Bunga bokor biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bunga bokor)
Bunga bokor biru
Hydrangea macrophylla
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
OrdoCornales
FamiliHydrangeaceae
GenusHydrangea
SpesiesHydrangea macrophylla
Ser.
Tata nama
Sinonim takson
  • Hortensia opuloides Lam.
  • Hydrangea chungii Rehder
  • Hydrangea hortensia Siebold
  • Hydrangea hortensis Sm.
  • Hydrangea maritima Haw.-Booth
  • Hydrangea opuloides (Lam.) K.Koch
  • Hydrangea otaksa Siebold & Zucc.
  • Viburnum macrophyllum Thunb.[1]

Hydrangea macrophylla adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Hydrangeaceae, asli Jepang. Ini adalah semak daun yang tumbuh menjadi 2 m (7 ft) tinggi sebesar 25 m (82 ft) luas dengan kepala besar bunga merah muda atau biru di musim panas dan musim gugur. [2] Nama umum termasuk bunga bokor, bunga bakor dan hortensia .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Close-up pada bunga menunjukkan sepal berwarna di sekitar lima kelopak.

Istilah macrophylla berarti berdaun besar atau panjang. [3] Daun yang berlawanan dapat tumbuh hingga 15 cm (6 in) panjangnya. Mereka sederhana, berselaput, bulat hingga elips dan meruncing. Mereka umumnya bergerigi.

Perbungaan Hydrangea macrophylla adalah corymb, dengan semua bunga ditempatkan di bidang atau belahan bumi, atau bahkan seluruh bola dalam bentuk yang dibudidayakan. Dua jenis bunga yang berbeda dapat diidentifikasi: sentral, non-hias, pentamerous, dan periferal, ornamental, tetramerous . Yang terakhir memiliki putik steril dengan benang sari yang subur. Keempat sepal bunga hias memiliki warna mulai dari merah muda pucat hingga merah fuchsia ungu hingga biru. Bunga non-dekoratif memiliki lima sepal kehijauan kecil dan lima kelopak kecil. Berbunga dimulai pada awal musim panas dan berlangsung hingga awal musim dingin. Buahnya adalah kapsul subglobose.

Warna dan keasaman tanah[sunting | sunting sumber]

Bunga bokor bisa berwarna biru, merah, pink, ungu muda, atau ungu tua. Warna dipengaruhi oleh pH tanah .[4] [5] Tanah yang asam (pH di bawah 7) biasanya akan menghasilkan warna bunga yang mendekati biru, sedangkan tanah yang bersifat basa (pH di atas 7) akan menghasilkan bunga yang lebih merah muda.[butuh rujukan] Hal ini disebabkan oleh perubahan warna pigmen bunga dengan adanya ion aluminium yang dapat diserap ke dalam tumbuhan hiperakumulasi .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hydrangea macrophylla (Thunb.) Ser". World Flora Online. World Flora Online Consortium. 2022. Diakses tanggal 28 August 2022. 
  2. ^ RHS A-Z encyclopedia of garden plants. United Kingdom: Dorling Kindersley. 2008. hlm. 1136. ISBN 978-1405332965. 
  3. ^ Harrison, Lorraine (2012). RHS Latin for gardeners. United Kingdom: Mitchell Beazley. hlm. 224. ISBN 9781845337315. 
  4. ^ Wade, Gary L. (August 2017). Growing Bigleaf Hydrangea. University of Georgia. 
  5. ^ "Hydrangea Questions and Answers". The United States National Arboretum. United States Department of Agriculture. 28 September 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 May 2013.