British Dispensary

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


British Dispensary Group adalah grup perusahaan farmasi dan kosmetik dari Thailand. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1892 oleh dokter Barat Peter Gowan dan Thomas Heyward Hays, dan kemudian diakuisisi oleh Luan Vongvanij pada tahun 1928. Bisnis tersebut telah berkembang di bawah kepemilikan keluarga Vongvanij, dan grup tersebut sekarang terdiri dari perusahaan berikut: The British Dispensary Co., Ltd.; The British Dispensary (L.P.) Co., Ltd.; British Dispensary Consumer Public Co., Ltd.; British Dispensary Health Care Co.,Ltd. dan The British Dispensary (L.P.) Sai 5 Co., Ltd.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

British Dispensary didirikan pada tahun 1892 oleh dokter Skotlandia bernama Peter Gowan dan dokter Amerika bernama Thomas Heyward Hays, keduanya pernah melayani pemerintah Raja Chulalongkorn (Rama V). Setelah beberapa tahun, Gowan menyerahkan bisnisnya ke Hays, dan cabang kedua dibuka pada tahun 1897 di Si Kak Phraya Si di tempat yang saat itu berada di dalam kota. Hays menjalankan bisnisnya hingga 1906. Pada tahun 1928, McBeth pensiun dan kembali ke negara asalnya, lalu menjual bisnis tersebut kepada Luan Vongvanij, seorang imigran Cina yang sebelumnya magang di toko tersebut. Sejak itu, bisnis tersebut sebagian besar dimiliki oleh keluarga, Luan mewariskannya kepada putranya Boonchit dan Boonyong pada 1963, dan Boonyong kepada putranya Anurut pada 1993.[1][2]

Grup perusahaan ini memproduksi produk perawatan pribadi serta obat-obatan dan suplemen. Salah satu yang terkenal adalah bubuk pendingin Snake Brand Prickly Heat, yang telah lama dikenal oleh orang Thailand sebagai tra ngu ( ตรางู 'merek ular'). Perusahaan ini juga memproduksi produk perawatan pribadi lainnya di bawah Merek Ular, serta bedak bayi St Luke dan tonik kulit Quina.[3][4]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ผู้ผ่านทาง (1 October 2020) [January 1993]. "กำเนิด "แป้งเย็นตรางู" จากห้างขายยาอังกฤษ (ตรางู) เก่าแก่สมัยร.5 ถึงผู้ปรับสูตรแป้งเย็น". Silpa Wattanatham (dalam bahasa Thai). Diakses tanggal 22 January 2021. 
  2. ^ "การคงอยู่ของชนรุ่น 3 เตี่ยกับเสี่ยในว่องวานิช". Manager. July 1992. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-18. Diakses tanggal 22 January 2021. 
  3. ^ Pongvutitham, Achara (21 November 2011). "British Dispensary turns 120 next year". The Nation. Diakses tanggal 22 January 2021. 
  4. ^ Vathanavisuth, Sorayuth (3 December 2009). "British Dispensary's balancing act with dhamma". Bangkok Post.