Bumilangit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
  • Bumilangit
  • PT Bumilangit Entertainment
Bl (2).png
StatusAktif
Didirikan2003
PendiriBismarka Kurniawan
Negara asalIndonesia
Kantor pusatJakarta Selatan
Tokoh kunciBismarka Kurniawan (CEO)
Jenis terbitan
Situs resmiwww.bumilangit.com dan Bumilangit fandom website

Bumilangit adalah sebuah perusahaan hiburan berbasis karakter yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini mengelola pustaka karakter lebih dari 500 komik yang telah diterbitkan selama enam puluh tahun terakhir. Kekuatan dari karakter-karakternya ini tidak hanya berdasarkan popularitas semata, tetapi melainkan pada kekayaan cerita komik dari setiap karakter.

Lini utama usaha Bumilangit adalah penerbitan , produksi layar lebar dan serial televisi, merchandise dan lisensi.

Bumilangit dibagi menjadi beberapa Jagat (Universe)[sunting | sunting sumber]

Jagat Komik[sunting | sunting sumber]

Jagat Pusaka[sunting | sunting sumber]

Jagat Pusaka Bumilangit / Bumilangit Pusaka merupakan lanjutan dari kisah lama para jagoan komik, karakter dan identitasnya tetap dibuat klasik. Desainnya juga tetap menggunakan gaya jadul. Tujuannya sebagai nostalgia untuk para penggemar lawas. Sekaligus juga pengenalan kepada para pembaca baru.

Komik Bumilangit Pusaka tersebut dirilis di Facebook sejak tahun 2017. Salah satunya adalah serial Prahara Bentrok Para Adisatria. Yang setelah tamat dilanjutkan dengan serial Nusantara. Yang memuat kisah petualangan jagoan karya almarhum Mater itu. Lalu, ada pula serial Batara karangan Mansyur Daman.

Jagat Revolusi[sunting | sunting sumber]

Jagat Revolusi Bumilangit / Bumilangit Revolusi ini digarap dengan pendekatan yang berbeda. Secara historis biasanya seluruh pengerjaan komik dikerjakan oleh satu orang tetapi saat ini dikerjakan oleh team cretaive komikus muda. Meski ditampilkan dengan gaya baru, karakter dan ciri khas mereka tetap sama dengan versi original-nya.

Seperti misalnya komikus Iwan Nazif, komikus How to train your dragon ( Dreamworks studio), lalu ada Is yuniarto komikus Garudayana dan Spirit of Nusantara, Alti Firmansyah yang pernah terilbat proyek komik Marvel kemudian ada penulis Oyasujiwo dan ada banyak nama nama terkenal di dalam team creative bumilangit juga seperti Sungging, Uwie Mathovani Imansyah Lubis, Iskandar Salim, Annisa Nisfihani, Aziza Noor, dan Alfi Zachkyelle

Jagat Sinema[sunting | sunting sumber]

Jagat Sinema Bumilangit (Bumilangit Cinematic Universe) adalah sebuah seri film aksi-hidup laga pahlawan super Indonesia yang diadaptasi dari komik-komik pahlawan super Indonesia terbitan Bumilangit Komik, seperti halnya Marvel Comics dan DC Comics dari Amerika Serikat. Film-film yang masuk dalam seri tersebut meliputi Gundala, Sri Asih, Godam & Tira, Si Buta Dari Gua Hantu, Patriot Taruna, Gundala Putra Petir, Mandala: Golok Setan, dan Patriot.

Selain itu, seri tersebut juga menampilkan Abimana Aryasatya (Gundala), Chicco Jerikho (Godam), Pevita Pearce (Sri Asih), Chelsea Islan (Tira), Tara Basro (Merpati), Asmara Abigail (Desti Nikita), Joe Taslim (Mandala), Ario Bayu (Ghani Zulham), Bront Palarae (Pengkor), Lukman Sardi (Ridwan Bahri), Daniel Adnan (Tanto Ginanjar), Dian Sastrowardoyo (Dewi Api), Nicholas Saputra (Aquanus), Vanesha Prescilla (Cempaka), Della Dartyan (Nila Umaya), Tatjana Saphira (Mustika Sang Kolektor), dan Adhisty Zara (Virgo).

Jagat Serial[sunting | sunting sumber]

Jagat Cilik Bumilangit / Jagat Serial / Patriot Cilik adalah serial Tv dan komik tentang sekumpulan superhero lokal saat mereka kanak-kanak, seperti Gundala Putera Petir, Si Buta dr Goa Hantu, Godam, Mandala Siluman Sungai Ular, Sri Asih, Tira, Aquanus, Maza, Jin Kartubi, Pangeran Mlaar, Nusantara, Herbintang, Kpt. Halilintar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]