Bunga periuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penampang bunga periuk dari ara betina . Wadahnya membentuk ruang berongga, dinding dalamnya (putih) ditutupi oleh cangkang kuntum pisangga . Gaya putih panjang dan keriting mereka menempati bagian tengah. Setiap kuntum akan menghasilkan buah dan biji. Ostiole hijau berjajar di bawah, di bawah, menampung penyerbuk tawon .

Bunga periuk atau syconium (jamak syconia ) adalah jenis perbungaan yang ditanggung oleh buah ara (genus Ficus ), dibentuk oleh wadah berongga yang membesar, berdaging, dengan banyak ovarium di permukaan bagian dalam.[1] Intinya, itu benar-benar batang berdaging dengan sejumlah bunga, sehingga dianggap sebagai buah ganda dan aksesori .

Potongan membujur dari Ficus glomerata syconium menunjukkan tawon buah dan ara.

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Bunga periuk adalah wadah berbentuk guci yang berisi antara 50 dan 7000 (tergantung pada spesies) bunga atau kuntum uniovula yang sangat disederhanakan di permukaan dalamnya. Itu tertutup dari sebagian besar organisme oleh ostiole, dibatasi oleh daun pelindung seperti sisik.

Bunga periuk bisa ekarumah atau dwirumah fungsional : yang pertama mengandung bunga betina dengan panjang gaya bervariasi dan sedikit bunga jantan, dan menghasilkan biji dan serbuk sari. Yang terakhir memiliki bentuk jantan dan betina pada tanaman yang berbeda: buah ara berbiji mengandung bunga betina dengan corak panjang dan menghasilkan biji; buah tin berisi bunga betina dengan corak pendek dan bunga jantan serta menghasilkan serbuk sari.

Setelah diserbuki oleh tawon ara, kuntum individu di di dalam bunga periuk berkembang menjadi achenes atau buah berbiji, di mana bijinya tertutup oleh lapisan endocarp . Dari perspektif ini, buah ara adalah kandang dengan puluhan hingga ribuan buah di dalamnya.[2]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Pembentukan bunga periuk dimulai dengan pertumbuhan awal daun pelindung, yang melengkung membentuk wadah. Ketika daun pelindung luar bertemu, mereka membentuk ostiole dengan rapat. bunga periuk juga dapat mengembangkan daun pelindung lateral, basal, atau pedunkular. Ada hubungan antara bentuk ostiola dan morfologi tawon penyerbuk.[3]

Penyerbukan[sunting | sunting sumber]

Penutup ostiolar yang rapat di puncak bunga periuk membuatnya sangat spesifik untuk penyerbuk. Saat menerima serbuk sari, ostiola sedikit mengendur, memungkinkan tawon yang sangat terspesialisasi untuk masuk melaluinya. Tawon kehilangan sayapnya dalam proses itu, dan begitu masuk, mereka menyerbuki bunga betina saat mereka bertelur di beberapa ovula, yang kemudian akan berkelukur . Tawon kemudian mati dan larva berkembang di galls, sedangkan biji berkembang di bunga yang telah diserbuki. 4–6 minggu setelah bertelur, jantan tak bersayap muncul, kawin dengan betina yang masih di dalam empedunya, dan membuat terowongan dari bunga periuk. Saat betina muncul, mereka mengumpulkan serbuk sari dari bunga jantan, yang kemudian matang. Setelah tawon muncul, perubahan kimia pada buah ara mengikuti saat buah ara berkembang menjadi 'buah'.[4] [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ficus: The Remarkable Genus Of Figs". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-11. Diakses tanggal 2023-06-02. 
  2. ^ Galil, J. (1977). "Fig biology". Endeavour 1(2): 52–56.
  3. ^ Verkerke, W. (1989). "Structure and function of the fig". Cellular and Molecular Life Sciences 45(7): 612–622.
  4. ^ Shanahan, M. et al. (2001). "Fig-eating by vertebrate frugivores: a global review". Biological Reviews 76(04): 529–572.
  5. ^ Harrison, R. D. (2005). "Figs and the Diversity of Tropical Rainforests". BioScience 55(12): 1053–1064.