Budaya Ukraina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ukraina memiliki kesamaan budaya dan sejarah dengan negara-negara tetangganya, yang bisa dilacak hingga abad ke-9 dan Rus. Kesamaan adat-istiadat dapat ditemukan di budaya Rusia, Ukraina, Polandia, Belarus, Kazaki, dan orang-orang Turk dari Asia Tengah. Adat-istiadat Ukraina sangat dipengaruhi oleh Gereja Ortodoks dan tradisi dari mitologi Slavia. Era Soviet menyatukan budaya-budaya dari bangsa-bangsa yang tak berhubungan dengan bahasa yang serupa.

Adat-istiadat[sunting | sunting sumber]

Liburan dan perayaan[sunting | sunting sumber]

Ikon Natal, Penyembahan Para Gembala, dari koleksi Museum Ivan Honchar. Seniman tak diketahui, sekitar 1670.

Perkumpulan masyarakat seperti Vechornytsi memiliki sejarah yang panjang dalam budaya Ukraina, berikut pula liburan tradisional seperti Hari Ivan Kupala, Maslenitsa, Koledovanie, dan Malanka, saat orang-orang berkumpul dalam kelompok-kelompok besar. "Razom nas bahato, nas ne podolaty" adalah pernyataan budaya dan politis yang terkenal baik di kalangan orang-orang Ukraina tradisional maupun modern. Kalimat itu diterjemahkan menjadi, "Kita semua bersatu! Kita tak bisa dikalahkan!""

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Perayaan pernikahan tradisional Ukraina memiliki banyak ritual yang melibatkan musik dan tarian, minum-minum dan makan, dan orang banyak. Pernikahan terdiri atas tiga bagian terpisah yang bisa berlangsung selama beberapa hari, bahkan minggu. Yang pertama adalah pertunangan, kemudian upacara, diikuti oleh perayaan besar. Pada acara pertunangan, sang mempelai lelaki datang kepada orangtua mempelai perempuan untuk mengadakan tawar-menawar uang mahar yang akan dia bayarkan untuk sang mempelai wanita, dan meminta restu dari orangtua perempuan itu. Ada banyak cerita dalam legenda Ukraina, tentang mempelai wanita yang dicuri tanpa dibayarkan uang maharnya. Seringkali, mempelai wanita yang dibawa kabur memang berkehendak secara sukarela dan pasangan itu kawin lari tanpa izin orangtua. Kalau tidak, sang mempelai wanita bisa menolak lamaran, dan sudah merupakan kebiasaan bagi sang orangtua untuk menemui sang mempelai lelaki di depan pintu dengan sebuah labu untuk menyampaikan pesan tersebut. Setelah mereka sepakat, pernikahan resmi diadakan di gereja, seringkali diadakan bersamaan dengan pasangan lain. Sebuah perayaan kemudian diadakan di rumah dengan seluruh warga turut serta.

Universitas Chernivtsi

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa utama adalah bahasa Ukraina.

Agama[sunting | sunting sumber]

Praktik keagamaan dilakukan di seluruh penjuru negeri. Gereja Kristen Ortodoks dan Ritus Timur, juga Katolik Roma, adalah tiga besar agama yang paling banyak dianut. Gereja Ortodoks Ukraina[1] adalah gereja terbesar di negara ini. Kepercayaan Gereja Katolik Yunani Ukraina, yang terbesar kedua, melakukan praktik-praktik keagamaan ala Bizantium, tetapi bersatu dengan Gereja Katolik Roma.

Masakan[sunting | sunting sumber]

Borscht Ukraina dengan smetana

Makanan adalah bagian penting dalam budaya Ukraina. Makanan-makanan khusus disajikan saat Paskah juga Natal. Saat Natal, warga menyiapkan kutia, yang merupakan campuran masakan bulir gandum, biji poppy, madu, dan roti manis khusus.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CIA World Factbook". Diakses tanggal 16 March 2012.