Bukit Pergasingan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bukit Pergasingan merupakan salah satu jejeran bukit yang ada di kawasan lingkar Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Memiliki ketinggian 1670 mdpl, Bukit Pergasingan menjadi salah satu tujuan hiking para pendaki jika berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Waktu mendaki yang dibutuhkan untuk mencapai pucaknya kurang lebih 3 sampai empat jam dengan kecuraman rata-rata 60 derajat.

Bukit pergasingan lombok
Sumber Foto: Bukit Pergasingan Lombok Journey

Yang menjadi keunggulan Bukit Pergasingan dibandingkan bukit-bukit lain yang ada di kawasan TNGR adalah panorama yang disuguhkan selama pendakian. Para pendaki disuguhkan pemandangan Desa Sembalun dan berpetak-petak sawah warga sekitar yang berwarna warni, serta jejeran bukit-bukit lainnya yang mengelilingi Gunung Rinjani.

Untuk dapat mendaki di Bukit Pergasingan, pendaki biasa dikenakan tiket masuk sebesar Rp.25.000 semalam yang bisa diperoleh di pintu masuk Bukit Pergansingan. Pendaki yang membawa kendaraan biasanya menitipkan kendaraan miliknya di halaman rumah warga sekitar dan dikenakan tarip parkir sebesar Rp.10.000/motor/malam. Byukit Pergasingan juga bisa dijadikan sebagai destinasi alternatif ketika jalur ke Gunung Rinjani sedang ditutup.

Untuk mendaki ke Bukit Pergasingan, pendaki juga bisa menggunakan jasa Porter dengan tarif berkisar Rp.200.000 per hari, harga tersebut masih bisa ditawar tergantung kesepakatan. Selama berada di puncak Bukit Pergasingan, Pendaki disuguhkan oleh Pemandangan Gunung Rinjani yang berhadapan langsung dengan Bukit Pergasingan. Selain itu, ada banyak pohon cemara yang bisa ditemukan jika berjalan sedikit lebih jauh dari puncak Pergasingan.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. http://tngr.dephut.go.id/ Diarsipkan 2009-12-07 di Wayback Machine.
  2. Taman Nasional Gunung Rinjani