Bukit SJ88 Jember

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bukit SJ88 merupakan salah satu objek wisata yang ada di Jember. Bukit SJ88 berada pada ketinggian ± 880 m di atas permukaan laut, berlokasi di Jl. PB. Sudirman 73, Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember[1]. Tempat wisata tersebut menuju arah ke Kabupaten Bondowoso. Jarak tempuh dari dari pusat kota Jember sekitar 24 Km dalam waktu sekitar 40 menit dan merupaka wisata murah meriah dengan tiket yang dapat terjangkau oleh siapapun.

Daya Tarik[sunting | sunting sumber]

Bukit SJ88 memiliki daya tarik alam yang luar biasa. Dari bukit tersebut akan terlihat panorama seluruh kota Jember dari view atas. Pemandangannya masih asri, udaranya masih sejuk sehingga dapat memberikan suasana yang berbeda bagi pengunjungnya. Di bukit tersebut terdapat bebatuan yang menojang ke atas dan letaknya lumayan tinggi. Batuan tersebut menjadi spot yang paling diminati pengunjung tetapi untuk menuju ke sana harus menaiki anak tangga yang cukup ekstrim. Perbukitan dan pepohonan yang masih cukup rindang dan mempesona menjadi obat lelah menuju perjalanan ke atas.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Bukit SJ88 memiliki fasilitas berupa area parkir, warung makan, spot foto, gardu pandang, toilet umum dan fasilitas lain yang dapat membuat pengunjung lebih nyaman dan betah di bukit tersebut. Harga tiketnya tergolong murah yaitu sebesar RP. 5000,-, sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 2000,- dan kendaraan roda 4 sebesar Rp. 5000,-.

Hal yang harus diperhatikan[sunting | sunting sumber]

Akses menuju ke Bukit SJ88 cukup menguras tenaga karena jalannya menanjak, masih makadam bebatuan[2] dan masih banyak kelokan. Akses menuju ke sana dapat ditempuh dengan mobil pribadi atau kendaraan roda dua. Dipastikan kendaraan harus fit atau prima agar tidak terjadi kendala di tengah perjalanan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Widuatie, Ratna Endang (2012). Jember pada masa revolusi fisik 1945 - 1949. Jember: Jember University Press. 
  2. ^ Taylor, barbara (2005). Batuan, mineral dan fosil. Ciracas: Erlangga for kid. hlm. 120. ISBN 9797810771.