Bungei Shunjū

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bungei Shunjū (文藝春秋) adalah majalah bulanan asal Jepang yang berisi esai, jurnalisme penyelidikan, dan cerita bersambung. Esai yang dimuat merupakan pembahasan yang mendalam, dan ditulis oleh pakar dalam bidangnya. Penerbitnya bernama Bungeishunjū Ltd. Edisi perdana diterbitkan bulan Januari 1923 oleh sastrawan Kan Kikuchi.

Majalah ini terbit setiap bulannya pada tanggal 1, namun baru dijual untuk umum pada tanggal 10. Tebal sekitar 448 halaman dengan ukuran kertas A5 (14,8 cm x 21 cm), daftar isi ditulis melebar ke samping dan dilipat ke dalam. Majalah memuat iklan buku baru dalam jumlah cukup banyak di bagian belakang majalah.

Subjek yang diliput mencakup bidang politik, ekonomi, administrasi bisnis, sosiologi, sejarah, militer, keluarga kaisar, dan pendidikan. Majalah ini memuat pengumuman pemenang berbagai penghargaan: Penghargaan Pembaca Bungei Shunjū (edisi Februari), Penghargaan Akutagawa (edisi Maret dan September), Penghargaan Non-fiksi Sōichi Ōya (edisi Juni), Penghargaan Seichō Matsumoto (edisi Juli), dan Penghargaan Kan Kikuchi (edisi Desember). Edisi Maret dan September juga memuat karya yang memenangkan Penghargaan Akutagawa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Shukan Bunshun Blog