Bukti kerja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bukti kerja atau lebih dikenal dalam istilah Bahasa Inggris proof of work (PoW) adalah bukti kriptografis di mana satu pihak (pembukti) membuktikan kepada yang lainnya (pemverifikasi) bahwa suatu jumlah upaya komputasi telah dilaksanakan.

Pemverifikasi secara subsekuensial mengkonfirmasi hal ini dengan upaya sekecil mungkin di sisi mereka. Konsep ini diciptakan oleh Moni Naor dan Chynthia Dwork pada tahun 1993 sebagai cara untuk mengelabui serangan Denial of Service dan upaya abuse layanan lainnya seperti spam di jaringan yang memerlukan sejumlah kinerja yang diminta oleh pemesan layanan, yang biasanya berarti waktu pemrosesan oleh komputer. Istilah proof of work sendiri baru digunakan oleh Markus Jakobsson dan Ari Juels pada tahun 1999.

Proof of work kemudian menjadi populer dengan adanya bitcoin sebagai dasar konsensus dalam sebuah jaringan terdesentralisasi yang tak memerlukan izin, di mana setiap penambang berkompetisi dengan yang lain dalam menciptakan blok dan mencetak koin baru. Setiap penambang memiliki probabilitas yang proporsional terhadap upaya komputasi yang dihasilkan. PoW maupun PoS adalah dua mekanisme deteren Stabil yang paling dikenal. Dalam konteks mata uang kripto, keduanya adalah mekanisme paling umum digunakan.