Bunga landak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Bunga Landak di Hyderabad, India.

Bunga landak, landep, atau disebut anikukuh di Papua (Barleria prionitis) merupakan tumbuhan semak (shrub) termasuk ke dalam keluarga Acanthaceae. Tumbuhan ini memiliki bunga kuning keemasan berukuran besar yang berkerumun di axils daun bagian atas. Waktu mekarnya berbeda pada tiap negara atau wilayah. Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara, Cina, India, Semenanjung Arab, dan Afrika Timur Laut. Di Indonesia, salah satu tempat persebarannya adalah Jayawijaya, Papua.[1]

Di beberapa tempat, B. prionitis dianggap sebagai gulma dan digunakan sebagai pagar. Namun, tumbuhan ini juga dapat dijadikan sebagai tumbuhan hias. Di wilayah timur Indonesia, masyarakat menggunakan daun dari tumbuhan ini untuk menyembuhkan luka dengan cara menempelkan daunnya ke bagian yang luka, sedangkan di Jawa penggunaannya untuk obat gigi. Di Pakistan, ekstrak pahitnya yang mirip kina digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati batuk rejan dan TBC.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mabe -, Juliana; Simbala, Herny E. I.; Koneri -, Roni (2016-10-12). "Identifikasi Dan Pemanfaatan Tumbuhan Obat Suku Dani Di Kabupaten Jayawijaya Papua". Jurnal MIPA (dalam bahasa Inggris). 5 (2): 103–107. doi:10.35799/jm.5.2.2016.13512. ISSN 2302-3899.