (July 1, 2015). "Revamped Bubble Wrap Loses Its Pop". The Wall Street Journal. Diakses tanggal June 20, 2017. 
Bacaan lebih lanjut